Mendownload dan Instalasi Windows 10 Pro di Laptop Lenovo Dengan Media Creation Tools Windows

Kemarin, 5 September 2015, adalah awal baru untuk laptop saya menggunakan sistem operasi (OS) terbaru yang dibuat oleh Microsoft yaitu Windows 10.

Untuk mendapatkan windows 10 di indonesia ada 3 cara:

  1. Melakukan upgrade dari OS Windows 7.x dan 8.x ke Windows 10.x
  2. Membeli paket OS Windows 10 yang dijual di vendor resmi yang menjalin kerjasama dengan Microsoft.
  3. Beli langsung komputer/gadget yang sudah menerapkan os windows 10 πŸ™‚

Beberapa produsen laptop belum banyak yang merilis produk mereka dengan OS Windows 10 ini sehingga tawaran umum yang sering dipilih adalah dengan memberikan upgrade dari windows 7.x / 8.x ke versi windows 10.

Saya memilih menggunakan opsi 1 yaitu dengan melakukan upgrade. Sebelumnya laptop saya masih menggunakan windows 8.1 pro yang saya instal bersih (sejak pertama beli laptop) sendiri di lenovo g40-45 did dan tentunya sudah teraktivasi dengan lisensi microsoft. Selain microsoft windows 8.1 pro di laptop, saya juga menginstal beberapa distro linux: ubuntu 15.04 dan centos 6.x.

Saya akan membahas bagaimana anda bisa mendapatkan upgrade gratis dari windows 8.1 ke windows 10:

  1. Pastikan os windows 8.1 anda telah memiliki update system terbaru. Salah satu tanda anda mendapatkan update sistem terbaru adalah file update yang anda download akan mengunduh program persiapan upgrade windows untuk user dan akan muncul pada taskbar kanan bawah windows 8.1 anda dalam bentuk logo start icon microsoft. Untuk melakukannya, anda cukup membuka Control Panel dan memilih opsi yang terletak pada bagian bawah yaitu Windows Updates, lalu cek updates dan tunggu control panel melakukan cek updates terbaru dari server microsoft. Untuk melakukan ini dibutuhkan koneksi internet yang baik.
  2. Setidaknya dibutuhkan 1 akun microsoft untuk dapat memproses layanan windows dengan baik, hal ini sudah menjadi kesatuan dengan fitur yang dibenamkan sejak windows versi 8.1. Anda dapat membuat akun microsoft dengan menuju http://www.outlook.com, buatlah satu akun email microsoft outlook, dan akun ini akan menjadi bagian dari layanan microsoft, sama seperti ketika anda hendak menggunakan layanan google diperlukan setidaknya satu email gmail.
  3. Standardnya anda harus mendaftar sebagai pre-user yang akan mendapatkan prioritas mengunduh dan mengupgrade windows 7.x / windows 8.1 ke windows 10.

Caranya mudah, klik pada bagian pendaftaran upgrade dengan menekan tombol icon start microsoft berwarna putih di sisi taskbar kanan windows anda. Ingat, yang ditekan adalah aplikasi pendaftarannya bukan tekan logo start pada tombol start, dua-duanya sama-sama berwarna putih dan berlogo sama, tapi ingat yang saya maksud adalah pada bagian taskbar kanan dekat area jam di pojok bawah kanan itu anda akan menemukannya. Klik aplikasi pendaftaran itu dan daftarkan diri anda dengan menggunakan akun mirosoft milik anda. Selesai. Anda hanya perlu menunggu notifikasi bila upgrade telah tersedia untuk wilayah indonesia yang hingga saat saya menulis ini di bulan september ini, upgrade otomatis ini belum tersedia untuk wilayah Indonesia.

Lalu bagaimana caranya sudah daftar kok malah mas ferry bisa sudah dapat upgrade windows 10 duluan padahal belum tersedia di indonesia? Kasih tau donk caranya mas ferry πŸ™‚ Sebenarnya windows 10 sudah disediakan gratis untuk diunduh di situs microsoft, dan cara ini yang saya pilih untuk lebih cepat mendapatkan upgrade ke windows 10.

