Pilih Mana Yamaha R15 atau Yamaha R25?

Hari ini sembari menunggu motor saya di servis rutin, saya mengunjungi ruang pamer motor yamaha. Dan kali ini akhirnya saya bisa melihat dan merasakan langsung dua motor sport terbaru yamaha indonesia, yaitu Yamaha R15 dan Yamaha R25.

YAMAHA R15
YAMAHA R15

Inilah dia Yamaha R15, motor ini adalah motor pengembangan dari Yamaha Vixion. Mengapa dikatakan pengembangan? Dikarenakan mesin motor R15 ini menggunakan mesin serupa dengan vixion, bedanya R15 ini menggunakan fairing saja. Motor R15 ini memiliki berat kosong 136kg.

Saya sempat mencoba motor ini, dengan tinggi saya 180cm saya pikir motor ini akan mix n match dengan mudah dengan tubuh saya dikarenakan saya pernah coba kawasaki ninja 250 yang memiliki ukuran body lebih besar dan berasa pas saja untuk saya ‘naiki’.

Tentu bila dilihat sekilas motor Yamaha R15 ini terlihat lebih kecil, memang sih terlihat lebih kecil bodynya dibandinkan R25, eh tapi jangan salah sangka ya ternyata ada perbedaan dasar di kedua motor ini yang membuat orang setinggi saya pun masih tidak merasa pas menaiki R15.

YAMAHA R15
YAMAHA R15

Ternyata setelah saya mencoba kedua motor ini, Yamaha R15 memiliki posisi duduk yang lebih tinggi dibandingkan Yamaha R25 dan lekuk tangki bensin (walau cuma kondom doank) pun berbeda kenyamanan-nya.

Motor Yamaha R15 ini terasa sangat kaku dan tidak nyaman untuk dinaiki, diduduki dikarenakan selangkangan saya pun tidak mendapatkan posisi kenyamanan yang baik karena bentuk lekuk tangki bensin yang kaku sehingga untuk orang gede gendut paha berlemak spt saya tidak dapat men”cengkeram” tangki bensin motor ini dengan baik dan nyaman. Dan percaya tidak percaya, motor sport body kecil ini ternyata adalah yang pertama di hidup saya yang membuat saya tidak dapat menapak lantai dengan baik dengan kedua telapak kaki saya. Bayangin saja tinggi saya 180cm tapi kaki saya tidak dapat menapak dasar lantai dengan lurus, bahkan terlihat aneh seperti kaki orang ngangkang kaku gtu. Ini sangat tidak nyaman sekali untuk saya, bahkan jika ditelusuk lebih lanjut lagi anda harus mikir lagi apabila berminat membeli motor Yamaha R15 ini, terutama bila tinggi anda kurang dari 180cm. Perkiraan saya motor ini lebih tepat untuk anda yang tidak terlalu gendut terutama bagian paha dan memiliki tinggi kisaran 180-183cm saya rasa pas untuk menyangga motor ini dengan kedua telapak kaki anda dengan baik dan stabil dan atau anda merendahkan (mengurangi) ketinggian shockbreaker monoshock tsb demi kenyamanan berpijak dng kaki anda atau setidaknya anda menurunkan ketinggian shockbreaker belakang motor ini terlebih dulu.

Oya motor Yamaha R15 ini dijual dengan harga Rp.29juta 800ribu rupiah (harga bisa berbeda tergantung wilayah dikarenakan ada ongkir dari pusat produksi yamaha untuk dihantarkan ke tiap dealer di masing-masing kota). Dan dari obrolan dengan sales counter, motor R15 ini lebih banyak peminatnya dibandingkan seri R25. Namun motor R15 ini perlu menunggu 2 bulan untuk dikirimkan ke rumah anda, jadi jika berminat silahkan order terlebih dahulu ke dealer yamaha terdekat di kota anda.

Nah sekarang kita masuk ke pembahasan sang montok si Yamaha R25.

