Peta Digital Offline di Windows 10

Masih saya membahas tentang sistem operasi komputer buatan Microsoft yaitu Windows 10. Banyak hal menarik dan sangat membantu saya sebagai pengguna dan makin membuat saya betah menggunakan laptop saya. Sebenarnya windows 8.1 merupakan os yang sudah bagus dan makin membantu saya bekerja ketimbang dulu saya pakai windows 7 ultimate, dan sekarang hadir windows 10 dan makin lebih membantu kegiatan saya bekerja menggunakan laptop. Bisa dikatakan windows 10 adalah sistem operasi komputer yang melangkah sangat jauh ke depan dibandingkan versi windows 7, windows 10 dirancang untuk dapat lebih nyaman dioperasikan baik untuk pengguna setia komputer hingga pengguna smartphone yang betah berlama-lama dengan hapenya pun akan betah menggunakan komputernya kembali dengan os terbaru Microsoft ini.

Setelah beberapa hari saya menggunakan os windows 10 pro di laptop saya, bisa dikatakan laptop saya pun bekerja balance antara kebutuhan penggunaan ber-komputer dengan kebutuhan ber-smartphone ria, ya os ini entah bagaimana saya mengatakannya, bekerja optimal dan seimbang untuk dua kebutuhan berbeda yang mana belum saya rasakan banget di windows 8.1 pro sebelumnya.

Kali ini saya akan membahas tentang aplikasi peta digital yang sudah menjadi kebutuhan penting bagi manusia modern. Peta digital, saya tidak akan membahas sejarahnya dari mana ya, singkatnya saya ini terbiasa menggunakan peta google maps melalui komputer dan smartphone android, kemudian saya menggunakan peta here maps yang ada di windows phone. Untuk anda pengguna setia google maps, pasti anda memberikan apresiasi dua jempol untuk peta buatan google ini karena tingkat akurasinya paling tinggi diantara peta digital lainnya, sayangnya…. Google maps ini hanya dapat dijalankan dalam versi online dan parahnya lagi, belum semua area di Indonesia tercover jaringan 3G, kalaupun ada itupun jaringan 3G belum bekerja optimal dan lancar bila kita menggunakannya secara mobile (dalam perjalanan), jadi bisa dikatakan hampir putus asa bila kita tetap berusaha menggunakan google maps karena harus terus digunakan secara online. Memang sih rumor sudah beredar bahwa google akan merilis google maps dalam versi offline, tapi belum jelas kapan kebenarannya. Nah ketika saya menggunakan windows phone di lumia 435, ada aplikasi peta digital bernama here maps, peta ini dapat digunakan secara offline tanpa koneksi internet namun kita harus mendownload dulu peta wilayah yang hendak kita gunakan, dan jumlahnya sangat besar diatas 100mb untuk peta Indonesia saja, dan sayangnya lagi, peta Indonesia tidak dibuat dalam versi terpisah, jadi seluruh wilayah Indonesia dibuat dalam satu peta saja, anda tidak dapat memilih wilayah peta pulau mana yang hendak di download. Walaupun sudah di download, peta offline dan aplikasi here maps itu sendiri kurang optimal dan kurang akurat untuk digunakan, selain karena keterbatasan hardware gps di lumia, juga karena aplikasi here maps tidak menyediakan jalur alternatif dan lain-lain yang ada di google maps, jadi bisa dikatakan peta offline here maps ini jangan terlalu diandalkan juga.

Bagaimanapun juga, peta digital baik versi offline dan online, untuk komputer ataupun smartphone, saat ini semakin dibutuhkan. Apalagi jika anda driver ojek online itu, pasti sangat membutuhkan peta digital, sangat mustahil seseorang dapat menghapalkan semua area jalanan di sebuah negara, belum lagi kemacetan dan kecelakaan hingga bencana alam di area perjalanan yang dapat mengganggu perjalanan anda maka dibutuhkan informasi yang cepat dan akurat untuk menggunakan jalur alternatif yang ada dan ini hanya bisa disediakan dari peta digital, salah satu yang menyediakan fungsi informasi keadaan jalanan adalah aplikasi Waze.

