Membedakan OS Windows dari jenis Instalasi Upgrade Windows 10 dan Instalasi Fresh Install Windows 10

Tahukah anda instalasi os windows 8.1 ke windows 10 itu menghasilkan perbedaan yang cukup signifikan?

Saya sudah terbiasa menginstal sistem operasi apapun di komputer, tablet dan smartphone. Tapi tentu disini saya akan membahas tentang instalasi os pada perangkat komputer. Sebelumnya saya sudah menuliskan pengalaman saya dalam melakukan instalasi instan / upgrade dari windows 8.1 pro ke windows 10 pro yang bisa anda baca disini.Setelah selesai instalasi upgrade ke windows 10 pro dan saya tentu sudah mengaktifkan lisensinya, saya temukan ada beberapa hal yang berbeda saat selesai melakukan upgrade ini. Ini mungkin tidak berlaku rata untuk semua perangkat komputer yang menjalankan os windows, maka dari itu saya memberi catatan apa yang saya temukan ini adalah hasil penelusuran setelah menggunakan windows 10 pro versi upgrade dari windows 8.1 pro dengan versi fresh install os windows 10 pro dari file download upgrade yang saya dapatkan ketika selesai proses upgrade dari windows 8.1 pro.

Bingung maksud saya apaan? Ok saya jelasin lagi… windows 10 dapat dimiliki dengan beberapa cara:

  1. Upgrade dari versi windows 7 dan windows 8.x.
  2. Beli paket dvd instalasi windows 10.
  3. Beli gadget yang sudah terisi os windows 10.

Di artikel saya sebelumnya saya tulis bahwa saya melakukan upgrade secara manual menggunakan media creation tools dari Microsoft. Aplikasi ini akan mengunduh os windows 10 langsung dari server Microsoft dan digunakan untuk memproses upgrade dari os windows 8.1 pro yang digunakan pada laptop saya ke windows 10 pro. Nah, saya juga menuliskan bocoran bahwa file yang diunduh dari server Microsoft itu ternyata disimpan offline di drive utama os windows, dimana drive utama os di laptop saya adalah drive C. Folder hasil unduhan os windows 10 asli ini ada di C:/ESD/Windows, nah semua file yang ada di dalam folder windows ini adalah file master instalasi windows 10 pro dengan lisensi yang valid, nah jenis lisensinya apa itu akan saya beritahukan nanti.

Jadi setelah selesai proses download, aplikasi media creation tools ini menawarkan dua jenis opsi, opsi satu adalah instalasi upgrade seketika itu juga, opsi kedua adalah menyimpan hasil unduhan ke bentuk flashdisk dimana sifatnya bootable os untuk diinstal sendiri oleh user di laen waktu. Saya pun memilih instalasi upgrade instan seketika itu juga degan opsi saya tetap menyimpan file pribadi dan mempertahankan aplikasi yang saya sudah install/sudah ada di os windows 8.1 pro.

Instalasi pun berjalan mulus dan selesai, lalu saya mengaktifkan lisensi windows 10 pro dan menggunakan os baru ini selama beberapa jam. Nah setelah beberapa jam pemakaian, saya menemukan beberapa kejanggalan di laptop saya baik sebelum dan setelah saya instalasi driver windows 10 laptop saya. Karena saya tidak nyaman dengan kejanggalan yang saya temukan, saya putuskan untuk instalasi bersih drive c dengan master os windows 10 hasil unduhan media creation tools yang ada di folder tersebut. Saya memproses instalasi bersih di dalam desktop windows 10, caranya sama saja mudahnya seperti instalasi windows versi sebelumnya berbasis instalasi desktop. Prosesnya hanya mempersiapkan, memverifikasi file, verifikasi space hardisk, restart komputer, instalasi via bios otomatis dan selesai lalu masuk ke desktop sebagai os fresh installation. Nah yang saya temukan setelah proses instalasi bersih/fresh/new installation os windows 10 pro ini ternyata ada perbedaan dengan hasil instalasi versi upgrade ke windows 10 pro dari os sebelumnya windows 8.1 pro. Siapapun dapat melihat perbedaan kedua cara instalasi ini dengan mata telanjang. Mau tau apa aja perbedaannya?

  • START MENU

Perbedaan utama dari instalasi versi ugrade dengan versi fresh install adalah pada tampilan start menu di windows 10 pro. Instalasi versi upgrade (IVU) menghasilkan tampilan start menu dengan ukuran layout yang lebih kecil dibandingkan dengan cara fresh installation (FI) yang ternyata menghasilkan tampilan start menu windows 10 pro yang lebih lebar. Berikut adalah penampakannya.

