Honda Spacy, Si Montok Bohay Lincah

Kisah baru perjalanan kehidupan darat bersama si honda spacy mulai saya tuangkan di blog ini. Saya kasih nama motor ini dengan panggilan si montok bahahaha 😀

Dari segi fisik, saya yakin banyak dari anda yang pernah melihat spacy pasti berpikir motor ini ibarat kura-kura yang ndut dan pelan dan tidak lincah.

Kalau saya pribadi, saya tidak pernah memandang spacy dari pertama honda merilisnya dengan pemikiran seperti itu. Sederhana saja, apa sebuah perusahaan mau membuat produk dengan pemikiran seperti itu? Apalagi untuk sekelas produsen HONDA, hadeeuhh pasti-lah produk mereka dua jempol 🙂

Ok jadi saya membawa pulang si montok ini dari asalnya di semarang (tepatnya dari area pedurungan) jam 20.30 saya melaju menuju kota saya. Lumayan bensin masih setengah dan saya isi full tank di spbu pedurungan hanya mengeluarkan duit sebesar 12.500 saja. Dari hal ini saja saya sudah kaget, lah bukannya ini tangki volumenya 5 liter-an? Napa cuma 12.000 saja sudah full yak?

Dan perjalanan dimulai, seperti biasa keluar dari semarang menuju arah terminal bawen itu pasti selalu macet setiap saat, tau sendiri ini jalur dari kendaraan kecil sampe truk tronton sampe truk kemas pun lewat jalan ini! Belum lagi jalanannya menanjak beeuh harus telaten nge-gas. Saya tidak tanya kapan terakhir kali si montok ini di servis ato ganti sparepart mesin lainnya sebelum saya pulang, jadi dalam pikiran saya adalah saya harus pelan dan lebih berhati-hati narik gas pelan gpp asal selamat sampe rumah.

Ternyata eh ternyata, si montok yang gak jelas kondisi servis mesinnya ini langsung dapat memberikan performanya. Keluar dari banyumanik terus menuju terminal bawen si montok dapat berakselerasi dengan halus dan lincah menyalip kendaraan di depan dan tenaganya tidak tekor di kondisi jalanan menanjak.

Si montok berpantat bohay ini pun menunjukkan goyangannya, bahahaha.. ya motor ini langsung berlenggak lenggok menyalip mulai dari mobil, bis sampe truk kontainer pun dilahapnya dengan penuh gairah. Kemudinya benar-benar lincah dan ringan, pantatnya pun ikut manuver dengan cepat. Untuk sebuah matic berbody lebar, hal ini sudah mengesankan saya.

Dari semarang sampai akhirnya memasuki spbu terminal temanggung, bensin hanya terkuras 1/2 tangki saja (terlihat di jarum panel bbm) dan saya yang gak fokus lihat sisa bbm tersebut pun kaget juga saat hendak memasuki spbu. Saya pikir mungkin ada kesalahan di panelnya, saya pun membuka tangki bbm dan melihat ternyata bener bensin sudah berkurang dan masih ada sisa 1/2nya dan saya isi full tank lagi dan sama juga hanya keluar 12.000 saja!! Masih gak percaya juga masa perjalanan sejauh itu cuma habis setengah tangki saja? Untuk sebuah matic karburator tahun 2011 dengan kondisi mesin yang belum jelas servisnya saya tercengang juga dengan tingkat keiritan bbm spacy ini! Karena saat saya pake si jupi injeksi dari semarang sampe spbu ini paling tidak saya sudah mencapai isi bbm ke-3! Injeksi loh!! Lah ini yang masih karburator cuma kepake sekitar 2 liter-an saja dan keluar duit 12.000 doank? WOW! ya itulah perasaan saya waktu itu, dengan 2 liter matic ini dapat mengantarkan saya sejauh itu untuk saya pribadi hal ini masih mendapatkan nilai baik apalagi mengingat tahun motor ini sudah 4 tahunan dipakeknya!

Melanjutkan sisa perjalanan dari temanggung masuk parakan hingga menuju akhir garis jalan raya di terminal kertek wonosobo si montok ini dapat ditarik hingga 100kpj TANPA LIMBUNG TANPA GETARAN BERAT!! Hadeeuh bener-bener ini spacy dapat mengesankan saya, saat saya pake mio 2010 milik adik saya, diatas 90kpj pasti sudah bergetar dan kestabilan kurang bagus tapi pake honda spacy ini ibarat naek kapal laut yang bermesin halus dan kencang tidak berasa goncangan ombaknya.

Sampai di kota saya, mencari makan malam, dan menuju rumah lepas helm karena saya penasaran dengan suara mesinnya. Dan saya masih juga dibuat tercengang heran mana suara mesinnya? Untuk kecepatan 60-80kpj suara mesinnya berasa sangat amat haluuuuss mirip lelembut yang tidak bisa di deteksi keberadaannya.

Untuk sebuah motor matic ndut berkaburator tahun 2011 saya sudah mendapatkan kesan positif dari honda spacy ini. Perjalanan 3 jam membawa si montok berhasil diselesaikan, saya tidak merasakan pegal-pegal perjalanan di punggung, bagian paha hingga telapak kaki, bagian lengan pun masih nyaman, dan pantat saya pun juga pas dengan ukuran jok spacy ini. Tiga jam yang nyaman dengan matic spacy ini.

Dari tampak motornya waktu saya beli dan penilaian profil pemilik pertama saya tahu motor ini kurang diberi perawatan yang rutin/kurang serius. Tapi ini akan segera berubah setelah si montok berada di tangan saya.

Penilaian Pribadi Untuk Spacy 2011 Milik Saya:

  1. Nyaman
  2. Lincah
  3. Sangat Irit
  4. Mesin Halus
  5. Performa Oke

Overall saya beri nilai positif untuk spacy karburator 2011 ini.

Tinggalkan Balasan