Caranya adalah dengan menggunakan Media Creation Tools dari microsoft. Aplikasi berukuran kurang dari 19MB ini adalah aplikasi penuntun download dan upgrade manual ke windows 10. Untuk mendapatkan aplikasi ini, anda bisa langsung menuju ke website mirosoft yang menyediakannya Media Creation Tools.

Memilih dan menggunakan media creation tools microsoft:

  1. Setelah anda berada di halaman media creation tools, anda akan menemukan informasi unduhan aplikasi ini yang disesuaikan dengan jenis sistem operasi windows anda. Saya sendiri menggunakan windows 8.1 pro 64 bit, maka saya harus menggunakan media creation tools versi 64 bit, jika anda menggunakan windows 7.x / windows 8.x versi 32 bit, maka download-lah aplikasi versi 32 bit di halaman itu dan simpan dulu di komputer anda sebaiknya jangan simpan di drive C karena untuk menghindari faktor upgrade dan instalasi instan ke windows 10 di proses berikutnya.

Bagaimana saya tau os windows saya jenis 32bit atau 64 bit? Caranya mudah, bukalah tampilan dekstop windows anda, anda akan menemukan icon di kiri atas bernama My Computer / Computer / This PC, klik kiri (opsi) pada mouse anda dan pilih Properties dan anda akan membuka windows System yang berisi informasi singkat deskripsi komputer anda. Pada bagian Sytem anda akan menemukan informasi System type: xx-bit Operating System. Nah bagian xx itu anda akan menemukan salah satu dari angka 32 atau 64, itulah jenis windows yang anda gunakan.

Yang perlu anda ketahui:

  1. Anda bisa instalasi windows 32 bit di komputer yang prosesornya mendukung arsitektur 64 bit. Tapi anda tidak bisa menginstalasikan windows 64 bit di komputer yang arsitektur procesornya hanya mentok mendukung 32 bit saja. Maka dari itu jangan salah mengunduh media creation tools yang tidak sesuai dengan jenis processor komputer anda!

Nah sampai disini anda sudah siap mendownload dan memilih untuk melakukan upgrade instan ke windows 10 atau membuat bootable os windows 10 yang akan di download oleh media creation tools. Ya, aplikasi ini hanya menawarkan dua opsi untuk anda yaitu proses download dan instalasi langsung seketika proses download file windows 10 selesai atau anda bisa memilih membuat bootable os windows 10 ke usb drive anda dulu untuk diinstal ke komputer anda atau komputer lainnya di lain waktu.

File windows 10 yang akan diunduh oleh media creation tools adalah file windows 10 murni/asli rilis final terbaru yang disediakan oleh microsoft. Ukuran file ini disesuaikan dengan jenis windows anda (32/64 bit) dan tipe windows yang sedang anda jalankan: Home, Profesional, dsb. Untuk windows 8.1 pro, file upgrade windows 10 yang di download adalah sebesar 3.10GB on disk. File ini akan terletak di dalam folder baru yaitu ESD – Windows di drive C. Anda sebaiknya jangan otak atik apapun di dalam folder ini!

Saya membutuhkan kurang dari 1 jam untuk dapat mengunduh file upgrade windows 10 dengan menggunakan media creation tools. Satu hal yang perlu saya ingatkan anda saat mengunduh upgrade-an ini dengan media creation tools, anda harus memiliki koneksi internet yang lancar dan cepat, minimal diatas 300kbps dan tidak digunakan oleh aplikasi lainnya di komputer anda karena semakin banyak aplikasi yang membutuhkan koneksi internet sedang digunakan maka kecepatan mendownload upgrade windows 10 ini akan semakin lama.

amd_quick_stream_kutakhabispikirdotwordpressdotkom

Saya sendiri menggunakan koneksi internet dengan kecepatan rata-rata 10-25mbps dan menggunakan AMD Quick Stream yang disediakan oleh processor bawaan laptop saya yaitu AMD A6 dimana aplikasi ini dapat diseting untuk mengatur prioritas penggunaan bandwith aplikasi yang ada di komputer anda. Untuk processor intel saya tidak tau apa ada aplikasi spt amd quick stream jadi saya tidak bisa menuliskannya disini.

