Mengapa Menggunakan Windows Phone

Ok, ceritanya di tulisan sebelumnya saya sudah menjelaskan saya telah memiliki sebuah windows phone 8.1 di tangan saya dari seri Lumia 430.

Kali ini akan membahas lebih ke arah sistem operasinya bukan device-nya, yaitu OS Windows Phone.Untuk anda yang sudah lama berkutat di komputer, saya rasa pasti anda mengenal sistem operasi Microsoft Windows. Bahkan saya yakin sekali mayoritas dari anda pasti inilah sistem operasi komputer pertama yang pernah anda gunakan di hidup anda! Hehehe πŸ™‚

Saya sendiri termasuk pengguna lama OS Windows ini, dari edisi Win 95 hingga seri saat ini Win 8.1 saya telah merasakannya. Memang tiap edisi selalu ada perubahan, dari perubahan minor sampai perubahan besar-besaran, terutama pada saat peluncuran windows xp, menurut saya itu adalah salah satu lompatan besar untuk Microsoft dan windows xp terbukti sangat laris manis dalam sejarah microsoft!

Sekarang saat masuk era semua dalam genggaman tangan kita, microsoft pun ingin ikut bermain untuk memberikan daya tarik berbeda. Perusahaan yang kita kenal dalam industri OS komputer ini akhirnya membeli Nokia, divisi telekomunikasi-nya. Dan perlahan lahan microsoft pun mulai membangun arah divisi barunya ke industri telekomunikasi dengan menggunakan brand Nokia dalam pengembangan produk smartphone-nya.

Microsoft tentu mikir, ini smartphone mereka mau di isi OS apaan ya? Pake iOS? hahaha jelas gk mungkin lah! Pake android? Hmm…kayaknya sudah umum. Ahh.. diversifikasi aja deh, pake OS baru aja, dan akhirnya microsoft mulai membangun os phone mereka sendiri, dan ketika meluncur ke permukaan, os phone milikΒ  mereka resmi mendapatkan nama Windows Phone OS.

Dalam perjalanannya, microsoft pun ingin membekali produk mereka dengan brand mereka sendiri, mereka ingin melepaskan nama Nokia (sementara), dan divisi telekomunikasi mereka ini dinamakan Microsoft Device.

Microsoft Device pun meluncurkan produk os windows phone milik mereka dengan menggunakan brand name Lumia. Ya, lumia yang dulunya milik Nokia saat ini digunakan di produk microsoft device sebagai seri windows phone milik mereka. Terdapat banyak seri windows phone lumia yang pada akhirnya beredar di pasaran. Setiap seri lumia memiliki karakteristik tertentu, ada yang memang untuk low end dengan spek rendah, hingga ada yang seri kasta tertinggi yang dibekali kamera yang hebat. Perbedaan utama setiap seri lumia biasanya ada di sektor hardware internalnya, secara bentuk tidak jauh berbeda (kecuali ukurannya).

Setelah kurang lebih 2 tahun menggunakan androis os di smartphone saya, dari android 2.3.x sampai seri 4.x dan 5.x, saya memutuskan mencoba smartphone windows phone, dan akhirnya saya membeli Lumia 430. Seri ini merupakan seri windows phone dari microsoft device, yang paling terjangkau. Saya berhasil mendapatkannya hanya dengan modal Rp.649.000,-.

Yang jadi pertanyaannya kemudian, MENGAPA MEMILIH MENGGUNAKAN WINDOWS PHONE?

