Mengaktifkan Cortana di Windows 10 Indonesia

Pasti ini artikel yang anda sudah tunggu-tunggu semenjak anda mulai menggunakan windows 10 di komputer anda. Sebelum berlanjut ke bagaimana menggunakan Cortana di Indonesia, ijinkan saya menjelasakan apa itu Cortana.Cortana, apaan tuh?

Hehehe…. Cortana, nama yang menarik ya? Cortana saat ini di dunia dikenal sebagai asisten digital pribadi yang dibuat dan dirilis oleh Microsoft. Asisten digital ini dapat membantu pengguna os windows 10 untuk melakukan beberapa pekerjaan aistensi ringan. Cortana sendiri dibentuk sebagai sosok perempuan virtual, hal ini ditegaskan dengan suara cortanya itu sendiri yang memang diisi oleh suara perempuan, dan bisa dikatakan suaranya itu untuk saya pribadi termasuk suara perempuan yang menarik, hmmm…. Jadi penasaran siapakah sosok pengisi suara Cortana di dunia nyata?

Jika anda pengguna os smartphone apple dan android, anda akan menemukan juga asisten digital serupa, di iphone dikenal sebagai Siri, sedangkan di android dikenal sebagai Google Now. Sayangnya ketika dua os smartphone itu sudah meluncurkan asisten digital, os windows phone yang saat ini masih berkutit di versi windows 8.1 masih belum juga menggunakan Cortana, rencananya sih denger-denger si Cortana ini akan diterapkan ke versi windows phone 10 berikutnya.

Cortana, asisten digital ini memiliki fitur yang lebih baik dibandingkan Siri dan Google Now. Bentuk Cortana sendiri terbilang sangat sederhana, yaitu hanya logo dinamis berbentuk bulat berwarna biru seperti yang bisa anda lihat dibawah ini.

cortana1

Gambar diatas adalah Cortana sebelum diaktifkan fungsi location di windows 10

Gambar dibawah ini adalah Cortana setelah fungsi location di windows 10 diaktifkan.

cortana2

Anda akan melihat perbedaannya pada icon Cortana di sisi kanan tombol start menu, dimana saat Cortana belum diberi ijin fungsi location icon Cortana akan tetap menggunakan icon finder/searching, sedangkan jika sudah diberi ijin fungsi location, Cortana akan beralih ke mode full service dan icon searching akan berubah menjadi icon Cortana berbentuk bulat di sebelah tombol start menu.

Cortana dapat membantu pengguna os windows 10 melakukan:

  • Set Alarm
  • Set Jadwal
  • Cek Cuaca
  • Cek Jadwal Penerbangan
  • Memberi rujukan berita yang sesuai minat user
  • Mengirim pesan ke daftar kontak (people), dan masih banyak lagi fungsi menarik lainnya.

Sebelum saya lanjutkan, anda mungkin bertanya mengapa Cortana memerlukan hak akses location? Hal ini diminta oleh Cortana agar Cortana dapat bekerja lebih spesifik untuk fungsi pelayanan yang optimal bagi user-nya, jadi Cortana bisa langsung mendapatkan update cuaca di lokasi anda, mendapatkan berita terkini yang sesuai area user dan lain lain.

Untuk menggunakan Cortana, anda memerlukan koneksi internet karena saat ini Cortana masih bukan termasuk aplikasi stand alone offline di os windows 10. Dan untuk dapat memerintahkan Cortana yang dibutuhkan adalah perintah suara dari anda/pengguna. Cortana akan terus belajar untuk mengenali suara anda dan minat anda, maka dari itu Cortana adalah asisten digital terbaik yang ada di dunia saat ini. Sayangnya untuk saat ini Cortana belum dapat menerima perintah dalam Bahasa Indonesia, jadi anda harus memerintahkannya dalam Bahasa inggris (dan beberapa Bahasa induk negara lainnya).

Setelah semua jelas, maka sekarang saatnya saya beritahukan kepada anda pengguna windows 10 di Indonesia bagaimana cara untuk menggunakan CORTANA.

Wani Piro? Hehehehehe…

Gratis kok!

Cara mengaktifkan Cortana untuk pengguna windows 10 di Indonesia:

  1. Koneksi Internet: Anda membutuhkan koneksi internet dulu agar dapat meneruskan ke langkah berikutnya.
  2. Akun Microsoft: Anda membutuhkan satu akun Microsoft agar dapat digunakan oleh Cortana. Jika anda belum memiliki akun Microsoft, silahkan mendaftar gratis berupa email Microsoft di www.outlook.com.
  3. Jika anda sudah melakukan langkah 1 dan 2 diatas, lanjut dengan membuka Settings melalui start menu. Kemudian pilih opsi menu ke-6 yaitu Time & Language.
  4. Di jendela time & language anda akan temukan 3 opsi menu, yaitu Date & Time, Region & Language, dan Speech. Disinilah anda dapat mengaktifkan Cortana untuk wilayah yang belum disupport oleh Cortana. Pada kotak Colomn or Region, ubahlah area negara anda ke United States seperti gambar di bawah ini. Dengan merubah area negara ke negara united states, maka Cortana di windows 10 anda akan langsung aktif dan dapat digunakan. Jika anda belum lancar menggunakan windows dalam Bahasa inggris, silahkan tambahkan Bahasa lainnya yaitu Bahasa Indonesia dengan menekan tombol + Add a language di jendela tersebut.

cortana4

Setelah anda melakukan proses ke-4 diatas, ada baiknya anda restart dulu komputer anda lalu silahkan mencoba Cortana dengan meng-klik icon finder/searching di sebelah kanan tombol start menu. Jika anda ingin menggunakan Cortana dengan optimal, aktifkan fungsi Location di windows 10 anda.

Cara mengaktifkan fungsi Location di windows 10 adalah melalui icon Notifications yang terletak di sebelah pojok kanan bawah taskbar anda.

cortana5

Cortana akan terintegrasi dengan akun Microsoft anda, dia akan membaca daftar kontak telpon windows phone anda dana tau daftar kontak yang anda simpan di email outlook.com.

cortana7

Walaupun komputer anda tidak memiliki GPS, fungsi location akan tetap bekerja tapi tergantung dari akses internet anda dan dibedakan dari jenis ip addressnya, yaitu ip address dinamis atau ip address statis. Kemampuan tracking location berbasis ip address statis (contoh: ip address dari akun Telkom speedy) memiliki tingkat akurasi sangat tinggi, sekitar 85-93% keakuratan lokasi yang dilacaknya. Sedangkan bila menggunakan ip address dinamis, yang biasanya anda dapatkan dari penggunaan akses internet mobile 3G/4G/HSDPA maka windows 10 akan melacak dari area negara kemudian triangulasi posisi berbasis bts saja sehingga tingkat keakuratannya maksimal sekitar 70% saja, jadi semisal lokasi anda di posisi A, maka location di windows 10 kemungkinan menangkap lokasi anda berjarak sekitar 6-7km dari posisi A anda tersebut.

Semoga artikel ini berguna untuk anda.

Selamat mencoba.

Salam

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s