Instal Aplikasi Android di Windows 10 Pro

Dari judulnya saya sudah bikin ngiler tho? Bahahaha 😀

Jauh sebelum windows 10 final dirilis, banyak blogger yang sudah bak dewa menuliskan bahwa kelak di windows 10, kita dapat menjalankan aplikasi berbasis android os dengan lancar, singkat kata.. windows 10 support android apps?

Setelah beberapa hari saya menggunakan windows 10 dan bisa dikatakan saya satu-satunya user windows 10 di lingkungan pergaulan saya (bukan bermaksud sombong bos!), sudah ada tidak sedikit teman dan kerabat yang juga ingin saya installkan os baru ini di perangkat komputer pc dan laptop mereka. Bukan tanpa alasan, saya memberikan mereka kesempatan untuk mencoba windows 10 di laptop saya dan hasilnya….mereka LIKE banget os baru ini.

Jika anda melihat gambar berikut ini, anda pasti sudah mikir bahwa windows 10 ini mensupport smartphone iOS, Android OS dan Windows Phone. Dan tentu anda pun berpikiran pastinya windows 10 pun dapat menjalankan aplikasi dari ketiga os tersebut?

pcompanion-win10

Supaya tidak bingung, saya akan jelaskan (lagi) tentang Fitur Phone Companion di windows 10. Fitur ini adalah fitur yang dihadirkan oleh Microsoft untuk membantu menjembatani sinkronisasi tiga os smartphone ke os windows 10 komputer, dan sinkronisasi itu berbeda dengan kemampuan menjalankan fungsi dan aplikasi dari ketiga smartphone ber os berbeda diatas tersebut.

Lalu kembali ke pertanyaan awal, bisa tidak sih windows 10 menjalankan aplikasi android? Jawaban saya: BISA!

Sebenarnya ini bisa dilakukan di windows 8.1 dengan lancar, tapi sekarang di windows 10 saya merasakan perubahan menjalankan aplikasi android dengan lebih nyaman.

Saya sudah mencoba menjalankan aplikasi android Path, Path Talk, Whatsapp, hingga Google Play pun dapat dijalankan dengan lancar dari os windows 10.

Waaaahhh asyyyiikkkk bisa tho mas? Gimana mas gimana caranya? Cepetan mas bagi infonya! Dah kebelet maen Clash of Clans neh 😀

Untuk dapat menjalankan beberapa aplikasi android di Windows 10 syaratnya hanya 2:

  1. Koneksi internet.
  2. Aplikasi Induk Android OS.

Sebelum saya berikan bocoran bagaimana anda menjalankan app android di windows 10, anda perlu pahami hal-hal berikut ini:

  1. Tidak semua app android dapat diinstall langsung dari google play melalui aplikasi induk android os ini.
  2. Beberapa app di google play tidak dapat langsung diinstalasikan ke aplikasi ini. Tapi anda bisa menambahkannya secara manual melalui instalasi file .apk.
  3. Aplikasi android yang dapat diinstall adalah applikasi android yang dapat dijalankan di OS Android versi 4.4.2 saja.

Kalau anda sudah pahami tiga hal diatas, ayo kita lanjut ke langkah selanjutnya..

  1. Download aplikasi android untuk windows 10 disini. Ukuran file ini adalah 262MB. Download disini.
  2. Extract ke sebuah folder.
  3. Jalankan aplikasinya “Kutakhabispikir_android_win10.exe” dan instalasikan ke komputer anda. Anda bisa install ke drive utama atau drive lainnya terserah anda.
  4. Setelah selesai instalasi, restart komputer windows anda, kembali ke desktop, aktifkan koneksi internet dan jalankan aplikasinya yang berbentuk icon kotak 4 warna dan robot android spt gambar di bawah ini dari desktop anda

Aplikasi ini akan langsung menjalankan android os 4.4.2 di komputer anda. Jangan khawatir, aplikasi ini tidak membuat masalah di windows 10 kok.