Start menu versi upgrade ke windows 10 pro

win10_start

Start menu versi fresh installation windows 10 pro

win10desktop_freshinstall2

BIsa dilihat diatas ada perbedaan sangat jelas kan? Dua jenis instalasi berbeda menghasilkan start menu yang berbeda, versi upgrade menghasilkan dua baris area Pin to Start sehingga ditambahkan scroller, sedangkan pada fresh installation menghasilkan dua kolom area Pin to Start untuk aplikasi dari windows store dan bawaan windows 10 pc.

Dan selain itu versi upgrade mempertahankan bentuk ukuran taskbar dari setingan terakhir versi windows yang anda gunakan, sedangkan pada fresh installation maka tampilan ukuran default taskbar-nya adalah ukuran large bukan small taskbar buttons. Ukuran taskbar ini dapat anda ubah melalui menu properties dengan klik mouse kanan (opsi) saat cursor mouse anda berada di area taskbar tentunya.

  1. COMPATIBILITY

Instalalasi versi upgrade (IVU) menghasilkan performa laptop yang kurang optimal, anda akan menemukan banyak masalah pada beberapa aplikasi yang terinstal dari os windows anda sebelumnya yang dipertahankan ketika proses instalasi upgrade ke windows 10 berjalan dan selesai. Performa laptop akan terganggu dan memberi hambatan dalam menjalankan beberapa aplikasi yang masih ada dimana aplikasi yang dipertahankan tidak dapat berjalan mulus di windows 10, bahkan ada yang error system file hingga tidak dapat di-uninstall dengan aplikasi un-install bawaan aplikasi itu sendiri, bahkan pakai orbit uninstaller pun tidak bisa di-uninstall karena tidak dapat dilacak keberadaan file aplikasinya, hal ini wajar karena pada proses instalasi upgrade, windows 10 membuat master folder os baru yaitu Windows, sedangkan file master os lama anda akan dirubah otomatis menjadi windows.old, sedangkan folder Program Files dan Program Files (x86) jika anda sebelumnya pakai os windows tipe 64 bit pun akan ada perubahan dimana akan ada folder baru bernama sama tapi isinya masih kosongan tidak ada folder isi aplikasi yang anda install di os sebelumnya. Nah, ketika anda berusaha menghapus folder windows.old ini anda pun akan menemukan masalah dimana ini memerlukan akses hak administrator, dan walaupun anda sudah admin di os windows 10, hak admin anda tidak dapat dipakai untuk men-delete/hapus folder” lama yang sekarang jd masalah baru di os windows 10.

Mengapa folder windows lama itu tidak dapat dihapus? Salah satu jawabannya adalah: di master folder windows itulah disimpan driver komputer anda yang masih difungsikan oleh windows 10 walaupun sudah tidak dijalankan lagi di os windows lama. Alasan kedua adalah pada proses intalasi upgrade ke windows 10, windows 10 tidak mencopot semua hak admin untuk folder” yang nantinya bermasalah, hak admin ini tetap nempel dan tidak dapat diatasi dengan hak admin di windows 10.

Untuk mengatasi ini, saran dari saya:

  • Gunakan flashdisk berisi file os bootable linux Ubuntu (disarankan sih Ubuntu desktop, kalau anda sukanya distro linux laennya jenis desktop ya silahkan). Anda bisa download os Ubuntu desktop di situs Ubuntu.com, atau cari mirror-nya di Indonesia (saya pakai mirror kambing lokasi di Surabaya). Saya pakainya Ubuntu desktop versi 15.04, download, dan instalasikan os Ubuntu tersebut menggunakan aplikasi YUMI yang bisa anda download di www.pendrivelinux.com. Aplikasi yumi berjalan di desktop windows kok dan mudah hanya 2x klik proses pembuatan bootable Ubuntu os ke flashdisk akan berjalan. Setelah itu, matikan komputer anda, bootup bios utamakan proses dari flashdisk, save exit seting bios anda, maka bios akan detek usb flashdisk isi Ubuntu itu dan akan muncul tampilan di layar anda ingin instalasi Ubuntu atau sekedar mencoba live cd ubuntunya, anda pillih try Ubuntu maka beberapa detik kemudian akan muncul desktop Ubuntu. Masuk ke file manager (ini nama file explorer di Ubuntu), lalu cari drive C os windows anda, klik dan akan di buka oleh Ubuntu. Nah disitu anda akan melihat tampilan semua isi di drive C, anda bisa delete semua folder yang bermasalah untuk dihapus, khususnya folder windows lama itu. Setelah di delete, pastikan anda empty trash yang ada di os Ubuntu, tunggu beberapa menit jangan diganggu proses empty trash berjalan, setelah selesai restart laptop anda dari Ubuntu, saat laptop mulai restart jangan lupa cabut flashdisknya sebelum di detek bios lg, maka laptop anda akan masuk ke windows 10. Setelah masuk windows 10, buka file explorer dan lihat foldernya sudah terhapus 🙂
  • Cara kedua: Format drive C, instalasi fresh install windows 10 di drive utama komputer anda. Beres!