YAMAHA R25
YAMAHA R25

 

Motor ini adalah motor seri R terbaru dari Yamaha Indonesia, dengan kode R25 motor ini memiliki kapasitas mesin sebesar 250cc (pembulatan). Mesinnya dua silinder (dua busi) dan benar-benar mesin baru, berbeda dengan generasi sport 150cc yamaha sebelumnya seperti Vixion. Oya, motor R15 dan R25 keduanya sudah sama-sama menggunakan sistem pembakaran bbm injeksi. Jadi bisa dikatakan lebih irit (dikit) dibandingkan dengan sport non-injeksi. Namun tentu soal irit juga tergantung pemakaian user dan lokasi dan cuaca, dan juga disarankan motor ini menggunakan pertamax (sebaiknya nurut pake pertamax dan jangan pake premium kecuali darurat). Spek mesin bisa di cek langsung di website yamaha ok?

Dengan tampilan yang lebih berotot dibandingkan R15 motor ini alhasil lebih berat 30kg sehingga total berat R25 dalam keadaan kosongan adalah seberat 166kg. Awalnya saya kaget juga ini motor beratnya 166kg?? beneran neh!? Dan untuk membuktikannya saya menaiki motor ini dan menguji keseimbangan motor ini. Ternyata oh ternyata, berat 166kg cuma di angka doank! Motor ini ternyata tidak seberat perkiraan awal saya. Menurut saya motor ini memiliki keseimbangan cukup baik dengan perbandingan 60 : 40 di bagian depan. Motor sport fairing spt ini memang memiliki andil berat pada bagian stang kemudinya ini yang menurut saya harus benar-benar dirasakan.

Stang kemudi motor ini untuk saya pribadi tidak terasa sangat berat, walau ban depan dan pelek depan motor ini memiliki ukuran besar tapi saya masih bisa mengendalikan kemudi dengan baik, untuk dibelokkan ke kanan kiri pun tidak terlalu berasa berat. Namun tentu jika dikendarai di jalan raya harus diingat bahwa motor ini memiliki berat 166kg dan sang pengemudi diharapkan memiliki kendali kemudi yang baik saat hendak menyalip kendaraan lain atau ketika berbelok atau menikung, kekuatan otot lengan sangat diperlukan untuk mengendalikan kemudi motor R25 ini. Ingat, berat 166kg itu masih kosongan belum fulltank bensin sebanyak 16liter bro!

YAMAHA R25
YAMAHA R25

Ketika saya berada diatas jok motor ini, saya merasakan kenyamanan. Berbeda dengan adiknya si R15, Yamaha R25 ini walau montok tapi memiliki ketinggian jok yang lebih pendek dan ukuran jok lebih besar dibandingkan R15, alhasil jika anda memiliki tubuh besar, paha besar dan pantat besar duduk di jok motor ini pun masih bisa merasakan kenyamanannya dan tidak terganggu dengan lekuk tangki bensinnya dikarenakan memiliki bentuk lekuk dan ukuran tangki yang berbeda dibandingkan R15.

Memang sih kedua motor ini memiliki jenis shockbreaker yang dapat diatur kenyamanannya dan ketinggiannya, namun tentu tidak berlaku nyaman untuk semua orang dan semua kondisi perjalanan yang mudah berubah di indonesia kan? Jadi sebelum anda membeli salah satu dari motor ini, saya menyarankan pertimbangan utama adalah kenyamanan duduk dan mengendalikan kemudi serta komponen kelistrikan pada kemudi terlebih dahulu. Pastikan anda tidak terlalu memaksakan tubuh anda untuk mengendarai salah satu motor ini.

YAMAHA R25
YAMAHA R25

Yamaha R25 dijual dengan harga Rp.53 juta 950ribu rupiah (harga bisa berbeda tergantung wilayah dikarenakan ada ongkir dari pusat produksi yamaha untuk dihantarkan ke tiap dealer di masing-masing kota), tersedia warna biru, merah dan hitam.

beli motor baru, gratis ongkir se-indonesia, diskon harga motor 300rb, vocer 25rb cuma disini

Satu hal yang cukup aneh, dari tipe R25 merah, biru, hitam. Hanya Yamaha R25 warna merah saja yang saya coba memiliki ukuran tinggi paling pendek dibandingkan warna biru dan hitam. Entah ini memang bawaan produksi atau kebetulan saja pihak dealer menurunkan setingan shockbreaker belakang R25 merah yang saya coba.

Jadi, mau pilih yang mana? R15 atau R25?

Tunai boleh, kredit juga bisa! 🙂

 

YAMAHA R25
YAMAHA R25
YAMAHA R25
YAMAHA R25
YAMAHA R25
YAMAHA R25
