Review Oli Total Hi-Perf 4T Sport+ 10W-40 di Jupiter Z1 Injeksi

Di dalam dunia otomotif, merek Total bukanlah pemain baru. Bagi sebagian besar orang, mendengar nama Total Oil biasanya langsung berpikir ke arah hasil bumi (bahan bakar) dan oli kendaraan roda empat. Ya ini tidak salah, untuk saya sendiri memang hal itulah yang langsung keluar di benak saya. Ketika mendapati bahwa Total pun mengeluarkan produk untuk motor, saya tidak berpikir pertama kali hal itu adalah oli motor.

Pertama kali saya mengetahui total mengeluarkan produk oli motor untuk kendaraan roda dua adalah melalui artikel di beberapa situs berita di indonesia. Memang berita ini termasuk sudah lama, namun saya kebetulan membacanya saja. Dari situlah saya mulai mencari keberadaan oli total untuk motor di beberapa area di indonesia. Tentu saya tidak mencarinya di kota asal saya karena dari berita tersebut sudah jelas oli ini hanya di tersedia di beberapa lokasi tertentu di area jakarta dan sekitarnya, itupun diutamakan di area spbu total. Jadi dari awal saja sudah jelas terlihat betapa sulitya mencari keberadaan oli motor merek total ini.

Dan akhirnya, saya pun berhasil mendapatkannya dengan susah payah melalui sebuah jalur distribusi surabaya. Coba satu dulu deh.

beli oli dan sparepart motor gratis ongkir se-indonesia dapat diskon pula masbro

SPESIFIKASI PRODUK:

  • MEREK PRODUK: Total
  • TIPE: Hi-Perf 4T Sport+
  • SAE: 10W-40
  • SERTIFIKASI: API SL, JASO MA2
  • JENIS OLI: Semi Synthetic
  • UKURAN: 1 liter / 1000ml
  • HARGA: Rp.51.000,- per botol
  • SEAL: YA, seal proteksi pada bagian dalam mulut botol
  • WARNA SEAL: Perak non hologram
  • WARNA BOTOL: Keemasan
  • WARNA OLI: Jernih Keemasan
  • ASAL PRODUSEN: Perancis
  • DIPRODUKSI DI: Singapura
  • PERUNTUKKAN: Motor Bebek dan Motor Sport, Non Matic

 

LET’S GIVE IT A TRY

Oli ini di tes dengan menggunakan:

  • Motor: Yamaha Jupiter Z1 Injeksi
  • Bahan Bakar: Pertamax full tank
  • Busi: Bosch Iridium
  • Ban Depan: IRC NR57M
  • Ban Belakang: IRC NR73
  • Electrical Stabilizer: YA
  • Seting Injeksi Controller: Standard Pabrikan
  • Penahan Kekencangan Rantai: YA
  • Kilometer Oli Awal: 9632
  • Berat Tester: 110kg (obesitas nih)

Botol oli ini menurut saya memiliki tampilan yang menarik, dilihat dari kemasannya saja saya sudah percaya dengan kemampuan olinya. Begitu melepas tutup botolnya, kita dapat menemukan sebuah seal standard berwarna silver/perak dengan logo dan tulisan total pada seal-nya. Setelah 800ml oli ini masuk ke dalam mesin jupi z1, saya melakukan 10x kick starter dalam keadaan kunci kontak off, maksudnya adalah agar oli mulai masuk ke celah – celah mesin. Kemudian kunci kontak diaktifkan, menyalakan mesin dengan kick starter tanpa masalah dan terdengar suara mesin yang halus. Saya mencoba memutar gas beberapa kali dan saya dapat langsung merasakan tenaga oli ini di dalam genggaman tangan saya, rasanya benar-benar terasa bertenaga, memang tidak seringan oli shell advance ax7. Kesan putaran gasnya itu bertenaga, nikmat dan bikin pede gtu loh setiap saya memutar gas si jupi z1, saya katakan pede maksudnya adalah sebagai pengendara  saya seperti mendadak percaya penuh pada oli ini bahwa di setiap putaran gasnya oli ini selalu bersedia memberikan performa terbaiknya. Sifat putaran gas-nya benar-benar terasa bertenaga, mengalahkan rasa putaran gas saat si jupi z1 menggunakan oli castrol power 1 yang sering digunakan jupi z1 saya. Dalam hal sifat ringan tarikan gas-nya, shell advance ax7 masih memegang tahta juaranya.

Dalam tes oli kali ini, jarak tempuh yang digunakan adalah sejauh 110km (PP), melalui jalur jalanan yang beraneka ragam: jarak pendek penuh tikungan, jarak menengah menurun dan datar, jarak menengah datar sedikit menanjak dan berliku. Area lokasi tes adalah wonosobo – ketep pass merapi di muntilan melalui jalur tembusan slento borobudur. Dipilihnya jalur tembus slento karena merupakan jalanan yang sempit, berliku-liku penuh tikungan (beberapa tikungan di tepi jurang), terdapat jalanan menurun, datar dan tanjakan yang sangat menguras performa oli dimana akan sering-sering melakukan perpindahan gigi dan dapat dirasakan performa akselerasi dan tingkat responsif oli ini setiap tarikan gas dibuka.

