Kiamat Lupa Ganti Oli

Kali ini saya akan sharing tentang hal lupa ganti oli…

Terakhir x saya ganti oli ada di edisi Review Oli Castrol Power 1, di kilometer 2688km. Hari ini saya kembali ke bengkel  yamaha untuk mendapatkan servis gratis motor saya setelah menunda-nunda beberapa minggu terakhir dikarenakan kesibukan bekerja.

castrol_p1_800mlBerangkat menuju bengkel langganan, kali ini saya membeli oli serupa namun dengan kapasitas lebih kecil, yaitu Castrol Power 1 (botol warna emas) dengan kapasitas 800ml, saya beli dengan mengeluarkan uang sebesar Rp.40.000,-, berbeda Rp.8.000,- jika membeli yang memiliki kapasitas 1 liter.

Sejak beberapa bulan terakhir saya sangat intens menggunakan motor saya untuk kesana kemari, bahkan seminggu lalu sempat ke jogja PP dengan motor saya dan saya merasakan tidak ada keanehan dengan motor saya.

Namun saat hari ini diservis dbengkel yamaha, sang mekanik memanggil saya masuk ke area servis dan menunjukkan sesuatu yg bikin saya kaget!

Saya melihat oli mesin yang dikeluarkan sudah sangat menghitam dan hanya berjumlah sangat sedikit, bahkan tidak lebih dari sebuah minuman kalengan!! Betapa kagetnya saya, seumur hidup saya menggunakan motor, baru kali ini saya mendapati kondisi oli mesin berkurang drastis dan sangat dibawah kapasitas minimum.

Yah ini kesalahan saya juga, saking sibuknya bekerja, capek dan lupa mau ganti oli, lupa kapan kilometer ganti oli terakhir dan mendapati jupiter saya hampir kiamat. Beruntung saya tidak kiamat diperjalanan saat PP wonosobo – jogja seminggu lalu padahal saya sempat menarik gas motor hingga 100km dan saya pun kaget saat servis hari ini kok dng jumlah oli sangat minim motor saya masih bisa ditarik sampe 100km?

Bisa dikatakan seminggu terakhir adalah keberuntungan saya tidak celaka dalam perjalanan luar kota, mungkin tidak ada keberuntungan spt ini di lain hari.

Jika anda menggunakan oli dengan kualitas baik, jika oli mesin berkurang drastis tapi selama performa oli masih baik, anda cukup beruntung karena mesin tidak akan melakukan penguncian dan membuat anda terjengkal mendadak dari motor anda.

km5454Seperti kita ketahui, kualitas oli motor yang buruk jika dipakai berlebihan dari kilometer yang dianjurkan atau ketika sebelum mencapai batas akhir kilometer yang dianjurkan, oli dapat membuat ruang dalam mesin terkunci dan mesin berhenti mendadak, anda bisa bayangkan jika saat itu anda sedang berkendara dengan kecepatan tinggi, resikonya sangat besar, kecelakaan tunggal tidak terhindarkan.

Di satu sisi saya sangat beruntung oli castrol power 1 ini memiliki kinerja gila-gilaan fantastis, dengan jumlah sisa oli dalam mesin sangat amat sedikit masih bisa membuat mesin saya ‘jalan’. Tapi disisi lain, kondisi itu membuat mesin dipaksakan bekerja dengan kondisi parah.

Oli motor memiliki batas maksimal berbeda-beda, namun menurut saya maksimal penggunaan adalah 2000km, namun alangkah lebih baik bila kita mengganti oli mesin motor pada kisaran 1500km saja, jangan paksakan berlebih. Sebelumnya saya ganti oli di km 2688 dan hari ini saya menggantinya di km 5401km, motor ini sudah menggilas oli mesin sejauh 2766km dan ini sudah gila-gilaan over limit 😦

Dan jika anda suka touring luar kota bahkan antar propinsi, jangan lupa untuk setidaknya membawa satu oli mesin dan peralatan kunci untuk membuka tutup oli mesin untuk mengeluarkan oli mesin yang digunakan. Ingat, tidak semua kota/desa yang anda lalui menyediakan oli mesin serupa yang digunakan motor anda, untuk itu ada bijaknya membawa satu botol oli mesin serupa untuk jaga” bila diperlukan mengganti oli dalam perjalanan.

Motor produksi tempo doloe tahun 1990-an biasanya ada kaca ukur oli transparan, sehingga kita bisa melihat jumlah oli sisa pada ruang blok mesin dengan mudah. Namun apesnya motor jaman sekarang sangat minim menggunakan fasilitas sepele namun penting itu, motor jupiter z1 saya tidak ada fasilitas ini sehingga ini jadi pelajaran untuk saya dan anda untuk rajin-rajin cek kapasitas oli mesin. Namun ini juga tidak mudah karena stick bar tutup oli motor umumnya berwarna gelap (hitam) dan kita kesulitan mencari tau batas minimum oli yang ada dalam blok mesin motor kita.