Google maps merupakan peta digital terbaik yang ada hingga saat ini, namun karena aksesnya harus online, maka user mencari alternatif lainnya untuk digunakan secara offline. Kali ini saya akan membahas peta digital offline khusus untuk pengguna komputer dengan os windows 10.

Di windows 10, anda akan mendapatkan kemudahan akses peta digital secara offline dengan hadirnya aplikasi bernama Maps. Aplikasi ini tersedia melalui windows store. Anda dapat mengunduhnya untuk diinstalkan otomatis ke windows 10 komputer anda. Setelah terinstal anda bisa mengaktifkannya melalui Start menu -> All Apps.

maps

Untuk awal, maps ini memerlukan koneksi internet untuk mengunduh peta offline.

Setelah anda mendownload peta negara offlline, anda dapat langsung menggunakan aplikasi ini tanpa koneksi internet. Namun untuk penggunaan yang lebih kompleks, diperlukan koneksi internet, semisal jika anda belum menemukan lokasi tujuan yang dicari di peta.

maps1

Peta Maps ini memerlukan:

  • Fitur Locations: Anda harus mengaktifkan fitur locations di sisi kiri waktu pada kanan bawah taskbar windows 10.
  • Akses Akun: Aplikasi ini akan mengakses riwayat dan daftar penyimpanan peta di akun Microsoft anda. Anda akan mendapatkannya bila sebelumnya anda sudah pernah menggunakan peta digital Here Maps melalui window phone.

Peta offline yang di download oleh aplikasi ini adalah peta yang sama seperti di Here Maps dan peta digital offline lain sejenisnya di windows phone. Peta ini akan mendapatkan updates gratis tanpa biaya.

Keunggulan Peta Offline di Windows 10:

  1. Memudahkan akses lokasi secara offline tanpa koneksi internet.
  2. Memiliki daftar fasillitas seiring rute perjalanan ke tujuan anda. Anda dapat menemukan tempat makan, tempat ibadah, tempat penginapan, lokasi wisata, dsb secara offline.
  3. Memiliki kemampuan prediksi waktu tempuh ke tujuan anda.
  4. Memiliki fitur turn by turn navigation.
  5. Memiliki fitur penyimpanan daftar lokasi favorit.
  6. Terdapat pilihan filter untuk pilihan rute: kapal ferry, tol, jalur rel, dll.
  7. Terdapat menu print rute.
  8. Rute dapat di share.
  9. Dapat tersambung ke usb bluetooth gps agar dapat melacak lokasi awal anda secara offline dengan bantuan gps.
  10. Dapat tersambung ke akun Microsoft pengguna dan terintegrasi ke semua perangkat windows.

Kekurangan Peta Offline di Windows 10:

  1. Membutuhkan koneksi internet untuk kegunaan yang lebih rinci.
  2. Tidak memiliki fitur jalur alternatif ke lokasi tujuan.
  3. Tidak dapat memilih jalur berdasarkan waktu tercepat, rute terpendek, balance rute.
  4. Waktu tempuh dan jarak kilometer dari rute perjalanan yang diberikan kurang akurat.
  5. Tidak ada early warning untuk info kecelakaan, bencana alam, dsb di sepanjang rute perjalanan.

maps2

Menurut saya pribadi, peta offline di windows ini (windows pc dan windows phone) termasuk berguna walau memang masih ada kekurangan disana sini tapi masih dapat diandalkan untuk membantu anda menemukan rute perjalanan, apalagi bila anda tersesat di sebuah area yang tidak memiliki sinyal internet. Memang peta offline ala windows ini tidak sebaik serinci google maps yang mampu menyediakan jalur alternatif melalui rute jalanan kecil/jalanan dipelosok, tapi semoga ini akan menjadi perbaikan di edisi aplikasi maps dan peta offline mereka berikutnya. Lagipula belum adil bila saya bandingkan dengan google maps yang hanya bisa dioperasikan secara online, mungkin bila ada google maps yang sudah ada versi offline barulah bisa diperbandingkan kedua peta digital ini.

Semoga artikel ini berguna untuk Anda.

Salam.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s