Masalah lainnya dalam instalasi versi upgrade adalah windows 10 mengalami masalah pada socket yang mempengaruhi kinerja host dan akses internet. Ini akan mudah anda temukan saat mencoba setting firewall, mengaktifkan server apache/mysql di windows 10 (jika anda ada semacam xampp yang masih tersisa dari os sebelumnya).

Selain itu, masalah juga timbul dari driver laptop anda. Walau anda sudah menghapus driver laptop untuk os sebelumnya dan menginstal driver laptop windows 10 bawaan produsen laptop anda (atau komputer), windows 10 masih sulit bekerja optimal, bahkan menghapus/un-install driver lama pun menemukan hambatan di windows 10!

Compatibility selanjutnya adalah pada aplikasi windows store yang sebelumnya sudah terinstal di windows 8.1 komputer anda. Saya temukan beberapa aplikasi jadi bermasalah dijalankan di windows 10 walau sudah di update di windows store. Kasus yang terjadi adalah kinerja aplikasi dari windows store ini jadi mudah nge-hang dan closing sendiri dan tidak bisa memainkan peran kegunaannya dengan baik.

Anda perlu tahu, ketika anda memilih fresh installation, seharusnya semua isi drive utama master os windows anda akan terhapus. Tapi ini juga tidak terjadi mulus di di windows 10, dimana folder windows.old dan folder bandel laennya pun masih ada. Ini sebenarnya bisa diatasi jika pada saat memilih fresh installation windows 10 anda format dulu drive C via bios dan instalasi windows 10 dari flashdisk via bios juga. Sayangnya proses ini tidak dilakukan oleh instalasi desktop windows 10, untuk benar-benar membersihkan isi drive utama master os windows anda, maka isi drive itu benar-benar harus diformat dulu, dan opsi format ini tidak lagi tersedia di instalasi fresh install windows 10. Di windows 8.1 seingat saya masih ada. Jangan lupa loh setelah diformat, itu drive utama dibentuk kembali dalam format NTFS untuk windows 10, bukan jamannya FAT/FAT32 lagi 😀

Nah setelah fresh installation selesai, dan saya install driver windows 10 laptop yang dirilis produsen laptop-nya, saya mendapati semua proses di windows 10 berjalan lancar. Oya anda tidak perlu khawatir untuk setingan windows os and ajika sebelumnya anda menggunakan windows 8.1 dan menghubungkan os windows anda dengan akun Microsoft anda, maka ketika anda menghubungkan windows 10 anda dengan akun Microsoft anda, semua setingan bawaan versi windows sebelumnya akan dikembalikan ke windows 10 dengan lancar. Setingannya berlaku untuk themes, wallpaper, layar, power, bahkan hingga mengembalikan dokumen yang anda tulis di Microsoft One Note! 🙂

Semoga tulisan saya ini dapat memberikan gambaran mana hasil terbaik untuk menggunakan windows 10 secara optimal di perangkat komputer anda.

4 thoughts on “Membedakan OS Windows dari jenis Instalasi Upgrade Windows 10 dan Instalasi Fresh Install Windows 10

      1. Terimakasih artikelnya, bermanfaat.
        Pak, mau tanya nih, kalau file os windows yg disimpan di c://esd/windows itu bisa ga dicopy dan diinstall di laptop lainnya?
        Terimakasih sebelumnya…
        Salam
        Sholihin

        Suka

        1. Halo mas sholihin.
          1. Jika membaca semua artikel ttg win10 di blog saya, anda akan temukan bahwa saya telah jelaskan dan berikan link download master file windows 10 pro asli yg hasil download media creation tool itu yg ada dalam folder ESD/WINDOWS.

          Nah namanya juga master file, diinstal berapa x dan dkomputer manapun ya BISA SAJA mas 🙂 asal spek komputernya sesuai 🙂

          Tapi skrg microsoft sudah launching yg edisi windows 10 2016 (31 oktober 2015) dan gratis di download dari website resmi microsoft dan sudah ada valid digital license jadi tidak perlu di hack sebagainya semisal dng KMSPico gtu krn itu file-nya sudah include digital license asli microsoft. Info ini sudah saya tulis di artikel tentang wifi dan bluetooth hilang di windows 10 di blog saya.

          Salam.

          Suka

Tinggalkan Balasan