Pertanyaan:

  1. Apakah aplikasi media creation tools ini memiliki fitur stop/pause download? Jawabannya: TIDAK. Hanya ada opsi minimize dan close program.
  2. Apakah bisa saya melanjutkan proses download upgrade file windows 10 dari media creation tools di lain waktu? Jawabannya: 50/50. Jika anda mendapati koneksi internet sedang kacau atau koneksi internet terputus aplikasi ini akan berusaha mencob terus sampai mendapatkan koneksi internet lagi untuk meneruskan hubungan mendownload upgrade tersebut, tapi ini juga bukan jaminan aplikasi ini akan berjalan mulus karena semisal anda terkoneksi lagi dengan ip baru (biasanya ip isp mobile) dan atau menghapus cache pada windows anda (biasanya untuk anda yang pakai CC Cleaner) maka proses download akan terhenti/terputus dan proses download upgrade harus dimulai dari NOL / awal lagi. Kebetulan saya mencoba hal ini, saya memutus koneksi (sengaja) selama 2 jam dan menghapus cache di windows saya lalu saya konek lagi dengan ip baru dan aplikasi ini yang tadinya terbuka terus di desktop untuk mengunduh mendadak menutup sendiri sehingga aplikasi ini harus dibuka kembali dan proses download dimulai dari 0% lagi. Saya mencoba ini dengan menggunaka 2 ip statis berbeda dari 1 isp yang sama. Nah untuk anda yang menggunakan paket internet mobile (TELKOMSEL, INDOSAT, XL, 3) saran saya sebaiknya mulai mengunduh di malam hari diatas jam 11 malam dimana koneksi sedang lancar-lancarnya alias sedang kebut-kebutan.
  3. Apakah download upgrade file windows 10 ini bisa menggunakan download manager? Jawabannya: TIDAK BISA! Nah sampai disini anda pasti sudah mulai sedih πŸ˜€ Ya, aplikasi media creation tools ini adalah aplikasi satu arah, anda tidak dapat menemukan informasi link file-nya kecuali jumlah proses download yang sudah sekian persen saja. Jadi anda harus relakan proses ini tanpa IDM ya πŸ˜€

Mas, saya gak perlu pake pendaftaran upgrade user atau media creation tools gtuan karena di google sudah banyak yang sediakan file iso os windows 10 kok, tinggal download pakai IDM gak pake lama sudah beres. Jawaban saya: Sekedar anda ketahui, file iso yang disediakan di berbagai website itu umumnya adalah file iso windows 10 yang belum dirilis final meskipun anda mendownloadnya dengan link ke dalam situs Microsoft juga tapi biasanya yang disediakan versi RTM final VL release. Saya juga menemukan dan sudah mendownload file iso en_windows_10_enterprise_x64_dvd_6851151 sebesar 3.67GB dari informasi sebuah website, saya pun sudah membuatnya jadi bootable os di flashdisk saya tapi saya memutuskan untuk tidak menginstalnya. Untuk saya pribadi, saya lebih cari aman saja dulu, dengan mendapatkan rilis final windows 10 yang sesuai dengan os windows 8.1 saya. Mengapa harus download yang jelas belum final diluaran sana sedangkan Microsoft sendiri sudah memberikan opsi upgrade gratis otomatis dan manual? Ok?

Lalu, apa syarat spesifikasi minimum agar laptop/komputer/tablet saya bisa menjalankan windows 10? Syarat minimumnya adalah:

  • Processor: 1 GHz
  • Memory (RAM): 1 GB (For 32 Bit), 2 GB (For 64 Bit)
  • Hardisk Space: 16 GB Free Hard Disk Space

Syarat diatas adalah syarat minimum untuk sekedar menggunakan fitur standard yang ada di dalam windows 10, jika anda menggunakannya dengan menambah aplikasi lain seperti browser, video player, office, graphics editor, dsb maka jumlah memory diatas itu amat sangat minim. Setidaknya diperlukan memory 4 GB agar semua proses berjalan lancar tanpa lag.

