Review Notebook Cooler Enermax Twister Odio 16 CP008

Kali ini saya akan melakukan review mengenai sebuah perangkat aksesoris laptop yang bekerja untuk membantu menjaga suhu laptop agar tetap normal adem ayem sentosa selamat bahagia sampai akhir masa 😀

Yup, ini adalah sebuah notebook/laptop cooler pad. Tanggal 14 November 2014 lalu saya baru saja melakukan pembelian sebuah notebook cooler pad bermerek ENERMAX dengan tipe Twister Odio 16 CP008 di sebuah toko online di indonesia. Bayar, verifikasi, tunggu kiriman datang dan sampailah hari ini 18/11/2014.

Harga asli perangkat ini adalah Rp.478.000,- namun saya berhasil mendapatkannya di masa sale online seharga Rp.249.000,- dan kena ongkir Rp.44.498 via JNE (biasanya per kg kena 22rb ke kota saya, ini saya bayar 44rb sptnya total berat dikenakan pembulatan 2kg).

enermax1

enermax2

enermax3

enermax4Nah saat saya menulis ini saya sempat cek lagi produk ini di situsnya, ternyata harga sudah naik lagi berubah menjadi Rp.399.000,- (yaaahh telat deh mo beli, langsung galau dah si pembaca) 😀

Saya sempat heran, saya baca deskripsi barang ini sebenarnya gk ada 1kg loh! Tapi situs yang menjual ini mengenakan charge ongkir sebesar 2kg. Saking penasarannya saya menuju kantor agen JNE aja langsung utk cek keberadaan paket saya ini. Dan begitu barang nongol, saya langsung angkat dan betapa kagetnya ini paket bahkan gak ada berat 1kg!! barangnya sangat ringan! bahkan saya sampe mikir apa gak salah kirim barang nih toko onlinenya notebook cooler pad gede 16″ kok ringan gni??

belanja produk komputer, aksesoris komputer murah gratis ongkir se-indonesia, diskon 10%, vocer 25rb cuma disini

Ya tanda 16 pada kode produk ini menandakan produk cooler pad ini dapat digunakan hingga perangkat laptop sebesar 16″, ukuran lengkapnya Panjang 352mm x Lebar 270mm x Tingi 52mm dan berat hanya 784 gram.

enermax5

Begitu dibuka di kamar, nongol 3 items: satu unit cooler, satu kabel usb, satu kabel jack audio dan selembar kertas nota belanja thats it! No warranty or manual paper!

Dilihat, dirasakan, ini cooler dari atas dan samping terkesan gak murahan deh, bagian atasnya memiliki cover metal alumunium dengan finishing yang baik dan diberi karet panjang untuk menahan bagian dasar laptop namun sayangnya ini karet keras jd agak licin misal klo kena cairan/lembap gk spt tekstur karet ban motor/tali karet misalnya kan berasa lebih “kenceng”, bagian sisi kanan dan kiri terdapat dua speaker bulat yang sudah built in chip audio dari DreamBass dan bagian bawah terdapat sebuah fan ukuran besar.

enermax7

Body cooler pad ini secara keseluruhan menggunakan hard plastic berwarna hitam.

Langsung uji coba, letakkan laptop 14″ saya diatas cooler pad ini, karet panjang yg terletak di bagian atas pada ini ternyata dapat memberi grip yang baik (sempat khawatir mudah geser), pasang kabel usb port usb laptop dan ujung mini usb ke port usb fan cooler, satu jack audio ke port audio laptop satu lagi menuju aux audio cooler pad ini.

enermax9

Mengapa saya membeli cooler pad ini? Bedanya dari cooler pad laptop lainnya adalah cooler pad ini memiliki sistem control fan dan audio terpisah. Pada sisi kanannya terdapat dua tombol yaitu tombol geser on off untuk menyalakan fan dan mengatur kecepatannya, dan sebuah tombol on off untuk audio speakernya. Terdapat pula sebuah led berwarna hijau untuk tanda fan dinyalakan.enermax10