windroid1

Setelah aplikasi terbuka, anda akan melihat desktop android os berisi beberapa setingan dan aplikasi, salah satunya adalah Google Play. Untuk menggunakannya, anda harus mengaktifkan koneksi akun google anda (gmail) melalui menu Setting -> Accounts sama seperti pada smartphone android anda, bedanya adalah aplikasi emulator ini semua menggunakan Bahasa Mandarin, tapi kalau anda sudah hapal cara kerja smartphone android, emulator ini sama saja sama persis dengan tablet/smartphone android.

windroid2

Anda bisa menginstal aplikasi via Google Play yang disediakan dari emulator ini. Saya sendiri sudah mencoba menginstal Path dan Path Talk, berhasil dan dapat digunakan, hahaha…lumayan..daripada bolak balik laptop – smartphone capek juga tho?

Tampilan cache akun saya di aplikasi Path pada emulator android. Hehehe maaf gak ditampilkan nama akun path-nya, udah full 😀

windroid_path

Aplikasi di dalam emulator ini membutuhkan koneksi internet aktif untuk dapat digunakan dan sebuah akun google untuk mengaktifkan fitur lain di dalam android os emulator ini. Hanya aplikasi yang dapat berjalan di android os 4.4.2 saja yang dapat diinstal dan digunakan di emulator ini. Jika anda tidak bisa install dari google play, anda masih bisa menginstal aplikasi android tersebut secara manual melalui fasilitas yang disediakan di emulator ini, jangan lupa file-nya berformat .apk loh ya! Berikut adalah hasil instalasi .apk WhatsApp dan beberapa file .apk dimana tidak dapat diinstal via google play.

windroi_all

Mungkin anda kesusahan menggunakan emulator ini karena bawaannya menggunakan Bahasa cina, bisakah Bahasa emulator ini diganti Bahasa lain seperti di os android pada umumnya? Jawabannya: YA, BISA! Hehehe… makin senang ya? Ok mari saya bantu merubah Bahasa sistem os android 4.4.2 pada emulator ini.

Disini saya sudah mencobanya dan menggantinya ke Bahasa inggris, anda bisa memilih Bahasa Indonesia juga kok, caranya mudah. Buka aplikasinya dan ikuti petunjuk di bawah ini (pada emulator anda masih berbahasa cina, ikuti saja petunjuk icon-nya sesuai gambar di bawah ini):

windroid5

Kemudian scrolling ke bawah menggunakan mouse anda sampai anda menemukan icon A pada gambar di bawah ini:

windroid6

Dilanjutkan ke tahapan ketiga dimana anda mengklik opsi pertama sesuai pada gambar di bawah ini.

windroid7

Lalu tahap terakhir untuk merubah Bahasa sistem android os 4.4.2 emulator ini adalah anda memilih sendiri Bahasa yang anda inginkan dan klik pakai mouse untuk menerapkan perubahannya langsung.

windroid8

Perubahan Bahasa akan langsung terganti secara otomatis, sama seperti di os android pada smartphone, pemakaiannya sama, tidak ada yang berbeda, hanya saja emulator ini bentuknya dan konfigurasinya dibuat dalam jenis tablet android os.

Aplikasi ini sudah dicoba di windows 10 pro di laptop saya, saya menulis ini dari pengalaman di laptop saya. Saya tidak menulis ini untuk digunakan di os selain yang saya gunakan.

windroid_path

Selamat mencoba dan jangan lupa kabarin saya bagaimana perkembangannya di komputer anda. Bila emulator ini dapat menjalankan Clash of Clans, sepertinya anda akan betah berlama-lama menggunakan windows 10 di komputer anda, hehehe..

Do it your self and risk by your self ya!

Jika anda kesulitan mendownload link yang saya berikan (sptnya koneksi internet/firewall/dns anda bermasalah) silahkan download klik langsung melalui link berikut ini: Download aplikasi ini

Salam.

Iklan

51 thoughts on “Instal Aplikasi Android di Windows 10 Pro

  1. kalau ngak pake data internet gimana? misalnya buat ngebuka wattpad gitu, bisa ngak? atau buat game offline lainnya. Masak juga harus pake data?