Syarat Spesifikasi Menjalankan Windows 10 Dengan Baik:

  • Processor: 1.8 GHz dengan minimum dual core. Kalau mendukung turbo mode akan jauh lebih baik lagi.
  • Arsitektur: 64 bit processor walau anda hanya instalasi untuk windows 32 bit.
  • Memory (RAM): 2 GB (For 32 Bit), 4 GB (For 64 Bit)
  • Hardisk Space: 30 GB Free Hard Disk Space

Nah saat saya memulai proses download upgrade dengan media creation tools, drive C saya masih memiliki sisa 30 GB (saya mempartisi hardisk menjadi 7 – total 500 GB) dan ketika proses download selesai, space drive C saya sisa dibawah 20 GB. Jadi saya sarankan setidaknya ruang drive os utama (biasanya C) memiliki sisa space minimum 30 GB untuk dapat mendownload dan memulai proses instalasi instan.

Sebelum anda terlalu napsu untuk segera mencicipi windows 10. Berikut beberapa hal yang perlu anda ketahui terlebih dulu sebelum melakukan instalasi dengan media creation tools:

  1. Pastikan laptop/komputer/tablet windows anda saat ini sudah menyediakan driver part yang sudah mendukung windows 10!
  2. Pastikan anda memilih untuk: instalasi baru (menghapus os windows yang digunakan saat ini) atau memilih instalasi tambahan (menggantikan os windows yang digunakan saat ini dengan windows 10 tanpa menghapus file pribadi anda ataupun aplikasi yang sudah diinstal di drive C windows anda).

Yang terpenting adalah nomor 1 diatas, anda harus segera menuju bagian web support komputer/laptop/tablet windows anda dan mencari tahu apakah produsen gadget anda sudah menyediakan driver untuk windows 10. Karena tanpa driver windows 10 untuk gadget anda, maka anda akan menemui kendala menggunakan fitur-fitur tertentu di gadget anda. Saya menggunakan laptop dari Lenovo seri G40-45 DID, untuk anda yang menggunakan laptop Lenovo terutama yang memiliki versi yang sama/sejenis dengan saya, anda pasti sangat senang saya beritahukan laptop ini full support ke windows 10 dan pihak Lenovo sudah menyediakan driver windows 10 laptop ini di situs mereka. Langsung saja anda unduh terlebih dulu driver windows 10 laptop ini melalui link ini Lenovo Laptop Support Download

Saya mengunduh 9 files driver Lenovo G40-45 DID ini dengan total data sebesar 645 MB termasuk bios untuk windows 10 di laptop ini. Ingat, yang anda download adalah versi windows 10 ya! Untuk laptop produsen lainnya silahkan cari di web support masing-masing ya J

Ok, singkat cerita anda sudah baca semua yang saya tulis diatas. Lalu apa konsekuensi bila anda telah memutuskan untuk menggunakan windows 10? Berikut saya berikan beberapa gambaran kemungkinan yang terjadi bila anda memutuskan menginstal windows 10:

  1. Instalasi Bersih: Ini adalah proses instalasi os baru di komputer/laptop/tablet anda dengan menggunakan os windows yang hendak anda gunakan. Proses ini akan memformat dan menghapus isi dari drive utama (umumnya drive C) dan mengisi drive itu dengan data file os baru. Instalasi bersih tidak akan menyisakan satupun file di drive C / drive utama instalasi os. Cara ini lebih tepat bila anda: sudah bosan dengan os windows lama dan tidak berniat menggunaannya lagi atau untuk anda yang baru memiliki gadget yang sudah mensupport ke windows 10 tapi masih kosongan belum ada instalasi os-nya.
  2. Instalasi Penggantian: Instalasi ini hanya mengganti os windows yang sedang digunakan saat ini dengan os windows versi terbaru dan dimana proses ini akan tetap mempertahankan file pribadi anda yang tersimpan di drive C / drive utama os anda dan beberapa aplikasi yang ada.

