Pertimbangan Membeli Motor Bebek vs Motor Sport

Dari judulnya pasti sudah ketebak donk artikel ini akan membahas tentang apa?

Beberapa hari terakhir saya kepikiran tentang jenis motor yg saya inginkan, di dalam hati saya kepingin beli motor sport tp disisi lain saya sudah punya di bebek jupiter z1.

Kepikiran terus menerus beli tidak beli tidak. Sampai mengikuti alam bawah sadar ini dan mengunjungi dealer kawasaki, honda dan yamaha (sorry bro, suzuki off the record). Sesampainya di dealer tengok sana sini coba bbrp motor sport dr honda verza, megapro, cbr 150 streetfire, new vixion, r15 dan kawak ninja z250. Kebetulan dlm survey coba motor ini saya carinya motor sport yg tdk terlalu gede bodynya.

Sudah dicoba berbagai tipe pilihan saya kok malah jatuh ke honda verza πŸ˜› entah knp ya kok lbh ngerasa fit aja dpakeknya lbh ngepas rasanya dpakai walau dr segi estetika bentuknya bukan idaman saya sih, klo dr segi bentuk motor ini indah sih tp kurang greget aja dmata saya. Tp keindahan bentuknya inilah jd lbh bebas masuk kalangan pengguna dr remaja hingga bapak” pun cocok, gk terlalu sporty juga gk terlalu oldy πŸ˜€

Dan akhirnya pulang ke rmh bawa selembar brosur kredit motor honda. Mulailah kepikiran kredit motor honda.

Dan sampai disini saya memandang si jupi yg sudah kinclong, melihat bentuk jupi z1 yg bener” punya daya tarik yg wow banget, berasa punya cew amerika latin saja klo liat bentuk si jupi πŸ˜€

Lalu mulailah mikir pertimbangan membeli motor sport atau tetap satu hati dng si bebek jupi..

honda verza 150cc

Anda pasti paling tdk pernah merasakan kegalauan antara memilih jenis motor yg anda inginkan berbanding dng yg anda butuhkan. Ironi ini akan terus berlangsung bila ego makin menguasai hati dan pikiran anda.

APA ALASAN ORANG BELI MOTOR SPORT?
1. Gagah pastinya: dari bentuknya yg lbh gede, lebih berotot, dan kesan lbh bertenaganya jd pertimbangan ego kita.
2. Biasanya dibeli krn org sudah mapan/ingin merasakan naik motor tanpa banyak beban. Cukup motor plus pengendara dan pembonceng, no more than it.
3. Lebih percaya motor sport itu lbh bagus utk penggunaan jarak tempuh yg jauh dan lbh nyaman.
4. Harga yg selangit tdk sebanding dng rasa ego utk memilikinya walau kadang tdk sesuai kebutuhannya.
5. Harga motor sport gk mudah turun di pasaran setelah memilikinya.
6. Ada kesan wow factor bila dpt memiliki sebuah motor sport.

Jupiter Z1 Injeksi 2014

LALU MENGAPA MEMBELI MOTOR BEBEK?
1. Saya membeli krn motor bebek lbh tangguh urusan kelincahan.
2. Saya membeli krn motor bebek masih memiliki ruang utk membawa barang tambahan. Anda bisa taruh di bagian tengah hingga bagian dlm bagasi. Utk motor sport jangan harap ada bagasi bawaan, anda harus keluar duit lagi utk beli box baggage dan rangka box-nya, atau yg sederhana saja tank bag (tas tangki).
3. Biaya perawatan lbh ringan dibandingkan motor sport.
4. Teknologi motor bebek sejauh ini lbh di dahulukan drpd perkembangan teknologi motor sport. Artinya dimata produsen motor, jenis motor bebek lbh banyak pasarnya ketimbang motor sport.
5. Harga lbh terjangkau.
6. Motor bebek bisa multi fungsi dlm peruntukkannya.
7. Lebih mudah dipakainya ketimbang motor sport.
8. Berat motor bebek tdk seberat motor sport.
9. Lebih mudah dikendarai daripada motor sport (perbandingan kopling otomatis di bebek dengan kopling manual di motor sport).

Dan setelah dapat sekian jawaban diatas saya akhirnya memutuskan menunda dulu utk membeli motor sport.

Pertimbangan saya:
1. Masa mau pake motor sport utk angkut barang” dari belanja di pasar? Emang gampang gtu?
2. Jarang digunakan, saya rasa beli motor jenis sport/laki utk saya saat ini belum terlalu urgent krn toh si jupi masih mampu memberikan pelayanan di dalam kota hingga luar kota dng baik.
3. Saya tipe penjelajah luar kota dng barang bawaan yg tdk sedikit, jd blm bisa saya bayangkan bila keluar kota pake motor laki cuma bawa satu tas ransel saja. Bila hrs tambah tank bag itupun saya menolak krn buat saya faktor keamanan nomor satu tp bila hrs pake side bag saya msh oke oke aja. Pake box baggage? Gak kebayang lg dah berat motor makin ke buritan dan kebetulan utk saya sendiri liat motor sport pake box baggage motor gtu kesannya kok gak sporty bingit, mirip motor tukang reparasi aja πŸ˜€

Buat saya motor laki/sport memang kesannya diperuntukkan utk owner mandiri yg tidak banyak aktivitas banyak brg bawaan extra jd bener” utk fungsi enjoy self driving experience krn kurang tepat bila motor sport/laki diterapkan jd motor multiguna spt motor bebek kesan sportynya bisa luntur.

Mungkin kelak klo saya sdh dpt tempat sendiri dan keluarga bisa ditinggalkan baru saya beli motor sport, ya paling tidak kan gk ada acara bawa barang belanjaan ini itu diatas motor πŸ˜€

Buat apa beli motor klo lbh sering dianggurin juga? Ya itu salah satu cara pandang saya sih. Kesannya sia” udah beli mahal tp jarang dipakeknya, krn bingung gk ada moment utk memakainya di acara/keperluan aktivitas apa.

Jadi bila hendak memiliki motor, untuk saya pribadi saya harus bisa melihat jernih antara kebutuhan keperluan penggunaan motor dengan keinginan punya motor tipe tertentu yg seringkali pada akhirnya tidak sesuai utk keperluan penggunaan sesuai aktivitas rutin yg ada di cerita kehidupan saya saat ini.

Bagaimana dng anda??

Posted from WordPress for iPhone

Iklan