1. PLATFORM: Untuk saya pribadi windows phone merupakan sebuah os yang dibuat pada perjalanannya untuk menjadi satu kesatuan dengan os induknya yaitu microsoft windows os (untuk komputer). Saya melihat Microsoft punya keuntungan / potensi besar dalam hal platform yang jelas dan lebih kuat karena satu hal aplikasi di dalam windows os dapat digunakan dengan baik tanpa harus terkoneksi ke internet. Jadi ini sudah satu nilai plus untuk Microsoft, disini mereka sudah memiliki platform induk yang besar dan jelas. Sedangkan google, kita lihat begitu banyak diversifikasi produk online mereka, ya saya katakan online karena pada dasarnya mereka gak jualan produk fisik dalam artian layanan mereka lebih banyak beredar di dunia maya yang harus digunakan dengan koneksi internet, jadi bisa dikatakan tanpa internet google tidak pernah akan menjadi besar dalam meluncurkan berbagai macam jenis layanannya yang ada hingga saat ini. Microsoft tanpa koneksi internet mereka jelas memiliki keunggulan berarti, sebuah os windows dapat berjalan tanpa koneksi internet, di dalamnya terdapat aplikasi yang bisa digunakan untuk kebutuhan kerja dan multi media tanpa harus terkoneksi ke internet. Dari sini saja platorm sudah menunjukkan perbedaan jelas. Platform inilah yang menjadi kecemasan google, mereka sadar windows phone punya potensi besar karena microsoft termasuk perusahaan yang kuat dan sudah memiliki ekosistem yang stabil di os windows komputernya, jika kelak windows os dan windows phone bersatu dan aplikasi di windows phone semakin variatif dan dua os mereka telah terintegrasi dengan baik, maka pengguna akan semakin dimanjakan dengan keuntungan ini. Sebuah layanan yang harus digunakan dengan koneksi internet terus menerus merupakan layanan yang lemah dibandingkan layanan yang dapat digunakan secara real tanpa koneksi internet, inilah kuncinya.

2. KEAMANAN: Microsoft termasuk perusahaan yang tergolong baik dalam menggunakan dan menjaga data penggunanya, mereka memiliki aturan lebih ketat dan fair dalam hal privasi data penggunanya dibandingkan google. Tidak serta merta data user dapat digunakan sebagai sumber uang untuk pengiklannya, tanpa menjual data penggunanya pun Microsoft sudah besar dimana sumber keuntungan utamanya dari penjual os windows itu sendiri. Jika kita merujuk ke google, mereka secara umum mendapatkan pemasukan dari pengiklan, mereka tidak benar-benar memiliki produk yang stand alone dalam artian bisa berdiri sendiri tanpa koneksi internet dan mendapat profit tanpa pengiklan di dalamnya. Jadi saya cukup hati hati saat ini dalam menggunakan produk google dan perlahan lahan sudah melakukan migrasi data ke layanan milik Microsoft. Saya sudah mengalihkan daftar kontak saya di Gmail Contact ke Outlook Microsoft, sudah mengalihkan isi Google Drive ke One Drive microsoft dan sudah mulai menggunakan layanan Bing. Sering di dapati masalah hal keamanan data dan privasi pengguna layanan google dan ini memang fakta sebenarnya, anda bisa cek salah satunya di Terms of services and privacy penggunaan gmail anda. Tentu hal yang aneh dan merugikan, bagaimana bisa disebut layanan gratis bila data pengguna dipergunakan sepihak dan mereka mendapatkan profit dari situ sedangkan pengguna sama sekali tidak mendapatkan profit materi dan diharuskan tunduk demi kelanjutan penggunaan layanan mereka, ini sungguh tidak adil. Saya menemukan seting lumia 430 windows phone dalam hal keamanan berjalan dengan baik, adil dan jelas. Kita bisa menseting keamanan dengan tanpa paksaan, bisa menseting keamanan data kita, keamanan untuk keluarga, keamanan untuk anak-anak, keamanan untuk tamu, bisa melacak handphone kita juga dan semua ini sudah satu paket standard dalam fasilitas windows phone, tidak di android os dimana beberapa fasilitas seperti ini harus dimasukkan dalam bentuk aplikasi terpisah (aplikasi – bukan fasilitas!). Jika anda perhatikan seksama seting keamanan di lumia 430 lebih sederhana dan ideal bagi penggunanya dibandingkan android os phone.

3. IKLAN dan PRIVASI: Saya beralih ke layanan microsoft karena saya sudah membuktikan layanan mereka yang saya gunakan: email outlook.com, gallery, one drive, bebas iklan dan aplikasi di dalamnya lebih bebas iklan. Khususnya layanan email mereka berbasis domain outlook.com. Ini sungguh nyata, saya belum pernah menemukan satupun ada iklan masuk atau terselip selama dua tahun menggunakan email outlook.com. Saya ada email berbasis gmail dan belum ada sebulan, sudah berisi iklan di sidebar halaman emailnya, dan anehnya, iklannya mayoritas persis dengan kebanyakan isi email saya. Di layanan microsoft, saya tidak dijual, user/pengguna dihormati hak privasinya. Ini sudah terbukti di windows phone, dimana amat sangat minim ada aplikasi menyisipkan iklan dan ini sangat membuat saya nyaman karena saya dapat menggunakan fungsi aplikasi yang ada tanpa perlu diganggu iklan yang nongol yang bermodus aneh”.