win10setup3

Yang anda perlu ketahui jika anda memilih opsi kedua yaitu: Tidak semua aplikasi yang anda install di windows saat ini dapat digunakan di windows terbaru yaitu windows 10. Hal ini sudah saya buktikan dimana saya memilih opsi kedua ini, dan windows 10 β€˜menggeser’ peredaran aplikasi yang tidak cocok digunakan di windows 10, salah satunya adalah AVG Tune Up Utilities. Ini bukanlah tindakan dari windows 10 itu sendiri, tapi lebih pada tiap aplikasi yang ada yang diinstal oleh anda dimana aplikasi tersebut punya deteksi sendiri apakah hanya dapat digunakan hingga os windows versi berapa saja, nah AVG tune up utilities ini tidak dapat dibuka/digunakan karena tidak sesuai untuk windows 10, jadi anda harus mengunduh versi yang cocok untuk windows 10 dan menginstal ulang di windows 10. Hal ini juga berlaku untuk aplikasi lain yang belum support ke windows 10, caranya hanya download versi yang mendukung penggunaan di windows 10 dan instalkan ulang ke os windows 10 anda dan masalah pun beres. Aplikasi apa saja yang belum support ke windows 10? Jawaban saya: Anda harus cari tahu sendiri πŸ™‚

Pertanyaan lagi, mas.. saya pakainya windows 7 pro, mas saya pakainya windows 8.1 home, nanti setelah upgrade dapatnya windows 10 versi apa? Nah lihat tabel upgrade yang disediakan oleh Microsoft berikut ini untuk mengetahui apa yang akan anda dapatkan:

win10_table_upgrade_kutakhabispikirdotwordpressdotkom

Untuk anda yang menggunakan windows versi enterprise, anda tidak dapat melakukan upgrade otomatis / manual ke windows 10 karena belum disediakan oleh Microsoft.

Bagaimana memulai proses upgrade dan instalasi instan ke windows 10?

  1. Download dulu Media Creation Tools dari Microsoft melalui link yang saya berikan diatas dan simpan ke komputer anda diluar drive C atau drive utama os anda.
  2. Sediakan koneksi internet yang bagus dan kencang, kecuali anda orangnya sangat amat sabar mengunduh upgrade sebesar 3 GB lebih seharian baru kelar.
  3. Sediakan sisa space drive utama di komputer anda minimum 30 GB untuk baiknya.
  4. Matikan koneksi internet aplikasi lain yang dapat menyedot bandwith dalam proses download upgrade windows 10 ini.
  5. Setelah download file upgrade selesai dikerjakan media creation tools, pilih Upgrade Now dan pilih untuk install dengan menimpa windows yang digunakan saat ini (bukan fresh/new installation ya!). Pilih opsi untuk menyimpan file pribadi dan aplikasi yang saat ini ada di drive utama windows anda.
  6. Proses instalasi berjalan. Setelah complete, windows 10 akan melakukan restart otomatis komputer anda. Proses restart ini akan berjalan kurang lebih 3-4x sampai selesai instalasi dan windows 10 siap digunakan. Proses instalasi ini akan memakan waktu beberapa jam, ini adalah proses instalasi instan/tumpuk (bukan fresh/new) yang paling lama yang pernah saya lakukan di windows.

Berbeda dari instalasi versi windows sebelumnya, instalasi upgrade ke windows 10 ini memiliki tampilan yang sangat minimalis hanya berlatar belakang hitam dan tulisan berwarna putih saja tanpa grafis apapun. Dan prosesnya pun tanpa banyak bertanya ini itu. Hanya memiliih opsi dari media creation tools sebanyak 2-3x dan proses instalasi upgrade sudah berjalan hingga selesai.

instalasi_win10__kutakhabispikirdotwordpressdotkom

Setelah selesai proses instalasi upgrade, maka anda siap menggunakan windows 10. Berikut adalah tampilan login screen terbaru di windows 10.

win10_login_kutakhabispikirdotwordpressdotkom

Dan ini adalah tampilan halaman start di desktop windows 10 pro di laptop saya.

win10_start

Dan yang ini adalah tampilan daftar aplikasi-nya dari halaman tombol start windows 10.

win10_app

Dan ini adalah tampilan halaman sistem windows 10.

