Hati-Hati Membeli Kampas Rem Bendix

Kejadian ini saya alami di bulan maret tahun 2015. Dimana saya sedang mencari kampas rem untuk segera menggantikan kampas rem cakram dan kampas rem teromol motor saya saat itu yaitu Jupiter Z1 Injeksi 2014.

Sebelumnya saya cek kampas rem cakram jupi saya sudah mulai menipis (belum tipis amat sih masih oke utk menge-rem kok), saya pun segera ke bengkel yamaha dan bertanya ketersediaan dan harga kampas rem cakram dan teromol si jupi ini. Sparepart tersedia tapi saya belum memikirkan untuk membelinya saat itu juga. Lalu saya berpikir untuk mencoba mencari online dengan harapan saya bisa dapatkan produk yang bisa bertahan lebih lama dan memiliki performa lebih baik.

Mulailah saya cari di google, kemudian saya sampai di tokopedia.com. Kebetulan saya sudah bertahun-tahun belanja disana dan aman-aman saja orderan selalu diproses dan saya selalu menerima orderan sesuai pesanan dan catatan pesanan saya di sejumlah seller.

Saya mulai searching kampas rem di tokopedia dan menemukan beberapa yang cocok untuk si jupi, salah satunya adalah kampas rem ber-merk Bendix. Produk ini tersedia untuk kampas rem cakram dan teromol. Toko online yang menjual ini bernama Gelora Perkasa Mandiri.

Saya lalu berdiskusi pada kolom produk, bertanya apakah ada produk yang sesuai dengan yamaha jupiter z1 injeksi 2014. Ya, saya benar-benar menuliskannya nama merek+nama motor+tipe+tahun produksi. Si seller mengarahkan bagian rem cakram ke halaman produk yang sesuai karena sebelumnya saya bertanya di bagian produk kampas rem lainnya. Lalu saya juga bertanya diskusi ketersediaan kampas rem teromol dan seller menjawab produk kampas rem teromol yang saya tanyakan di halaman produk itu dapat digunakan di jupiter z1 injeksi 2014.

Berikut adalah penampakan diskusi produknya:

Screenshot from 2015-09-03 01:24:22

Screenshot from 2015-09-03 01:24:32

Kemudian saya melanjutkan add to cart kampas rem cakram dan teromol masing” 1 pcs dan seller memproses pengiriman order saya. Beberapa lama sekitar 3 hari kemudian saya ambil paket ini di agen JNE dan saya bawa ke rumah. Pertama-tama saya segera membongkar paket dan melihat penampakan bungkus produk bendix ini. Untuk rem cakram bungkusannya masih rapat dari pabrikan sedangkan untuk kemasan kampas teromol bungkusan plastik produknya sudah terkelupas dari kertas karton bungkusnya. Saya pun mulai memotret produk yang saya terima untuk saya jadikan review produk di blog saya, kemudian saya melepas plastik pembungkus produk kampas rem, lalu melepas bagian ban roda depan dan kampas rem cakram si jupi. Dilanjutkan ke pemasangan kampas rem cakram bendix dan dapat dipasang cocok pas di kaliper rem cakram si jupi. Lalu saya berlanjut ke proses bongkar ban belakang, dan mencopot kampas rem teromolnya (yang ternyata masih tebal hanya sedikit kotor berdebu saja), lalu saya bandingkan dengan kampas rem teromol bendix. Betapa terkejutnya saya, melihat ternyata produk kampas rem teromol bendix yang dikirimkan ke saya ternyata tidak sesuai untuk peruntukkan rumah teromol si jupi.

Lalu saya berusaha pasang di rumah teromol, berharap kecurigaan saya akan bentuknya yang tidak sesuai hanya sekedar ilusi saja berharap tetap dapat dipasang, tapi ternyata tidak bisa dipasang sama sekali karena produk bendix teromol itu memiliki bagian yang menahan pada bagian siku kampasnya sehingga tidak dapat masuk ke rumah teromol jupi.

Saya pun lapor ke inbox toko online seller ini di tokopedia, saya protes kenapa produk teromol yang saya terima tdk bisa dipakai. Nah disinilah si seller mulai bertindak, dia membalas inbox dan mengirimkan attachment 3 file jpg ke email pribadi saya dan menulis saran untuk memotong bagian siku kampas rem penghambat itu dengan menggunakan gergaji besi.

Screenshot from 2015-09-03 01:23:33

Saya pun membuka attachments itu dan melihat bahwa 3 file yang dikirimkan telah di-edit dengan panduan untuk potongan kampas rem teromol bendix itu agar dapat masuk ke rumah teromol.

IMG_20150405_012437
FIle foto asli ke email saya dari sellernya (foto 1)
IMG_20150405_012459
FIle foto asli ke email saya dari sellernya (foto 2)
IMG_20150405_012515
FIle foto asli ke email saya dari sellernya (foto 3)

Sebenarnya saat saya melihat file itu saya sudah kesal dan marah, karena pertama:

1. Saya dikirimi produk yang tidak sesuai dengan catatan orderan saya: Untuk jupiter z1 injeksi 2014. Pihak seller tetap mengirimkan produknya tanpa mengcancel orderan saya bila ternyata produknya harus dipotong dulu.