4. GAK RIBET: Microsoft memiliki layanan yang mudah digunakan, memang jumlah layanan mereka terbatas tapi mereka fokus. Walau jenis layanan mereka tidak sepopuler nama layanan google, tapi layanan dari microsoft memang bagus. Setiap layanan mereka terdapat fasilitas seting yang mudah dicari, digunakan dan diaplikasikan, lengkap dengan panduannya yang jelas. Saya mencoba menseting akun google saya, justru ribet karena terlalu banyak pengaruh ke layanan lain, begitu juga seting privasinya ribet. Disini layanan online microsoft lebih sederhana. Memang windows phone itu kurang dapat dicustomize, tapi disini menjadi letak kesederhanaan sistem operasi tersebut. Di dalam fasilitas windows phone kita dapat menemukan beragam setingan yang lebih mudah dan sederhana dibandingkan android os. Secara umum windows phone lebih sederhana digunakan, untuk pemula yang baru mengenal smartphone dan internet sistem operasi windows phone lebih tepat untuk digunakan, ibarat seperti seri-seri nokia lama mudah digunakan.

5. INTEGRASI: Saya memilih menggunakan layanan online microsoft karena pada dasarnya saya mencari layanan yang memiliki integrasi yang baik dengan perangkat komputer berbasis microsoft windows os untuk kebutuhan bekerja dan multimedia. Windows OS dan Windows Phone yang walau masih baru, tapi sudah memiliki integrasi layanan keduanya yang berjalan baik. Dan saya menunggu versi integrated di windows 10 yang akan menjadikan semua versi windows akan beroperasi dalam kesatuan yang lebih optimal.

6. KONEKSI INTERNET: Saya memerlukan sebuah platform dimana dapat digunakan sehari hari tanpa harus terkoneksi ke internet. Saya perlu yang real ada di depan saya, bukan yang hadir tapi harus terkoneksi ke internet. Disini microsoft sudah lebih nyata daripada google dimana windows phone sudah memiliki fungsi standard di dalamnya contohlah: Office ini sudah gratis untuk semua pemilik lumia windows phone. Here Maps peta offline gratis ini bisa bersaing dengan google map dan sudah tersedia satu paket dalam setiap lumia windows phone.

7. BANDWITH: Windows phone termasuk smartphone dengan penggunaan koneksi internet yang ramah di kantong kita alias lebih hemat dibandingkan android os ataupun iphone. Secara standard windows phone lumia sudah memiliki fasilitas pengaturan jatah bandwith dalam hitungan MB dan GB yang bisa diseting per one time, bulanan hingga unlimited. Dan setiap aplikasi yang menggunakan akses internet dapat dilacak penggunaan bandwithnya dan diberi pengaturan akses backgroundnya dimana ini belum menjadi fasilitas standard di google kecuali sebuah aplikasi di Disable atau dimasukkan dalam list firewall. Dan memang ini bawaan dari script os-nya juga dimana saya coba bandingkan contohlah aplikasi sosmed Path (android lolipop 5.01) di android dan windows phone lumia 430, melakukan aktivitas yang sama, pada akhirnya saya takjub path di windows phone memakai resources bandwith dan memory lebih rendah dibandingkan Path di android os.