Β system_win10__kutakhabispikirdotwordpressdotkom

Jangan lupa, instalasi driver windows 10 ke komputer anda dan restart windows untuk dapat memulai menggunakan fitur komputer anda di os baru ini dengan lancar.

Mau tau apa saja yang baru di windows 10? Tunggu artikel saya berikutnya.

10 thoughts on “Mendownload dan Instalasi Windows 10 Pro di Laptop Lenovo Dengan Media Creation Tools Windows

    1. Sudah saya jawab ya?
      Kalau anda mau instal anda bisa download OS masternya aja, daripada pake creation tools karena jika koneksi anda gagal ditengah jalan itu proses akan mengulangi lagi, kalau download OS iso masternya aja kan enak misal pake IDM lbh cepet pula. Hubungi saya jika mau file iso master windows-nya, saya sedia dari win 7, win 8, win 8.1, win 10 semua bit ada asli file resmi microsoft.

      Suka

    1. Halo.. salam kenal…

      1. Spt yg sudah saya tulis di artikel win 10 di blog saya, lisensi itu mengikut ke proses upgradenya. Tapi kondisinya harus sama versi dan tipe bit os-nya. Jadi misal anda win 8.1 pro itu pasti dapatnya win 10 pro gak bisa jadi win 10 home ato enterprise, ini kondisi pertama harus sama tipe windowsnya, kedua adalah tipe bit osnya, anda pakai win 8.1 32 bit ketika diupgrade itu pasti dapatnya win 10 32bit gak mungkin 64 bit. Kedua hal ini-lah yang membuat faktor lisensi bisa sama ato beda.

      Jadi jika anda upgrade pake creation tools ke win 10, itu lisensi akan ikut selama anda login ke win 10 pakai akun microsoft yg sama yg anda pakai di win 8.1 itu. Soalnya kalau anda login ke user account pakai alamat email microsoft laennya maka lisensi juga akan berubah.

      Misal anda di win 8.1 anda seting user accountnya reynaldi@outlook.com, ya di win10 juga harus login pake itu agar lisensi ngikut otomatis. Anda aktifkan lisensi di win10 di dalam menu Setting, User Account, Activation. Gak ada 10 detik udah teraktivasi jika anda sudah login user account di win 10 pakai alamat email akun anda yg sama di win8.1.

      Jelas ya?

      Suka

        1. Lah semua master iso dlaptop gak ada yg diupload bos. ada ori microsof iso win 7, win 8, win 8.1, win 10, home dan pro edition tiap versinya. Khusus utk win 10 sdh release yg terakhir jd ter up2date. Burning ke dvd aja gmn?
          Ori asli semua bukan yg iso download internet-an.

          Suka

  1. Min, di laptop saya setelah install win 10 kenapa dibagian “adjust brightness level” ga bisa di ubah? Terang Silau banget ga bisa di redupin maupun di terangin lagi. Padahal udah di level 0 kecerahanya

    Suka

    1. Akan lbh baik bila sekalian diberitahukan device-nya merk dan tipe brp. Pengaturan vga tdk serta merta dr penggunaan win 10 tp dari driver vga dan driver controller function tools laptop/komputer bawaannya yg mungkin blm support di win 10. Saran saya anda instal driver vga dan driver function control laptop/komputer yg support dng win 10.

      Saya pernah kejadian gnian d os ubuntu linux 11.04 dng notebook jaman masih intel atom jd gk match n saya downgrade os ubuntu jd fungsi driver n controler laptop berjalan mulus.

      Suka

  2. min laptop ana sama kaya punya mimin..mau tanya apakah mimin juga ada masalaha sama gradasi warnanya?led nya gimana gitu..mau tau solusinya..makasih min

    Suka

    1. Kebetulan tidak gan.Laptop saya baik” saja tdk ada mslh dng gradasi warna krn diver vga pakai yg 64bit win 10 asli dr web support.lenovo.com.

      Coba agan download duku vga driver lenovi win 10 yg sesuai dng jenis bit os anda klo pake yg 32bit ya download yg 32bit dan sebaliknya.

      Klo msh belum bener jg bisa complain garansi ke toko t4 anda membeli

      Salam

      Suka

Tinggalkan Balasan