2. Seller sudah berbohong sejak awal dengan mengatakan produknya dapat dan cocok digunakan di jupiter z1 injeksi 2014 dengan menjawab diskusi produk dari saya. Bukannya jujur dari awal tapi seller tetap meneruskan aksinya berbohong dan mengirimkan orderan saya, bukannya membatalkan orderan saya.

3. Seller sudah siap dengan protes pelanggan dengan mempersiapkan file gambar yang sudah di edit dengan panduan memotong bagian kampas rem yang bermasalah agar dapat masuk ke rumah teromol si jupi. Cara seller menjawab inbox dan mengirimkan file tersebut sudah saya duga sudah dipersiapkan dengan baik karena responnya termasuk cepat. Nalarnya kan bila seller tidak mengetahui permasalahan soal siku kampas rem yang bermasalah itu dia akan butuh waktu lama untuk merespon karena harus mencari tau dulu bagian mana yang saya maksud, lalu memfotonya, kemudian mengeditnya dan menguploadnya dan mengirimkan link fotonya ke inbox.

Dari informasi tokonya seller ini menuliskan sebagai Distributor resmi Bendix dan barang lain lain.

Screenshot from 2015-09-03 01:14:04

Sebenarnya saya sudah menuliskan review dua produk ini di web resmi saya tp masih saya close. Jadi tulisan saat ini adalah tulisan baru karena tadi malam saya tanya produk berupa head unit led 3 sisi cob di tokonya yang mana saya juga tidak ingat ternyata saya bertanya ke toko si seller ini lagi, dan si seller menjawab “Tidak mau kirim barang ke saya karena saya sukanya memberi bintang 1”, bahahaha bener-bener kekanak-kanakan ya seller ini 😀

Nah karena seller jawab spt itu saya jadi mikir, apa saya pernah transaksi dng seller ini? Saya lalu cek daftar riwayat orderan saya di tokopedia dan ternyata saya menemukan oh ini adalah seller yang menjual kampas rem bendix ke saya dimana satu orderannya adalah orderan yang tidak sesuai untuk peruntukan motor saya padahal saya sudah beri catatan order untuk motor jupiter z1 injeksi 2014 dan si seller menjawab dapat dipakai dan cocok.

Sebenarnya saya tidak ada niat menulis artikel ini, tapi saya pikir setelah respon si seller menjawab diskusi produk head unit led itu saya jadi tau ternyata si seller lebih mengejar penjualan dan rating bintang dan belum ada perubahan sikap melayani calon konsumennya. Jadi disini saya berpikir harus ada tindakan untuk mengingatkan calon konsumennya khususnya yang berpikir untuk membeli produk bendix di seller ini.

Screenshot from 2015-09-03 01:13:43

Screenshot from 2015-09-03 01:12:26

Secara langsung pun saya sudah dirugikan waktu dan uang karena saya membeli dng catatan produk sesuai dan seller menyanggupinya. Saya rugi sebagian uang saya untuk kampas rem teromol bendix seharga 63rb belum termasuk ongkos kirim pake JNE-nya!

Screenshot from 2015-09-03 01:13:33

Waktu saya protes dan review produknya di halaman produk toko seller ini saya beri bintang 1, sebenarnya saya mau kasih minus nol – 0 untuk produk kampas rem teromol bendix itu, tapi sistem tokopedia tdk ada pilihan minus nol minimal 1 bintang. Berikut adalah review saya mengenai kampas rem teromol bendix di halaman review produk toko sellernya.

Screenshot from 2015-09-03 01:12:20

Saya sudah jujur apa adanya, bahwa saya tdk dapat me-review produk itu karena tidak dapat digunakan di jupiter z1 injeksi 2014 saya. Bukannya seller menawarkan penggantian produk tapi seller malah menjawab review saya dng tidak masuk akal spt diatas itu.

Seperti saya katakan diatas, sebenarnya saya tdk mau menulis artikel ini. Tapi saya punya dasar kuat mengapa saya boleh dan dapat menulis artikel ini:

1. Saya ditipu mengenai produk kampas rem teromol bendix. Tidak sesuai dengan yang saya order dari hasil diskusi dan catatan orderan.

2. Seller telah siap dengan protes ketidaksesuaian produk yang diterima konsumen dengan persiapan jawaban dan bukti foto cara potong kampas rem teromolnya.

3. Saya rugi biaya seharga kampas rem teromol dan biaya ongkos kirimnya.

4. Seller tidak menawarkan ganti rugi dan tidak jujur dalam menjawab hasil review produk. Bisa anda lihat dari gaya seller memberi respon sama sekali tidak menunjukkan empati dan rasa bersalah tapi lebih ke menghakimi konsumen.

Harapan saya adalah anda bisa mencari seller yang bertanggungjawab dan jujur dengan produk yang dijualnya, bukan seller yang sekedar berjualan demi omset dan rating semata.