8. KESEIMBANGAN: Saya memilih menggunakan windows phone karena saya mencari keseimbangan. Saya tidak bisa terus”an berusaha normal menerima fakta bahwa smartphone android os itu rakus memory, dan setiap model androis os yang bersifat open source membuat setiap device yang dirilis setiap perusahaan menjadi tidak ada standardnya: standard kenyamanan, standard keamanan, standard hardware dsb. Mungkin disini kita akan melihat android os phone tersedia begitu variatif di pasaran, dari model ram pas pas’an sampai ram 4GB. Untuk saya pribadi, pertanyaannya bukan di soal jumlah ram-nya, tapi menyikapi bahwa memang dari sumbernya dari aslinya itu androis os menggunakan jenis script language yang lebih mudah “dirangkai” namun kurang baik dalam hal manage resources khususnya di memory hardware device-nya. Ini akan terus menjadi dilema untuk android os, ada device yang akan mendapat update os terbaru ada yang tidak, ukurannya karena selain komposisi hardware yang terbatas juga karena tidak setiap os android yang ada bisa dengan mudah dioprek sesuai kebutuhan produsen untuk dikirimkan sebagai update ke device mereka masing-masing. Dan sekali lagi, pada akhirnya tidak akan ada kesamaan performa yang adil diantara semua device android phone. Saya ambil contoh saja: Lumia 430, sebuah windows phone dengan ram 1GB versus hape android apa saja di pasaran dng ram yang sama 1GB juga, disini sudah jelas terlihat jika anda mau mencoba membandingkan keduanya, anda bisa merasakan performa windows phone lebih stabil (walau aplikasi laen masih belum matang juga) walau ada beberapa aplikasi juga bekerja di background semua aktivitas lebih nyaman tanpa kendala, berbeda di android os phone 1Gb tidak akan cukup (katakanlah os android yg dimaksud disini pake versi 4.x saja dulu – masih tergolong baru – masih bisa disejajarkan dengan windows phone os 8.1). Di windows phone kita tidak perlu aplikasi seperti Clean Master yang sangat terkenal di play store itu, dimana bisa mengunci dan menonaktifkan aplikasi android yang memberatkan resources memory. Di windows phone manajemen memory lebih baik ketimbang android os jadi 1GB di windows phone itu sudah termasuk besar dibandingkan 1GB di androis os phone. Ibaratnya, di windows phone 8.1 itu bagaikan pakai laptop windows xp baru dengan ram 1GB alias sudah cukup dan lancar.

Saya tidak mengatakan windows phone itu os yang sempurna, os ini masih baru dan perlu waktu untuk tumbuh. Tapi dibelakang proses perjalanannya juga harus dilihat platform dan ekosistem os induknya karena nantinya kesemuanya menjadi satu kesatuan di era windows 10. Untuk anda yang kurang sabar menunggu windows phone bukan smartphone yang tepat, saya percaya anda akan memilih antara android phone dan iOs phone karena sudah matang ekosistemnya. Namun layaknya sebuah os phone lain, apapun memang membutuhkan waktu untuk berkembang dan menjadi matang dan saya ada keyakinan windows phone dapat bersaing dengan android os phone, iOs phone, bahkan blackberry os phone walau microsoft device perlu olah marketing yang lebih baik untuk mengenalkan windows phone hingga bisa dikenal seperti microsoft windows os itu.

Tapi disisi lain saya melihat windows phone os merupakan sebuah os yang bisa seimbang antara kegunaan untuk bekerja, bermain dan berekspresi hanya saja fasilitas dan aplikasi untuk ini memang masih kurang. Namun basicnya kegunaan diatas sudah ada. Microsoft masih perlu membangun fasilitas tambahan untuk windows phone dimana ini bisa digunakan di windows os juga.Β Beli smartphone lumia harga murah, gratis ongkir se-indonesia pula, saya belanjanya disini.

Jadi untuk saat ini bila membandingkan windows phone 8.1 dengan katakanlah android 4.4 hingga lolipop 5.01 bukan hal yang tepat. Tapi disisi lain windows phone memang basicnya sudah menyediakan fasilitas yang dimana belum ada di seri android terbaru diatas sekalipun.

Yang perlu dilakukan microsoft berikutnya adalah memastikan ketersediaan fasilitas dan aplikasi untuk windows phone selayaknya begitu banyak aplikasi di os induk mereka yaitu windows os. Kebayang gak sih kalau jenis-jenis aplikasi yang ada di windows os bisa ikut keangkut di windows phone? Ini bisa menjadi sebuah smartphone komputer dan ini akan sangat hebat!

Selain itu microsoft device sebaiknya memperbaiki fasilitas untuk windows phone yang lebih stabil dan beragam. Contohlah: perbaikan update here maps, perbaikan find my phone, perbaikan migrasi data dari os phone lain ke windows phone dsb.