Nah ini juga saran untuk produsen motor:

  • Buatlah stick bar tutup oli dengan warna cerah (putih) saja sehingga user dapat mudah mengetahui jumlah minimum sisa oli dalam blok mesin.
  • Buatlah kaca ukur oli transparan pada blok luar mesin sehingga user dapat mengetahui sisa oli dalam blok mesin.
  • Seandainya tiap motor ada fasilitas warning sederhana untuk mencatat dan mengingatkan jumlah km ganti oli terkini dan ganti oli berikutnya ini juga akan sangat membantu.

Ingatlah kawan, rajinlah mencatat kilometer ganti oli motor anda dan buatlah jadwal yang mudah dilihat untuk kilometer ganti oli berikutnya.

10 thoughts on “Kiamat Lupa Ganti Oli

  1. wah sama nih kayaknya , bedanya cuman KM nya beda :3
    saya belum memasuki 1000km oli udah ngurang banyak ( 400ml an )

    padahal jarak tempuh olinya belum 1000km,
    olinya pake Castrol Power yang sama kaya di post.

    dan anehnya lagi setelah di isi oli baru yg 1Liter
    1Liter itu masuk semua ke jupiter z1 kenapa ya? 😦

    Suka

    1. Usia motor berpengaruh,makin lama usia motor celah kerenggangan dlm mesin makin besar.

      Jika motor msh muda tp brmslh oli berkurang bisa jd ada celah kebocoran. Oli motor biasanya kecil tingkat penguapannya dan itu pun umumnya tjd diatas 1300km pemakaian.

      Sebaiknya cek ke bengkel minta dibongkar. Klo knalpot motor non 2T sampe berasap itu sdh tanda ada kebocoran oli mesin.

      Suka

  2. gan jd intinnya oli ini bagus kn gan? soalnya ane ad rencana selingkuh dari yamalube gan buat vega r 2003 ane. mohon saran gan buat oli terbaik. oh ia saya pke mtrnya sering buat pp Balikpapan Samarinda sekitar 250km (kaltim) thanks gan

    Suka

    1. Blkppn – Samarinda jalur ganas juga itu ya gan 250km panas dsana, kebetulan klo saya pernah dbanjarmasin dan samarinda dan balikpapan tp jalur darat samarinda-blkppn blm pernah coba.

      Utk oli motor vega anda saya menyarankan sudah cukuplah menggunakan yamalube, walaupun tipe gold segala itu juga gk akan memberi performa dan perlindungan mesin yg baik utk mesin motor anda.

      Saya menyarankan oli castrol ini, karena sudah saya coba sendiri di motor vega 2010, jupiter z1 injeksi 2014 dan terbaru sudah saya coba di bison, vixion dan performanya sungguh baik. Khususnya pada perubahan suhu djalanan oli ini memiliki kestabilan tanpa mengorbankan penurunan performa. Anda boleh tes oli ini dengan oli shell yg pernah saya review di blog saya anda akan merasakan sendiri anomali penurunan oli shell sedangkan performa oli castrol ini stabil baik saat panas ataupun hujan dalam perjalanan anda.

      Minggu lalu saya baru balik dr pangandaran jd ini oli sudah kepake 501km PP dan performanya masih sangat baik.

      Hanya saja perlu diingat setiap 1000km alangkah lbh baik dtambahkan 50-100ml oli tambahan dan ganti total setelah sampai 1500km jangan sampe lupa!!

      Ada dua jenis kapasitas oli castrol ini, yang 1 liter dan 800ml, bedanya dkota saya cuma 8ribu rupiah, saya menyarankan anda beli yg 1 liter aja krn motor anda sudah ckp lama beredar ada kemungkinan perlu penambahan oli mendadak kan lumayan masih ada sisa 200ml. Dan bila anda ckp rutin keluar kota, saya menyarankan anda ganti busi motor anda, jangan lagi pakai yg standar. Busi ada 2 jenis yg saya tau: busi dingin utk pemakaian dlingkungan panas dan busi panas yg biasa digunakan dlingkungan dingin (CMIIW). Tp klo saya pakeknya busi racing tipe iridium ada dari merek: NGK, DENSO, dsb, busi sangat berperan penting dalam pembakaran ruang mesin, apalagi anda sptnya suka berkendara keluar kota dng motor, kita sama!

      Utk lebih pastinya tentang oli castrol ini bisa baca artikel dblog saya: https://kutakhabispikir.wordpress.com/2014/07/09/review-oli-castrol-power-1-10w-40-4t-di-jupiter-z1-injeksi/

      Suka

    2. Om anas, kalau nemu oli ini di Balikpapan kasitau ya dimana sm harganya ya ehehe.. saya soalnya beberapa kali naksir oli bagus taunya pas nyari di sini paling adanya federal, repsol, ahm oil, sama enduro atau mesran -_-

      Suka

Komentar ditutup.