Di jalur slento yang penuh tikungan, tanjakan dan turunan, oli ini benar-benar dikuras habis-habisan saat saya mengolah gigi perseneling, di jalur slento ini kecepatan maksimum yang dapat diraih adalah 85km per jam karena ini merupakan jalur tembus yang sempit, hanya ada sedikit jalur lurus yang cukup panjang dan merupakan jalur tembus cukup padat sehari-harinya. Dalam menembus jalur slento ini hingga keluar jalur jalan raya purworejo – borobudur, puluhan kali ganti gigi naik turun namun perpindahan gigi masih berasa halus, tidak ada gejala slip kopling padahal ganti gigi juga saat masuk dan keluar tikungan, suara perpindahan gigi dari gigi 2 hingga gigi 4 berjalan baik tidak berasa keras, suara ganti gigi masih normal untuk pemakaian di motor saya. Untuk oli yang baru di tes, rasa perpindahan gigi ini menyerupai saat si jupi z1 menggunakan castrol power 1 gold bottle, namun soal rasa halus perpindahan gigi shell advance ax7 masih juaranya walu memang cukup sering slip kopling sih shell ini.

Begitu keluar dari slento, masuk ke area jalan raya purworejo – borobudur, inilah jalur yang saya nantikan. Jalan raya ini merupakan jalanan turunan yang menarik karena kontur jalan yang lurus, halus dan rata sekitar 2km hingga menuju tikungan pertama ke arah kanan benar-benar selalu saya manfaatkan secara maksimal. Jalur inilah yang biasa menjadi jalur uji coba pertama saya untuk menguji performa oli secara maksimum, disinilah saya dapat memutar bukaan gas motor dengan hampir maksimum dan pada jalur ini si jupiter telah mengganas hingga 123km dan masih tersisa bukaan gas untuk diputar. Begitu melewati tikungan kanan pertama, jalur selanjutnya merupakan jalur datar lurus dan rata, setelah melewati pasar siapapun dapat menggeber kendaraan dengan puas karena jalan raya ini termasuk cukup lebar, tidak begitu padat kendaraan di kedua sisi jalannya, jalan raya yang mendatar dan lurus ini menyediakan jarak sejauh 5km hingga mencapai pertigaan bundaran arah kiri ke magelang dan lurus ke arah borobudur. Dalam jarak 5km ini dari pasar hingga sebelum mencapai pom bensin pertama, si jupi bertenaga oli Hi-Perf 10W-40 4T Sport+ dapat digeber hingga 110km.

beli oli dan sparepart motor gratis ongkir se-indonesia dapat diskon pula masbro

jupiz1_total_masferry

Kemudian tes maksimum ketiga adalah ketika melalui jalanan candi mendut menuju pertigaan lampu merah arah jogja dan muntilan, jalur ini merupakan jalur jalan yang lurus mendatar, kondisi kontur jalan rata tidak berlubang dan memiliki jarak tempuh sekitar 4 – 5km. Si jupiter z1 dapat digeber seganas 120km dengan kondisi getaran mesin yang halus, dalam tes kali ini jalanan cukup padat di sisi jalan yang saya gunakan. Untuk sebuah oli yang baru digunakan yang dapat digeber diatas 100km dan kondisi getaran mesin masih nyaman di kaki, untuk saya pribadi ini sebuah acungan jempol.

Setelah memasuki area jalan menuju ketep pass, oli ini harus membuat saya percaya bahwa jalanan lurus sedikit menanjak dapat membuat saya nyaman nge-gas hingga sampai lokasi. Jarak tempuhnya adalah 20km dan jika anda lihat di peta jalur ini sebenarnya ini jalanan menanjak, karena letak Ketep Pass Merapi memang di dataran yang cukup tinggi. Di jalanan ini saya sangat menikmati view sepanjang jalan, dan performa oli tetap bertenaga di jalanan agak menanjak ini hingga saya mencapai puncak parkiran ketep pass. Untuk sebuah oli yang baru digunakan yang dapat memberikan tenaga konstan 40-60km yang baik di gigi 3 pada jalanan cukup menanjak memang tidak mudah, dan oli ini telah membuktikan keberhasilannya dengan baik.

Untuk sebuah mesin 113cc, dengan kompresi 9:3 berbahan bakar pertamax full tank plus berat pengendara 110kg menurut saya oli ini benar-benar memberikan kepuasan tersendiri. Tenaga yang dihasilkan oli ini untuk si jupi z1 benar-benar stabil di semua level gigi menengah hingga top gear, cocok di jalanan macet perkotaan (belum di tes dengan mesin kompresi lebih besar SOHC dan DOHC dng sistem pendigingan radiator) dan luar kota, tarikan atasnya (diatas 100km) benar-benar nyaman bertenaga, dan ketika mesin mencapai titik panasnya oli ini pun tidak melempem. Akselerasi oli ini dari gigi 1 hingga gigi 4 berasa spontan dan dalam pemakaian jalanan berliku respond oli ini benar-benar baik seperti berasa tenaga tidak pernah loss. Getaran mesin termasuk normal pada putaran gas tinggi tidak membuat telapak kaki saya mual hehehe…