Saya melihat windows phone akan menjadi sebuah os yang hebat karena bisa berimbang antara kegunaan bekerja, bermain, berekspresi. Masalahnya hanyalah waktu, kapan ini semua akan terwujud dalam bentuk yang lebih matang dan bisa memanjakan penggunanya.

We will wait and see πŸ™‚

22 thoughts on “Mengapa Menggunakan Windows Phone

  1. Eh. Nggak juga. Kata siapa os android itu manajemen memorynya kalah sama windows phone ?
    Google itu selalu memberi pembaruan pada os androidnya jadi menejemen memory nya bagus.
    Gak harus windows phone
    Windows phone jelek banget
    Bagus android

    Suka

    1. Bagus android dlm hal apa? jelek winphone dalam hal apa?
      Saya cuma bisa jawab; Android basicnya banyak dari java mas. Dan pihak google sendiri sudah mengakui mrk kalah dalam hal manajemen memory d android. Jadi klo dtanya kata sapa, kebetulan itu kata pihak google sendiri yg merilis android, mungkin mas ada baiknya coba ask to google? πŸ™‚

      Suka

  2. Apa sih alasan mengapa kebanyakan seri lumia blm support 4g lte, apakah karena 3.5 g sudah cukup? Sama bagaimana kualitas video 480p pada WP ?
    Mohon pencerahan

    Suka

    1. Menurut saya pribadi ada bbrp alasan microsoft device sbg produsen os win phone blm mengeluarkan edisi 4G:

      1. Network infrastructure, kebanyakan microsoft device mengeluarkan perangkat utk menyasar entry level untuk ‘mendampingi’ hp android kelas bawah yang masih blm terlalu membutuhkan 4G karena membangun (merubah) jaringan yg ada ke versi 4G sepenuhnya membutuhkan waktu tidak sebentar (bbrp thn), ini dari pengalaman saya sbg network engineer bts salah satu operator di indo memang melakukan upgrade jaringan dsb membutuhkan wkt tidak sebentar apalagi indonesia tersebar sampe gunung dan hutan juga bts-nya. Biasanya menjelang high traffic 1-3bln sdh kejar upgrade. Dng 3G saja mungkin microsoft device sudah merasa cukup utk memberikan koneksi data bagi usernya, dan toh lagipula urusan jaringan data bukan urusan resmi pihak penyedia/produsen mobile phone. Susahnya adalah membuat handphone baru itu lebih mudah dan lebih cepat daripada melakukan upgrade/mengembangkan jaringan telekomunikasi baru dikarenakan jumlah frekuensi itu terbatas dan pasti ada aturannya (ini biasanya sifatnya politisasi).

      2. Untuk hp lumia kelas 4G biasanya udah menyasar kalangan menengah ke atas itulah biasanya spek ditingkatkan, targetnya sptnya utk pekerja mobile (kantoran) yang lebih ke arah penggunaan pekerjaan kantoran dan yg membutuhkan kamera yg lebih baik untuk dokumentasi (balance). Dan kita tau biasanya kelas pekerja blue collar (kantoran) ada di kota” besar tertentu yang ketersediaan jaringan data yg lbh baik biasanya lbh diutamakan ada lbh dulu.

      3. Untuk kualitas video 480P pada WP ini perlu dijelaskan lagi, direkam pake kamera WP atau direkam dng device laen dan dimaenkan di WP video player. Sejauh saya pernah coba sih kemampuan video di lumia 435 sdh ckp, gk buruk amat juga gk bagus amat, ya bisa dikatakan masih wajar saja performanya walau gk sebaik os laennya. Karena seri yg saya gunakan memang utk entry level yg lebih ke penggunaan sms, telp dan koneksi data sederhana saja. Klo utk lumia seri 4G/menengah ke atas speknya videonya sudah diatas cukup atau bisa saya katakan baik. Untuk merekam video dng kamera lumia, ini juga hasilnya gk bagus utk lumia kelas bawah, utk kelas atas yg spek kameranya ok hasilnya utk saya pribadi bisa saya katakan bisa diterima.

      Salam.

      Suka

      1. Baiklah, sama bberpa seri lumia blm suport OTG, padahal kegiatan sy mbutuhkan itu, untuk seri lumia yg ingin saya beli antara 640 lte dan 730 mnurut beberapa review pun blm support OTG, apakah ada kemungkinan setelah mendapatkan update windows 10 final dpt menjalankan fungsi OTG, atau memang ke 2 device tsb memang tdk suport OTG

        Suka

        1. Sbnrnya ada rumor panas bahwa microsoft device akan menghentikan pengembangan WP krn penerimaan pasar jauh dr ekspektasi mrk.

