Dear Honda Indonesia, Mati Suri Honda Spacy Antara Produksi dan Suku Cadang

Setelah anda tahu bahwa bulan lalu saya memilih menggunakan motor honda spacy 2011, dan sempat saya review se-adanya kemampuan motor ini. Sekarang saya akan menuliskan keluh kesah mengenai duka-nya memiliki motor honda spacy ini.

Tanggal 29 Agustus 2015 saya memutuskan untuk mengirimkan email ke customer care division pt.astra honda motor, dimana alamat email ini saya dapatkan seperti yang disediakan di website www.astra-honda.com. Isi emailnya singkat kata adalah curhat-an saya tentang perjuangan saya mencari suku cadang untuk motor honda spacy 2011 milik saya yang mana saya tidak menemukan satu-pun suku cadang yang saya butuhkan di semua bengkel ahass honda di kota saya, bahkan di bengkel astra honda terbesar disini pun tidak ada stok suku cadangnya.

Saya bertanya ke staff CS di bengkel dan dealer astra honda terbesar disini bagaimana cara saya order suku cadang, berapa lama waktu dibutuhkan agar orderan saya diterima. Pihak cs ini menjawab dibutuhkan waktu kurang lebih 2 bulan-an untuk memproses orderan suku cadang honda spacy yang saya butuhkan, yang paling mengejutkan adalah jangka waktu 2 bulan-an itu pun belum pasti suku cadangnya ada dan atau sudah dikirimkan. Pihak cs ini pun menawarkan cara yang cepat kepada saya dengan meninggalkan dp sebesar 50% dan fotocopy stnk, saya sih mau menyanggupinya saya tidak masalahkan soal dp itu, tapi tetap jawabannya walau sudah dp pun waktunya juga tetap sama yaitu 2 bulanan. Bah, apa apaan ini…kalau begitu apa bedanya orderan suku cadang biasa dengan yang cepat?

Untuk saya pribadi ini sudah mulai awal yang buruk dan mengesalkan, produsen motor nomor satu di Indonesia made in japan yang sudah puluhan tahun beroperasi di Indonesia tapi ketersediaan suku cadang motor modern mereka sangat sulit didapatkan? Saya masih teringat teman saya dulu punya honda cb gitu, walau itu motor tua tapi soal suku cadang di pasaran walau tidak ori pun masih lebih mudah didapatkan daripada suku cadang honda spacy!

Dua hari kemudian, 31 agustus pihak cs astra honda pusat membalas email saya dan pasti sudah bisa anda tebak isi reply-nya standard ala customer service corporate lainnya. Ya, isinya adalah permintaan maaf dan upaya untuk segera menindaklanjuti keluhan saya melalui perwakilan astra mereka yang berada di Astra Motor Yogyakarta. Jadi singkat kata adalah di dalam email pun soal suku cadang saya masih diminta menunggu tanpa ketidakpastian, karena tidak ada satupun kalimat yang berisi pada penawaran dan ketersediaan suku cadang yang saya butuhkan untuk dapat dibeli di bengkel astra mana yang terdekat dari kota saya saat itu juga di dalam pesan balasannya. Jadi artinya adalah… suku cadang motor matic honda spacy 2011 yang saya butuhkan benar-benar tidak ada stok sama sekali di semua jaringan bengkel ahass honda terdekat di kota saya. NOL BESAR!

Suku cadang yang saya butuhkan adalah:

  • Part Number: 75581-GN8-920 / Jumlah: 1pcs
  • Part Number: 77115-KZL-930 / Jumlah: 1pcs
  • Part Number: 77242-KZL-930 / Jumlah: 1pcs
  • Part Number: 33100-KZL-A01 / Jumlah: 1 set

Kan nalarnya begini:

  1. Saya butuh, saya lapor ke pusat, pusat seharusnya punya database bengkel mana saja yang pernah di stok suku cadang yang saya butuhkan, lalu melakukan pengecekkan inventaris order bengkel tersebut terakhir kali pesan suku cadang tersebut kapan, lalu dihubungi untuk memastikan suku cadang yang saya butuhkan apa masih tersedia di bengkel tersebut. Jika ada, seharusnya pihak CS pusat membalas pesan saya dengan jawaban ketersediaan suku cadang tersebut ada dan saat ini tersedia di bengkel ahass honda mana saja di sekitar area kota saya.