Dan esok harinya saya mencoba tes oli ini pada jam tiga dini hari (dingin berkabut), menyalakan motor dengan kick starter tanpa kendala walau perlu dua kali dicoba. Disini saya ingin merasakan apakah oli ini dapat membangunkan mesin jupi dengan mudah di cuaca dingin dan berkabut tanpa  menggunakan electrik starter dan saya merasa untuk urusan menyalakan mesin manual di cuaca dingin oli ini hanya mendapat ranking cukup baik. Namun tenaga puncak yang dihasilkan dalam kondisi dingin masih tetap menjanjikan. Di kondisi dingin oli ini sangat baik dalam menjaga performa puncaknya, saya tes keesokan harinya dengan berangkat ke semarang berangkat jam empat pagi, dan saya benar-benar tercengang dengan smooth-nya oli ini ketika sudah keluar dari wilayah temanggung, oli ini benar-benar menggila di kondisi cuaca suhu dingin diperjalanan karena mampu membuat mesin jupi z1 saya benar-benar smooth bahkan di kecepatan 100kpj getaran mesin tak terasa di telapak kaki dan ini pertama kalinya saya mendapatkan pengalaman seperti ini dengan berbagai macam oli motor di suhu dingin dalam perjalanan luar kota.

Oli produsen asal perancis yang dibuat di singapura ini yang dibanderol dengan harga Rp.51.000,- ini menurut saya pribadi memberikan performa lebih dari harga yang ditawarkannya. Selain itu oli ini dikemas dengan bentuk dan warna botol yang bagus, memberi kesan oli ber-performa baik di setiap tetesnya dan sudah mengaplikasikan seal proteksi di mulut botolnya, ya walau seal-nya masih standard sekedar logo timbul bukan tipe hologram tapi masih lebih baik daripada tidak ada seal sama sekali, andai bisa diberi seal hologram seperti oli castrol power 1 gold bottle pasti lebih baik lagi untuk menghindari produk aspal (padahal oli castrol power 1 gold bottle harganya lebih murah loh).

Jika bicara tentang performa, oli ini secara pribadi dari saya mendapatkan nilai sempurna. Namun performa oli ini agak sedikit tercoreng dengan sulitnya mendapatkan oli ini di wilayah indonesia. Jadi hanya untuk anda yang benar-benar ingin sekali mendapatkan oli bagus untuk motor anda yang akan berjuang mendapatkan oli ini sampai di tangan anda. Nilai minus untuk distribusi oli ini. Oli ini ibarat sesuatu yang sangat bertenaga dibalut kelembutan dan nafas yang sangat panjang, begitulah saya mengumpamakannya.

beli oli dan sparepart motor gratis ongkir se-indonesia dapat diskon pula masbro

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Walau memang tidak mudah untuk mendapatkan oli ini, namun performa oli ini memberikan kepuasan tersendiri bila anda berhasil mendapatkan oli ini untuk motor anda! Di rentang harga di bawahnya, anda bisa mendapatkan oli spek 10W-40 serupa lainnya yaitu: Castrol Power 1 Gold Bottle, Shell Advance AX7, Repsol, Pertamina Enduro Racing, dan beberapa merek lainnya.

Oli Total Hi-Perf 10W-40 4T Sport+ Semi Synthetic API SL JASO MA2 menurut saya termasuk oli semi synthetic dengan nilai Price to Performance yang dikemas dengan harga yang tepat dan performa oli sangat baik dan memberikan pengalaman berkendara yang memuaskan!

NILAI AKHIR HASIL REVIEW PENGGUNAAN PRIBADI SKOR 1-5 (makin besar makin baik):

  • Akselerasi: 5
  • Responsif: 5
  • Tenaga: 5
  • Redam Getaran Mesin: 5
  • Anomali Cuaca Panas: 5
  • Anomali Cuaca Dingin: 5
  • Putaran Gas Ringan: 4
  • Price to Performance: 5
  • Distribusi Oli: 2

Perlu diketahui, penilaian produk tidak menjadi tolok ukur performa final yang konsisten yang dihasilkan setiap waktu, hasil akhir dapat berbeda pada setiap kendaraan bermotor. Saya tidak pernah menyarankan anda mengikuti apa yang ditulis di artikel ini, segala tindakan anda yang mengacu dari artikel ini merupakan tindakan yang menjadi tanggung jawab pribadi. Harga produk dapat berbeda di setiap area jualnya. Utamakan keselamatan berkendara di jalan raya, hormati hak pengguna jalan raya lainnya.
One thought on “Review Oli Total Hi-Perf 4T Sport+ 10W-40 di Jupiter Z1 Injeksi

  1. castrol P1 menang kadar TBN nya.. kadarnya 9,6. jauh diatas rata rata kadar tbn oli motor pada umumnya… artinya daya bersih jelaganya dan menjaga dari karat lebih baik…

    Suka

Tinggalkan Balasan