          Setau saya thn ini mrk hanya rilis 1WP seri 6 sdh wp10 dan blm support otg.

          Bagusnya wp adalah sistemnya sangat jarang hang dan sistem mobile phone paling aman sejauh ini sangat sulit dtembus drpd android ios dan bb os.

          Mungkin klo butuh otg pakai android tp osnya yg msh asli semisal dr motorola moto g agar lbh lancar dpakainya drpd yg sdh custom pabrikan lain.

          Suka

  3. dari pertama pake lumia os 8.0 ampe w10 mobile, masih betah aja ane, ya walopun masih bnyak kekurangan dri ketersediaan aplikasi, tapi ttep mmbuat ane blom hijrah ke os tetangga, yg paling disuka dri performa anti lag dan kamera tentunya, TOP bnget dah πŸ™‚

    Suka

  4. Cobalah ikut windows 10 mobile insider

    Udah bagus klo menurut ane

    Malah ane makin betah pke nya karna jadi lbih mudah dan nyaman di pake

    Yg ane sayangkan hanya ga bisa instal manual sembarang aplikasi tanpa tanda tangan pengembang

    Suka

    1. Sebelumnya terima kasih sudah mampir dan memberi informasi tsb.
      Utk saat ini sayangnya saya blm bisa melanjutkan review utk OS WinPhone karena sudah tidak menggunakan lumia utk saat ini. Ikutnya windows os pc 10 developer.
      Utk winos phone memang semua wajib menggunakan digital signing utk aplikasi yang hendak di’setor’ ke windows store ini utk memastikan aplikasi tsb sudah lulus verifikasi dari tim winstore microsoft utk menghindari upaya aplikasi dummy/bermasalah kelak. Sbnrnya ini juga diaplikasikan di apple store tp hasil akhir di sistem memang winos phone lebih stabil dan paling aman sejauh ini. Utk tahun ini microsoft device hanya akan melaunching 1 unit lumia win 10 phone dng seri 6-nya.

      Salam.

      Suka

  5. Trmksh utk tulisan Anda. Membantu sy lbh yakin ditengah keraguan sy setelah membeli L430&tidak bisa download aplikasi dari bursa. (sy masih bingung bgm caranya)

    Suka

    1. 1. Winphone os memang masih ada kendala dalam hal download aplikasi di windows store walau kita sudah mengikuti prosedurnya. Dari pengalaman saya ini trjadi sesaat saja krn ada faktor x di dalam winphone os lumia yg saya pakai, biasanya krn hal memory dan kinerja yg sudah melampaui kondisi normal sistem akan melakukan pending download order dan instalasi, solusinya restart lumia dan langsung buka windows store utk download.

      2. Kondisi kedua ada di server windows store itu sendiri yg kurang merespon order download aplikasi yg kita pilih.

      3. Kondisi ketiga ada di hal dimanakah aplikasi yg di download akan tersimpan? apakah di memory phone atau memory card, bbrp aplikasi ada yg bisa terinstal di memory card bbrp lainnya hanya bisa didownload dan diinstal di memory phone. Jika menggunakan memory card pastikan memory card yg digunakan masih bagus, carilah yang UHC Class 10 (minimum) agar performa stabil.

      4. Sudah ada rumor dari internal microsoft device (divisi gadget phone mrk) ada kemungkinan windows phone os akan dimatikan/tidak lagi dikembangkan karena penetrasi pasar pengguna winphone os yang masih kecil (lemah). Jd saran saya gunakan winphone os sebagai smartphone cadangan saja, baiknya os winphone ini adalah sudah terbukti menjadi OS Smartphone yang paling susah dijebol keamanannya oleh para hacker jd bisa dikatakan untuk saat ini winphone os adalah os phone paling aman sedunia.

      Salam.

      Suka

    1. Gak ada, silahkan komen disini saja nanti bisa saya jawab via email langsung jd pertanyaan yg sifatnya tertutup via komentar tdk saya tampilkan di blog ini. Thx

      Suka

Tinggalkan Balasan