Ingat, konsumen transaksi online juga dilindungi undang-undang transaksi. Penipuan informasi juga dapat diganjar hukuman perdata, dengan pasal 378 KUHP dan undang-undang informasi dan elektronik (UU ITE).

Oya, produk kampas rem teromol bendixnya masih ada nih di meja saya sebagai bukti nyata, sama sekali tidak tergores masih mulus 100% spt dari awal saya menerimanya. Saya tidak ada niat menjualnya ato memberikannya ke user jupiter lain agar ini bisa tetap saya jadikan bukti nyata!

Sekarang kalau mau belanja kampas rem online gak di toko situ lagi, ada kok toko online lain yang ngejual, gratis ongkir se-indonesia, plus dapat diskon pula, cobain aja belanja disini.

Iklan

35 thoughts on “Hati-Hati Membeli Kampas Rem Bendix

  1. Lagi search ttg kanvas bendix, malah nemu pengalaman yg mirip dengan saya , bahkan kerugian mencapai 6x lipat brg yg bro beli 😦 Karena sparepart yg dijanjikan ternyata tidak pnp. Rugi waktu, tenaga, material. Memang klo sparepart hrs ekstra hati2. Daripada uang melayang, brg jd pajangan dan berjamur :))

    Suka

    1. Klo agan dpt dr sales/penjual/distributor yg mau tggjwb sih aman gan tinggal balikin klo gk sesuai spek utk kendaraan yg dmaksud.

      Masalahnya makin banyak yg menjual tdk jujur menerangkan brg yg djual benar” sesuai spek PnP utk tiap kendaraan ini tipe penjual yg cuma jual lepas/demi omset doank.

      Semoga bisa dreturn gan.

      Suka

      1. Yup, betul itu. Masalahnya sellernya sepertinya tidak mau tau, karena brg sudah terkirim dan tidak saya komplain dr pertama. Sudah di hubungi via telp, tidak bisa d kembalikan, dtukar dengan barang lain tidak bisa. Hanya mau bantu mencarikan solusi yg tidak kunjung dtg. Sedangkan saya bawa ke beberapa bengkel ternama di kota saya saja tidak ada yg mau mengakali dan pasang.

        Semoga tidak ada yg bernasib sama lagi.

        Suka

        1. Sebut saja nama sellernya n alamat tokonya dsini gan biar nyebar jd berguna utk calon konsumen laen apalagi yg beli partai besar.

          Setau saya jika memang sudah disebutkan itu brg sesuai atau PnP utk kendaraan dimaksud n yg dikirim tdk sesuai itu dah melanggar hukum gan, itu penipuan bisa dbawa kjalur hukum. Jadi posisi agan aman n terlindungi krn ada payung hukum positif diatas syarat ketentuan belanja di toko ol/seller tsb.

          Kasih tau aja nama seller n alamat tokonya.

          Suka

          1. Saya masih tunggu kasih kesempatan, mungkin repot juga ya dianya. Coba setelah libur ini, awal bulan depan saya hubungi sellernya.
            Mudah2an dia masih beritikad baik.

            Maunya jg ditampilkan tp masih ada rasa kasihan, tp saya kasih clue saja, kalau beli rumah roller, variator, drive pulley atau apapun itu namanya, untuk matic terutama yamaha. Hati2 cari seller yg jujur, cek review / ulasan .

            Jangan mudah percaya embel2 Pnp.

            Suka

          2. Thx dah sharing. Dtunggu kelanjutannya nama n alamat sellernya bln dpn.

            Klo saya mau belanja dtoko ol saya gk mau percaya dng review,lbh baik tanyakan langsung kseller biar kita tau sbrp baik dia paham brg yg dia jual n berani gk kasih garansi brg yg djual sesuai foto produk atau deskripsi atau spek aslinya klo dia jujur ya semua beres tp klo sellernya macem” tinggal lapor/komplain k toko ol biar dmoderasi kan jd ada bukti” tuh.

            Dan saya lbh suka posting dblog saya ini utk review drpd dtoko ol ato komplain k cs produsen krn mrk sifatnya minim/close expose k publik jd publik laen mjd susah dpt perbandingannya.

            Salam.

            Suka

  2. Ane dah prnah pake bendix gan tp gw kecewa berat kualitasnya msh kalah ame kampas rem asli bawaan motor ane gan! Ckp sekali aje gw iseng beli kampas rem ini dvega gw.

    Gak rekomended dah!

    Suka

  3. Anjrit… seller gila tuh nyaranin potong siku rem teromol, part motor mah semua kudu akurat presisi gan. Gw aja punya bengkel kecil”an dkarawang kagak pernah seumur” gw usaha nyaranin sampe gtu k pelanggan gw. Mending gw cari aman daripada nanggung nyawa pelanggan.

    Salam dr karawang gan!

    Suka

  4. padahal sudah pernah beli nih bendix, v125 waktu itu aman, tapi sekian lama dipakai jadi bikin ban susah muter, dimasukkan ke beres diganti kampas ori jadi normal lagi, kirain lebih pakem ternyata sama aja dengan rem ori, malah lebh pakem merk2 thailand gk jelas gitu, harga murah pula ,

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s