Review Oli Shell AX5 di Yamaha Jupiter Z1 Injeksi

Masih tentang oli, hmm dalam 8 bulan pemakaian jupiter z1 injeksi, saya sudah beberapa kali mengganti oli mesin dengan beberapa merek berbeda. Jika diingat-ingat diluar oli gratis service rutin, saya sudah menggunakan oli pertamina enduro racing, oli shell ax7, 2x oli castrol power 1 gold bottle dan kali ini saya akan mencoba menggunakan oli Shell AX5.

Tiga hari yang lalu saya mengganti oli mesin motor saya, walau masih digunakan sejauh 1441km dengan oli castrol power 1 gold bottle saya putuskan untuk segera menggantinya, karena saya menghitung jarak keperluan keluar kota dalam beberapa hari mendatang PP bisa mencapai 630km. ax56Jika ditambah total perjalanan 1441km tersebut tentu sudah mencapai 2000an km lebih dan sudah overlimit untuk saatnya mengganti oli mesin. Daripada kelimpungan mentok mendekati 2000km pemakaian oli terakhir dan saya masih diperjalanan, lebih baik saya menggantinya dulu sebelum lupa ganti oli lagi.

Ok, saya kembali ke bengkel langganan, dan saya menemukan oli repsol, oli castrol, oli pertamina enduro, oli motul 3100, oli shell ax7, oli shell ax5. Hmm…saya masih belum mencoba motul tipe 3100 karena dari sesama teman yang pernah pakai mengatakan ini oli kualitasnya sudah berubah diatas km 300 dan ketika pada suhu panas stop and go oli ini kurang baik dalam menjaga mesin tetap adem. So akhirnya saya pilih dulu oli shell ax5 dengan pertimbangan oli shell masih bisa bertahan diatas km 500 pemakaiannya.

Jadilah saya beli shell ax5 seharga Rp.31.000. Oli ini memiliki spek API SL, viskositas 15W-40 dan berkapasitas 800ml. ax51

Oli ini sebelumnya sudah saya duga adalah adiknya shell ax7, saya juga tidak terlalu berharap dengan AX5 ini, saya hanya ingin mengetahui apakah oli ini cocok untuk motor saya dan karakter saya diatas motor jupi.

Dan ganti oli sendiri lagi, lebih baik begini daripada tambah 2 ribu di bengkel langganan 😛

Oli telah menggantikan jiwa castrol power 1 gold bottle, dan selama 3 hari ini saya melakukan pengetesan kemampuan oli shell ax5 ini di motor jupiter z1 injeksi saya.

Oli shell ax5 memiliki kekentalan yang lebih tinggi daripada shell ax7, saat pertama kali mesin dinyalakan, suara halus mesin yang keluar dari knalpot benar-benar menjadi ciri khas oli shell. Gas pun diputar dan rasanya tidak seringan putaran gas dengan oli shell ax7 bahkan tidak seringan castrol power 1 gold bottle. Putaran gasnya memang berkarakter ckp berat seperti memberi tanda bahwa kontrol gas tidak akan loss di tangan saya jadi spt berasa mencengkeram sesuatu yang nyata karena putaran gasnya tidak ringan.

Dibawalah ini motor keluar pitstop 😀 menuju sirkuit jalan raya, dicoba pelan pelan dulu sejauh 5km lalu menuju jalanan datar yang cukup halus dan perlahan lahan jalanan mulai menurun dan semakin halus, saya merasa perpindahan gigi tidak begitu ringan jika dibandingkan shell ax7 dan castrol power 1 gold bottle, dari gigi 1 ke gigi 2 speedometer menunjukkan 40km getaran mesin sudah mulai terasa, berpindah dari gigi 2 ke gigi 3 di 60km getaran mesin masih berasa. Saya memutar gas makin dalam, perpindahan gigi 2 ke 3 di 80km getaran mesin masih terasa nyata. Dan akhirnya saya berada di top gear 4 dan saya membetot gas maksimal pada jalanan agak turunan dan si jupi dapat berlari sejauh 110km per jam saja.

Saya katakan 110km saja karena saya mendapati getaran mesin benar-benar sudah memberi rasa tidak nyaman ke tubuh saya dan itupun mencapai 110km karena saya menarik gas di jalanan yang menjelang turunan jadi membantu akselerasinya.

Cuaca dingin setiap hari di kota saya pun tidak ikut membantu meningkatkan performa oli ini di motor saya, bahkan sampai rumah saya yang jelas dingin dan mulai berkabut pun perlu waktu hingga 2jam lebih ax55agar blok luar mesin benar-benar cooldown, ini sesuatu yang saya tidak temui di oli castrol power 1 yang lebih cepat mendinginkan mesin dikala mesin mati.

Pada kondisi lampu merah, stop and go di jalanan datar saya mencoba berakselerasi dengan oli shell ax5 ini, dan jujur saya kecewa dengan performa oli ini, saya rasa oli ini hampir menyerupai oli pertamina enduro racing tapi performa enduro jauh lebih baik di jupiter z1 saya baik dalam kondisi low speed hingga high speed.

Memang saya tidak dapat langsung membandingkan oli ini dengan shell ax7 dan castrol power 1 gold bottle, karena tingkat viskositas ax5 pun berbeda dia punya 15W-40 sedangkan dua oli yang saya sebutkan sebelumnya memiliki viskositas 10W-40. Oli mesin yang lebih encer lebih mudah masuk ke celah ruang mesin dan umumnya tarikan gas menjadi lebih ringan.

Kemungkinan besar oli shell ax5 ini hanya bertahan 700km saja di ruang mesin jupi, sehabis saya pulang dari luar kota saya akan segera mengganti oli lagi…hmm mungkin mencoba motul 3100 itu??

So, inilah dia vonis OLI SHELL AX5 di Yamaha Jupiter Z1 Injeksi:

  1. Responsif: 3
  2. Putaran Gas Ringan: 2
  3. Tenaga Low Speed: 2 (gigi 1 – 3)
  4. Tenaga High Speed: 2 (gigi 4)
  5. Meredam Panas: 2
  6. Meredam Getaran Mesin: 2
  7. Performa Anomali Cuaca: 2

Hasil akhirnya untuk saya pribadi OLI SHELL AX5 di Yamaha Jupiter Z1 Injeksi: KURANG DIREKOMENDASIKAN.

Rekomendasi oli yang lebih baik: SHELL AX7 dan CASTROL POWER 1 Gold Bottle.

Testing diatas menggunakan bbm pertamax.

 

Iklan

2 thoughts on “Review Oli Shell AX5 di Yamaha Jupiter Z1 Injeksi

    1. Yup spt yg saya tulis memang perbedaan kekentalan diantara shell tsb benar” terasa. AX7 lbh cocok tp sama saja dua shell tsb tdk ada perlindungan anomali cuacanya.

      Thx bro!

      Suka

Komentar ditutup.