Perawatan Pertama si Montok Honda Spacy

Hari ini saya memutuskan mulai memberi perawatan motor ala mas ferry untuk si montok spacy. Saya mulai dari hal-hal kecil saja sambil saya mengukur dengan mencari tahu apa ada masalah berarti dengan motor yang saya beli ini.

Saya mulai mengganti oli mesin yang entah aslinya dari pemilik pertama pake merek dan tipe apaan saya ganti dengan Oli Repsol Matic 10W/30 MB SJ yang saya tebus seharga 35rb saja di bengkel langganan – niatnya cari castrol matic tapi kagak jual. Selain beli oli saya juga mengganti kampas rem cakram di bengkel tersebut seharga 18.500 (kalau gak salah masih part dari astra juga). Selama itu part sudah SNI dan cocok untuk motor saya gak ada masalah dengan kelayakannya atau mereknya.

Saya juga membeli kabel speedometer di bengkel honda (karena ternyata gak ada di bengkel biasa – beda dari kabel spedometer umum yang 15ribuan gtu) karena dari sananya motor ini berada kabel ini sudah putus di bagian dalam tapi belum diganti, untuk kabel spedometer ori spacy ini saya tebus seharga 22rb saja.

Sampe rumah, langsung ganti oli dan pasang kabel spedometer. Nah saat mo ganti kampas rem cakram inilah saya kesulitan memasangnya, ternyata master kaliper rem cakramnya bongkarnya beda dari mio dan saya lupa bawa kunci ukuran kecil untuk membongkarnya. Alhasil saya pun membawa si montok ke bengkel ahass yang cuma berjarak 200m saja, bongkar pasang kampas rem cakram gak sampe 10mnt dan cuma keluar kocek 6ribuan saja untuk ongkos jasanya.

Selain itu saya juga mengganti oli transmisi-nya dengan yang bawaan honda saya tebus di bengkel ahass saat ganti kampas rem tersebut seharga 12rb saja.

Alhasil setelah ganti oli, si montok ini di jalanan datar pada kecepatan 60-80kpj mesinnya merespon lebih halus tapi masih bertenaga dan suara mesinnya benar-benar sangat halus tak terdengar di telinga saya yang kebetulan gak pake helm. Ini belum servis mesin dan bongkar cvt loh, tapi si montok sudah makin memanjakan saya.

Nah beberapa hari lagi si montok ini akan masuk bengkel lagi untuk servis mesin dan ganti vbelt biar lebih jozz performa standardnya. Setelah itu pasang busi denso iridium, pasang stabilizer aki, pasang koil racing, ganti headlamp dengan versi white 6000K philips m5. Mungkin akan saya pasang alarm juga untuk remote mesin. Tapi saya belum kepikiran ganti komposisi rollernya maybe some other time.

So, wait and see si montok berbagi cerita berikutnya.

Iklan

2 thoughts on “Perawatan Pertama si Montok Honda Spacy

  1. .
    itu ganti lampu standar dng bohlam philips M5 6000K ?
    yg 35 watt ? bukannya itu bisa merusak relektor lampu utama bahkan soket bisa meleleh.
    .
    lampu standar spacy cuma 30 watt.
    .
    lebih baik lampu hella 25 watt, lebih aman buat spacy.

    Suka

    1. Saya typo itu baru nyadar skrg, saya belinya philips kaki 1 yg H5 25 watt. Tp gk jd dpake, pakeknya autovision rainbow 25watt jg dah terang krn klo pake M5 philips yg saya beli itu 4000K cahayanya lbh k putih jd sulit nembus kabut dkota saya klo pake yg autovision segala sikon dah terang nembus kabut jg ok.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s