    Suka

    1. Klo sekedar buka app emulator ini aja bisa tanpa koneksi inet. Klo pake app di dlmnya itu tergantung apa itu app cuma bisa djalankan online ato bisa offline. Setau saya wattpad itu baca novel gratisan online (krn saya member wattpad juga).

      Game offline anda ya download dulu game yg memenuhi syarat dmainkan offline, yg jelas bukan sebangsa COC ya 😀

      Suka

  2. gan tanya dong xD
    Saya saat ini pake win 7, dan udah bermasalah banget virus sana sini, pengen instal win 10 kalau bisa clean instal sih jadi semua virus ilang. Cara yang paling mudah gimana ya gan? ada yang bilang pake usb lah terus ada yang bilang juga media apa gitu. Saya ora ngarti :V . mohon pencerahannya gan.

    Suka

    1. 1. Pastikan komputer anda support pakai win 10. Kalau tidak support maka akan ada kemungkinan fitur win 10 tdk dpt berfungsi normal atau bahkan komputer anda tdk sanggup mengoperasikannya.
      2. Klo yakin support win 10, sesuaikan spek komputer anda dng jenis osnya pakai versi 32bit atau 64 bit win 10.
      3. Download master .iso windows 10 dulu lalu download software YUMI di pendrivelinux.com agar anda bisa burning file .iso master win 10 itu ke usb dng software yumi.
      4. Kalau sdh download file .iso win 10 asli dan dburning ke usb (minimal size flashdisk 8Gb) anda restart komputer lalu masuk ke bios dan pilih bootup 1st dr usb flashdisk lalu save setingan bios, restart ke bios dan proses instalasi win 10 dr usb flashdisk akan berjalan.
      Kalau penjelasan sederhana ini masih blm paham saran saya anda minta bantuan teman atau kenalan atau bawa ke toko komputer utk dbantu instalasi win 10.
      https://kutakhabispikir.wordpress.com/2015/09/16/download-iso-os-windows-10-professional-64-bit-original-microsoft/
      Salam.

      Suka

      1. Makasih udah di jawab.
        ouw, gak ada yang bisa ditanya tanya kwkwkw
        oh iya terus gan, pas instalnya butuh konek internet atau sesudah selesai instal untuk update drivenya baru butuh?
        Dan hal hal yang perlu dilakukan setelah instal apa aja ya gan?

        Suka

          1. Gan setelah saya cek web asus [laptop saya asus] model saya direkomendasikan untuk win 10 pro. Berarti bisa instal kan ya? Nah gan terus, di panel uninstall ada app yang bisa di uninstal gan, kalau gak salah saya instal ke D tapi hapus manual, jadi di uninstal gak ketemu, kalau misalkan saya instal win 10 baru entah apa namanya clean atau fresh lah, bakal baik-baik aja gak gan data D saya? Terus download file iso yang terbaru dimana gan? thanks btw xD
            Maaf ngerepotin, saya juga udah telusur web agan, mungkin ada yang luput dari pandangan saya makanya tanya yang di atas ituh hehe

            Suka

  3. wuihhhh keren bro infonya…. ane baru nyoba windows 10 nih.. kmrin udh prnah install pake apa ya lupa nama aplikasinya,,,

    Suka

    1. Maksudnya instal win 10? Pake media creation tools dr microsoft gratis.

      Klo mo instal k usb sendiri dr master iso win 10 saya biasanya pake yumi pen usb bisa di donlod di pendrivelinux dot kom.

      Suka

    1. Sejauh ini app sejenis tsb blm ada saya temukan yg versi android 5x. Biasanya pakai 4.x krn ringan. Hanya saja bbrp app spt ini banyak yg jg dsupport update utk makin nyaman aman n mudah mengoperasikannya.

      Suka

    1. Kalau saat saya pakai sampai terwjud artikel ini saya bisa pakai keyboard fisik laptop n soft keyboard dr aplikasi tsb.

      Coba anda seting di pilihan keyboard d dlm aplikasi tsb. Mungkin beda versi app jg beda kondisi.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s