Tentu ini jadi pertanyaan untuk saya mengenai bagaimana cara kerja manajemen inventaris stok suku cadang dan pelaporan penggunaan suku cadang bengkel ahass honda yang tersedia/beroperasi di Indonesia. Karena dengan tidak menyertakan jawaban yang pasti, justru saya sebagai konsumen jadi was-was mengenai kelangsungan operasional suku cadang untuk honda spacy 2011 milik saya.

Kan tidak lucu, kami konsumen honda membeli matic honda spacy, tapi ketersediaan suku cadangnya di bengkel ahass bahkan di pasaran pun yang asli ato kw masih susah di dapatkan ketimbang matic honda lain seperti honda beat dan vario yang mudah di dapatkan di bengkel ahass honda hingga di lapak pedagang onderdil biasa.

Bisa dikatakan pemilik honda spacy secara tidak langsung pun saya merasa seperti dianaktirikan dengan ketiadaan suku cadang motor ini yang tidak jelas status produksinya, jumlahnya, hingga distribusinya ke penjuru Indonesia. Yang paling mudah adalah menemukan unit produksi honda spacy di dealer-nya saja, soal suku cadangnya?

Saya percaya produsen kendaraan bermotor, pasti sudah memiliki tim penilai risk profile suku cadang kendaraan yang mereka produksi. Pasti salah satu yang jadi pertimbangan jumlah dan ketersediaan suku cadang yang diutamakan selain komponen fast moving adalah bagian depan kendaraan tersebut, disini kendaraan yang saya maksud diproduksi adalah motor roda dua. Bukan tanpa alasan saya menuliskan salah satu bagian penting penilai risk profile adalah bagian depan motor, karena bagian inilah yang akan terlebih dulu menerima faktor resiko apapun dalam penggunaan motor. Mulai dari resiko menabrak obyek lain di depan, resiko jatuh/tergelincir ke arah samping, resiko retak/pecah/ resiko berubah bentuk dsb. Dan faktanya adalah mayoritas kecelakaan di jalan raya selalu menimpa bagian depan kendaraan terlebih dahulu ke obyek lainnya. Jadi kan disini sudah jelas seharusnya suku cadang part seperti headlamp, spatbor, speedometer dan lain-lain di bagian depan/front motor itulah yang jadi prioritas kedua terpenting setelah komponen fast moving. Sayangnya, ini tidak berlaku untuk produk motor honda di Indonesia, pesan suku cadang 2 bulan-an itu berlaku untuk semua produknya, tidak hanya untuk honda spacy saja!

Beberapa hari lalu saya sempat bertanya ya sekallian curhat masalah ini ke teman saya sudah berhenti kerja dari astra Yogyakarta karena hendak menikah dan fokus pada kehamilan dan kuliah S2-nya (posisi dia strategis sampai dipertahankan mati-matian di perusahaannya). Disarankan saya menulis kisah ini di kolom surat pembaca, kalau bisa di koran/majalah otomotif dengan harapan pihak astra akan segera memproses kebutuhan suku cadang saya plus kemungkinan diberi parcel juga sebagai permintaan maaf untuk konsumen honda, hehehe 😀 tapi saya belum kepikiran gitu lah walau saya tau saya bukan pemilik spacy pertama dan satu-satunya yang merasakan susahnya mendapatkan suku cadang spacy ini.

Untuk saya, saya akan biarkan pihak astra pusat memproses request saya itu, saya akan tunggu berapa lama sih pihak astra honda bisa menyediakan suku cadang spacy itu, biar terlihat juga antara koordinasi pusat ke cabang dengan pusat ke pihak penyedia produksi suku cadang. Jika sampai katakanlah lebih dari 1 bulan dan belum terlihat ada titik terang, maka saya tidak akan lapor ini ke surat pembaca tapi saya akan kirim komplain langsung ke kementrian perdagangan Indonesia. Karena dalam salah satu suku cadang yang saya butuhkan diatas adalah suku cadang yang vital yaitu reflector headlamp, ini membuat saya tidak dapat melihat area di depan saya dengan baik karena cahaya lampu dari reflector kw yang ada di spacy saya kurang dapat menyinari jalanan dengan baik (bias lemah), malam hari saya sudah merasakan masalah ini sejak pertama membeli dan membawa pulang spacy ini dari semarang.