Untuk sebuah laptop cooler pad seharga 400ribuan (harga aslinya) dengan fasilitas seperti ini untuk saya pribadi sudah saya acungi jempol. Sejauh ini saya belum menemukan produk serupa di kisaran harga tersebut yang memiliki kedua fasilitas itu. Biasanya produk laptop cooler pad di pasaran hanya memiliki satu hingga dua port usb dan tidak ada fasilitas on off untuk coolernya, ini sangat mudah ditemukan untuk produk’ di kisaran harga dibawah 400 ribuan, bahkan dengan 15 ribu anda sudah bisa mendapatkan laptop cooler pad yg tentu dengan kualitas yang…hmm..yah..sesuai dengan harga 😀

Produk enermax ini memiliki kinerja fan yang baik, telinga saya masih dapat mendengarkan putaran fan’nya tapi termasuk hening saat digunakan pada kecepatan putaran maksimum.

enermax8

Buat saya ada tambahan speaker pada sebuah laptop cooler pad adalah nilai plus, penggunaan chip audio DreamBass benar” membuat speaker ini dapat menggantikan speaker laptop saya (yang sudah integrated chip audio dolby). Suara yang dikeluarkan termasuk baik, treble dan bass di telinga saya memiliki perbandingan 55-45 utk treble, bassnya masih berasa nendang saat digunakan untuk mendengarkan lagu Foster The People – Pumped Up Kickszaskia

hingga dangdutan Zaskia Gothic bernyanyi Bang Jono. Suara juga termasuk balance dan real saat digunakan untuk menonton film dari film perang Lone Survivor hingga Teenage Mutant Ninja Turtle 😀

Bila hanya membutuhkan fungsi ini sebagai fan anda cukup menonaktifkan tombol audionya atau cabut jack audionya dan sebaliknya.

Sekarang bisa kerja dng laptop berlama-lama, fan kencang dan tenang..apalagi speakernya benar-benar bikin betah untuk nonton film atau sekedar mendengarkan mp3.

=============================================================================

Update:

  • Pada tanggal 12 Feb 2014, jam 4 sore, saat saya sedang mendengarkan sebuah lagu R&B di player winamp di laptop saya. Tiba” saja speaker kanan pada notebook cooler ini mati, yang menyisakan suara hanyalah speaker bagian kiri. Saya pikir ini hanyalah masalah jack kabel yang longgar, saya coba plug out dan plug in kabel jack speaker pun tetap tdk membuahkan hasil. Hmm saya pikir lg mungkin setingan volume dan position speaker output winamp saya yg berubah mendadak, saya cek pun ternyata tidak. Setelah mencoba berbagai cara untuk memastikannya, ternyata memang speaker kanan produk ini mendadak mati. Akhirnya pada tanggal 13 Feb 2014 saya membuat laporan klaim garansi ke toko online yang menjual produk ini dan direspond, saya akhirnya mengirimkan unit produk ini dan pada tanggal 26 Feb 2014 unit sudah selesai “diperbaiki”, Saya beri tanda khusus pada kata perbaiki tsb karena saat saya menerima kembali kiriman unit produk ini ke alamat saya, produk yang saya terima adalah produk baru sebagai pengganti kerusakan unit sebelumnya.
  • Antara saya senang dapat unit baru tapi suara fan lebih berisik dan juga kangen unit lama dng suara fan lebih tenang. Yowis lah, terima saja, setidaknya toko online tersebut telah melakukan tanggungjawab penjualan dan klaim garansi user dengan baik.
  • Dari penelusuran saya di internet, ternyata tidak sedikit pula user yang menggunakan produk ini mengalami hal serupa yaitu salah satu bagian speakernya mati setelah beberapa lama digunakan. Hmm…apakah ini kebetulan atau memang deffect bawaan unit?

Recommended Product!

