Review Oli Total Hi-Perf 10W-40 4T Sport+

Dalam hitungan 1 tahun ini sudah untuk kesekian kalinya saya mengganti oli jupiter z1 injeksi. Semua demi performa maksimum yang dapat diraihnya. Kali ini saya akan menggunakan oli motor buatan produsen asal perancis yaitu Total Oil.

Total Oil bukanlah pemain baru dalam industri pengolahan hasil tambang bumi dan di indonesia nama total oil sudah cukup dikenal hingga ke beberapa kota kecil di Indonesia. Oli total yang kali ini menjadi bahan gempuran di mesin jupiter z1 adalah Oli Total Hi-Perf 4T Sport+ SAE 10W-40. Ya saya masih bertahan dengan spek oli 10W-40 πŸ™‚

total_oil_1_logo

Awal mengenal merek Total sptnya saya harus flashback sebentar, dulu saya pernah melihat tulisan dan logo total dalam pagelaran WRC, kemudian seiring waktu saya pun memiliki seorang teman yang bekerja di Total Oil di kota Balikpapan, Kaltim. Hehe walau berteman tp sangat jarang membahas tentang perusahaan total tempat dia bekerja, malah kebanyakan curhat pribadi temen saya itu πŸ˜€

Ok, apa alasan saya memilih untuk membeli Oli Total ini?

  • PENASARAN! Ya spt biasa, rasa penasaran pasti terlebih dahulu muncul. Penasaran disini karena saya belum pernah mencoba satupun oli total ini, penasaran kedua adalah karena saya mikir apa bener oli total membuat oli untuk motor? Karena selama saya kenal merek total, saya ngertinya ini merek jualan bahan bakar dan oli untuk kendaraan mobil dan sejenisnya bukan untuk oli motor!

total_oil_2_logo

Karena mulai penasaran akan kebenaran kabar bahwa ada kok oli total untuk motor, maka saya mulai mencari tahu dan akhirnya menemukan oli total dng spek 10W-40 yang sudah sertifikasi JASO MA2 ini. Saya pikir ini oli pasti bagus karena selain sudah sertifikasi API SL, oli ini pun sudah dapat sertifikasi JASO MA2 yang mana saya ‘nangkapnya’ ini oli cocok untuk mesin kendaraan motor buatan jepang, ya salah satunya disini merek Yamaha untuk Jupiter Z1 Injeksi milik saya.

Saya membaca beberapa artikel news pers di media massa indonesia (online) memang ditemukan informasi produk launching oli merek total ini, tapi masalahnya adalah tidak ada satupun dari berita itu yang menyodorkan informasi dimana bisa membeli oli ini diluar wilayah jangkauan spbu total tsb, artinya.. sangat mustahil anda bisa mendapatkan oli ini dengan mudah di kota kecil, bak mimpi di siang bolong rasanya!

Untuk mendapatkan oli merek total ini memang susah bila kita tinggal di kota kecil di Indonesia, jika pun anda tinggal di kota besar, tidak mudah juga mencari oli ini! Semua ini adalah masalah kendala distribusi produk oleh pihak distributor utama produk ini di Indonesia. Saya pun tidak mudah untuk mendapatkan oli ini, dari hasil blogwalking baca” blog ini itu, semua bisa dikatakan dapat oli ini di SPBU TOTAL OIL dan ini tentu kita sudah tau lokasinya terbatas di bbrp wilayah di jakarta dan sekitarnya.

total_oil_13_logo

Terus mencari di google, sampailah saya di tiga lapak online. Dan akhirnya salah satu seller menyediakan oli ini dan bersedia bekerja sama mengirimkan oli ini ke alamat saya dng cara unik. Cara unik disini adalah saya meminta pihak seller menuliskan “AKSESORIS MOTOR” pada bungkus luar paket ini. Paket oli ini sendiri dikirimkan dng menggunakan jasa JNE, saya pakai servis OKE toh sama saja sampenya ke agen jne di kota saya tetep 3 hari dan hari ke-4 dihantarkan, tp saya ambil langsung di hari ke-3 di kantor agen jne. Untuk yang belum tau, mayoritas ekspedisi di Indonesia sekarang makin sulit untuk menerima paket berisi cairan, makanya mau gk mau ya sedikit boong lah ttg isi paketnya spy bisa tetep diterima utk dikirimkan. Well, saya rasa oli dalam botol sudah dikemas rapat dan memiliki ketahanan kuat terhadap benturan dan jatuh tidak akan segitu mudahnya bocor atau memiliki pengaruh kimia meledak lah di dalam perjalanan baik darat laut dan udara. Tp ya ini dari pemikiran saya sih, tentu para ahli lain pemilik jasa transportasi ekspedisi punya pendapat sendiri.

Ok balik lagi ke oli-nya…

Oli total ini memiliki spek:

  • 10W-40, API SL, JASO MA2
  • Semi Synthetic
  • Improved Power and Acceleration

Benefits:

  • Kekentalan pelumas terkontrol dan beradaptasi dengan suhu mesin.
  • Melapisi ring piston agar tidak tersangkut saat mesin bekerja.
  • Tekanan oli cepat naik membuat tenaga mesin lebih optimal dan mesin mudah dihidupkan pada kondisi suhu dingin.
  • Aditif antioksidan sehingga masa pakai oli lebih lama dan lebih efisien.
  • Bahan dasar pelumas melindungi setiap plat kopling sehingga mencegah keausan dan gejala slip.
  • Dapat digunakan untuk mesin injeksi dan non-injeksi.

Seller menjual oli ini dengan harga Rp.51.000,-, ditambah ongkir via JNE OKE ke alamat saya Rp. 21.000,-. Berat kirim dari seller tertulis 1.1 kg.

Update 19/4/2015: Review oli ini akan menjadi oli terakhir yg saya uji.
Segera anda dapat membaca full reviewnya di website saya di http://www.motoriderindonesia.com

8 thoughts on “Review Oli Total Hi-Perf 10W-40 4T Sport+

  1. wahh padahal castrol power 1 nya saya sudah pakai 2 kali-_- bagusan mana om ? komparasinya nanti aja hehe ini mau di pakai ke motor satu lagi jadi biar tau

    Suka

    1. 2hr lalu saya dr semarang PP dng jupi saya dan oli total. Hasilnya hehe..tungguin aja dweb saya ya πŸ™‚

      Yg jelas surprise dan mjd oli terakhir utk saya uji!

      Suka

Komentar ditutup.