Karena salah satu point penting dalam berniaga di Indonesia di bidang transportasi (produksi) adalah ketersediaan suku cadang yang mudah dan cepat disediakan. Kan tidak lucu tidak masuk akal, produsen sebesar honda kurang tanggap dengan risk profile parts dan manajemen ketersediaan suku cadang tiap produk motor mereka. Jika pun memang dapat dikawin silangkan karena jenis dan ukuran komponennya sama sesama motor ya silahkan beritahukan untuk dapat digunakan dengan catatan memang aman digunakan di motor secondary selain untuk motor utama pengguna komponen tersebut. Sayangnya komponen spacy yang saya butuhkan memang tidak sama dengan matic honda lainnya, jadi mau tidak mau memang harus komponen original milik spacy yang harus digunakan.

Beberapa minggu lalu saya browsing di internet untuk menemukan solusi alternatif atas masalah spacy milik saya, beruntunglah saya menemukan thread dari bung pedege_jkt yang menulis tentang TIPS BUAT BUKA JOK MOTOR ELEKTRIK, yang sudah dia praktekkan di motor spacy-nya sendiri yang kemungkinan akan saya aplikasikan bila pihak astra motor honda Indonesia tidak bisa menyediakan suku cadang yang saya butuhkan segera. Jika pihak astra honda tidak dapat menyediakan kebutuhan suku cadang sepele untuk motor saya, bagaimana bila spacy saya mengalami kerusakan yang lebih berat khususnya di komponen mesinnya? Bagaimana nasib pengguna honda spacy lainnya?

Di internet saya menemukan hanya seorang pengguna honda spacy yang beruntung, kebetulan warna dan tahun produksi sama seperti milik saya. Pengguna ini ada di Yogyakarta, di blognya dituliskan bahwa dia juga ada masalah seperti spacy saya yaitu di bagian Light Assy Head (reflector headlamp), juga di bagian spatbor kalau saya tidak salah ingat, nah kebetulan dia ini pengguna spacy yang sangat beruntung, dia mendapatkan komponen reflector ini di astra jombor Yogyakarta. Lupa juga saya kapan dia menulis peristiwanya itu, maksud saya adalah, jika komponen ini ada di astra jombor Yogyakarta, bukankah ini sudah tercatat di database inventory di astra pusat bahwa bengkel tersebut sudah pernah memesan salah satu set komponen yang saya butuhkan juga? Dan segera menginformasikan kepada saya stok-nya ada atau tidak? Tapi hingga saat ini saya belum juga menerima pemberitahuan melalui astra motor Yogyakarta (seperti yang diberitahukan oleh cs astra honda di email).

So, apa langkah saya? Saya akan menghubungi pengguna spacy itu untuk curhat dan semoga bisa dibantu dicarikan solusi suku cadang originalnya. Disini menariknya, apakah pengguna spacy sendiri yang akan berjuang susah payah atau dipermudah oleh astra honda Indonesia untuk mendapatkan suku cadang motornya?

Masa suku cadang honda spacy kalah dengan honda cb? Masa suku cadang honda spacy butuh nunggu 2 bulan? Itu nunggu diproduksi dulu atau nunggu saya dan pengguna spacy lainnya kecelakaan diperjalanan terlebih dulu menggunakan spacy? Apa kata dunia!?

Ini sudah berita buruk untuk merek honda Indonesia, saya sudah berencana untuk traveling ke bali beberapa bulan lagi dengan motor spacy ini. Jika suku cadangnya masih belum ada, ya tinggal tunggu saya aksi nekat saya, apa perlu sampai saya goyang kampanye di change.org dear honda?

CC: Kementrian Perdagangan Republik Indonesia, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia.

Tinggalkan Balasan

