Apa Yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Install Windows 10

Pertanyaan yang sederhana dan sering diungkapkan di banyak website untuk os Ubuntu adalah apa yang sebaiknya dilakukan setelah selesai menginstalasi os Ubuntu versi xx.xx (terbaru). Nah kali ini saya menanyakan hal yang sama untuk anda tapi khusus pengguna os windows, apa yang sebaiknya dilakukan setelah menginstal windows 10?Berikut adalah beberapa saran dari saya yang sudah saya lakukan di windows 10 pro laptop saya. Anda mungkin berniat melakukannya juga. Saran berikut adalah saran yang diberikan setelah anda menginstal driver windows 10 untuk komputer anda. Jika belum, maka anda harus menginstal dulu driver windows 10 untuk komputer anda agar semua fungsi komputer anda berjalan baik.

  1. AKTIVASI: Hal utama yang harus anda lakukan setelah anda selesai menginstal os windows 10 di komputer anda adalah melakukan aktivasi lisensi. Untuk melakukannya caranya sangat mudah namun pastikan komputer anda sudah terhubung ke internet dulu.
  • Buka START MENU di pojok kiri taskbar. Pilih menu Settings, maka akan muncul jendela opsi Settings di layar anda, dan anda akan temukan 9 opsi menu di dalam jendela itu. Pilih opsi ke-9 yaitu Update & Security.
  • Di dalam jendela Update & Security, akan anda temukan 6 opsi menu lainnya mulai dari Windows Update sampai For Developers. Anda klik opsi ke-5 yaitu Activation. Maka secara otomatis opsi itu akan melakukan aktivasi sendiri dari lisensi yang ada di os windows 10 milik anda. Jika tidak otomatis, maka anda bisa tekan tombol aktivasi yang ada di layar anda.

Setelah proses aktivasi selesai, maka hasilnya akan seperti di bawah ini.

aktivasi

Nah disini saya akan sedikit membahas mengenai lisensi os windows yang saya aktivasi.

Untuk anda yang terbiasa menggunakan os windows bajakan, pasti anda sudah mengenal KMS Pico yang sering digunakan untuk mengaktivasi os windows bajakan agar terlisensi valid oeh Microsoft. File windows 10 pro hasil download media creation tools adalah file master os windows 10 pro asli bukan bajakan, dan yang menarik adalah master windows 10 pro tersebut tidak dapat diaktivasi oleh KMS Pico versi terbaru 10.x sekalipun.

Mengapa?

Karena windows 10 pro asli yang di download tersebut adalah os windows 10 pro versi retail license dan kms pico tidak dapat mengaktifkannya karena harus menggunakan key yang berbeda (screenshotnya kehapus seingat saya lisensi GMLV apaan gtu yang diinfokan dari kms pico). Yang menarik disini adalah, ketika saya selesai fresh install windows 10 pro ini, dan saya melakukan aktivasi melalui Settings di start menu, ternyata os windows 10 pro ini langsung teraktivasi sah/legal ke server Microsoft sehingga tidak diperlukan lagi aktivasi illegal dengan kms pico dan software sejenisnya.

Pemikiran saya:

  • Ada kemungkinan file master windows 10 pro hasil download media creation tools ini ikut memasukkan unsur lisensi dari os windows 8.1 pro di komputer saya sebelum ter-upgrade ke windows 10 pro sehingga file master os windows 10 pro ini secara otomatis ketika diinstal dapat diaktivasi langsung tanpa hambatan. Tapi ada tapinya, saya cek ternyata lisensi key windows 10 pro yang saya gunakan berbeda dengan key license windows 8.1 pro milik saya. Ada kemungkinan lisensi windows 8.1 pro ini ini dirubah otomatis oleh windows 10 pro karena ini sebagai pembeda untuk dua jenis versi os yang berbeda pula. Ini lebih ke persoalan alogaritma buatan Microsoft saja kok. Intinya adalah jika anda tidak mengaktifkan windows 10 anda, maka anda akan menemukan jejak notice bahwa windows os anda tidak asli di sisi kanan bawah desktop wallpaper anda, hal yang sama berlaku di versi windows sebelumnya dan anda tidak akan bisa mendapatkan update apapun dari Microsoft bila tidak mengaktifkan lisensi windows 10 anda.
  1. UPDATE SYSTEM: Hal kedua yang sebaiknya anda lakukan adalah segera melakukan update os windows 10. Caranya mudah, lakukan seperti nomor 1 diatas yaitu buka Start menu -> Settings -> Update & Security dan otomatis anda akan dihadapkan ke jendela update system. Klik check updates untuk memeriksa pembaharuan system terbaru dan anda pasti akan mendapati sejumlah updates untuk di download. Jangan lupa restart komputer setelah melakukan updates os windows 10 anda.
  2. UPDATE WINDOWS STORE: Hal ketiga yang dapat anda lakukan adalah membuka windows store, lalu check updates aplikasi windows store yang ada di windows 10 anda. Anda akan menemukan sejumlah aplikasi yang dapat diupdates, beberapa diantaranya: Music, Video Player bahkan hingga windows store itu sendiri pun mendapatkan update!
  3. SINKRONISASI: Ke-empat adalah segera lakukan sinkronisasi akun Microsoft anda ke os windows 10. Dengan melakukan sinkronisasi, anda akan mendapatkan setingan lama dari os windows 8.1 milik anda untuk digunakan kembali di windows 10. Ini hanya berlaku untuk anda yang sebelumnya menggunakan os windows 8.1, untuk os windows 7 anda tidak dapat melakukan sinkronisasi karena tidak ada fasilitas tersebut di windows 7. Sinkronisasi ini akan mengembalikan: seting wallpaper, seting theme, setting aplikasi, dsb.Cara mesinkronisasi akun anda ke windows 10:
  • Start Menu -> Settings -> Accounts. Silahkan masukkan alamat email Microsoft anda di jendela accounts ini. Anda akan membutuhkan koneksi internet untuk melakukan sinkronisasi ini.

Sekedar info saja, fasilitas Settings dan Control Panel di windows 10 memiliki isi dan tampilan berbeda. Sebenarnya ini sama dengan yang sudah dihadirkan di windows 8.1 tapi di windows 10 semua berjalan tidak mutlak fullscreen sehingga lebih nyaman digunakan saja.

Semoga informasi ini berguna untuk anda.

Salam.

Iklan

4 thoughts on “Apa Yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Install Windows 10

    1. Instal fresh master iso win 10 atau upgrade dr windows versi sebelum win10?

      Komputer anda hardware sudah ready utk win 10 blm?

      Saran saya instal fresh aja pakai master file iso win 10 yg sesuai dng jenis prosesor anda 32/64bit download master iso win 10 langsung di microsoft.com.

      Salam.

      Suka

    1. Itu pernah saya coba di win 10 pro 64bit dlaptop saya diaktivasi dng kms pico saat instal fresh tp trnyata os master yg saya dptkan donlod resmi dr microsoft gk membutuhkan aktivasi lg krn sdh dlengkapi serial digital activation jd user sdh dpt master os asli plus lisensi asli gratis gk bayar n resmi dpt update n support.

      Nah soal apakah klo dpt os yg gk dsertai lisensi digital microsoft pakai kms pico itu bisa saja n sejauh ini ‘aman’ dlm artian msh bisa dpt updates resmi di system panel os itu tp sistem windows defender akan mendeteksi kms pico n mengkarantina-nya.

      Saran saya lbh baik instal master os win 10 asli yg resmi dirilis microsoft thn lalu yg edisi v.2016.

      Saya sih msh ada masternya tp gk saya uplod k internet hehehe

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s