Review Yamalube Carbon Cleaner

Ok setelah dari kemarin mengulas seputar oli mesin. Kini giliran produk perawatan sistem injeksi yang akan diulas.

Kalau anda mengikuti kisah perjalanan saya dengan si jupiter z1 injeksi, maka anda akan tahu jika saya termasuk orang yang sangat sering bepergian dng motor baik jarak dekat maupun jarak jauh.

Terakhir sepulangnya dari trip ke pangandaran kilometer si jupi sudah mencapai 3192km. Performa mesin masih tangguh dan responsif sesuai dengan gaya saya berkendara. Namun tentunya sebagai owner dan user tidak dapat hanya memikirkan nasib enaknya berkendara dng motor tanpa mengesampingkan perawatan komponen mesin lainnya selain dari ganti oli.

Yamalube Carbon Cleaner

Tanggal 8 juli saya sudah memutuskan untuk mencari produk perawatan mesin injeksi yaitu Yamalube Carbon Cleaner, namun sayangnya hari itu sudah sore bengkel dimaksud sudah tutup. Hari berikutnya, 9 Juli bertepatan dengan coblos mencoblos bagi yang tidak golput saya berharapnya sih setelah acara pemilu yaaa sekitar jam 12siang lah semua usaha dkota saya sudah mulai buka, namun apa daya…. semua masih tutup, gak ada bengkel yang buka apalagi service point yamaha. Dan akhirnya dapatlah ini produk di hari berikutnya, dengan menebus seharga Rp.25.000,- beli langsung di yamaha.

Sekilas ini produk seperti punya body botol medium, eh ternyata setelah nongol di depan mata saya, produk ini ternyata kecil sekaleeee *mungkin karena telapak tangan saya yang kegedean* 😀 . Produk Yamalube Carbon Cleaner memiliki spesifikasi:

  • Isi sebanyak 75ml dan dapat digunakan untuk tangki bbm dengan kapasitas maksimal 5 liter.
  • Pemakaian tiap 3000km pada mesin injeksi! Inget ya… khusus mesin injeksi!
  • Kegunaannya adalah untuk membersihkan karbon pada sistem mesin injeksi.
  • Ini produk dapat digunakan pada semua kendaraan roda dua selain yamaha, yang penting memiliki mesin sistem injeksi, bukan berkaburator.

Cara penggunaannya sangat mudah, cukup buka tutup botol dan seal penutup, lalu tuangkan seluruh cairannya LANGSUNG ke dalam TANGKI BBM kendaraan anda! Cairannya berwarna jernih seperti air, tidak berbau.

Kata mekanik yamaha sih sebaiknya ini produk dipakai ketika tangki bbm sudah mejelang ajal, alias bbm tinggal sangat sedikit dalam tangki bbm lalu tuangkan ini produk baru ditambahkan (diisi) lagi dengan bbm.

Produk ini cocok untuk kita yang doyan pakai premium untuk kendaraan kesayangan kita, tentu kita tau perbedaan jelas antara kualitas premium dan pertamax. Ya sih kadang premium bisa bikin mesin kendaraan kita ‘menggelitik’ berbeda dengan pertamax yang memiliki oktan tinggi dan bisa membersihkan *sedikit* kerak karbon pada saluran bbm kendaran.

Mengapa saya memilih membeli produk ini?

  • Karena dari awal saya punya motor jupi injeksi ini saya menggunakan premium.
  • Mesin jupi sudah mencapai 3216km saat saya menggunakan produk ini. Artinya sudah saatnya komponen injeksi jupiter mendapatkan hak perawatan khususnya.
  • Karena saya tidak menemukan produk serupa yang di desain untuk motor injeksi selain produk ini di kota saya.
  • Karena jauh lebih murah daripada saya bersihkan saluran bbm mesin motor saya dengan isi pertamax full tangki! Bayangin aja 1 tangki jupiter isi penuh premium hanya butuh 1 produk ini seharga Rp.25.000,- dibandingkan isi pertamax penuh bisa….. bisa sekarat juga dompet saya 😀 *tau sendiri lah harga pertamax brp* 😛
Dimasukkan ke dalam tangki bbm
Dimasukkan ke dalam tangki bbm

Berhubung saya baru saja dari pom bensin dan isi penuh *menyisakan sedikit pada bagian atas tutup tangki* dengan premium, jadinya ya saya menggunakan produk ini ditambahkan ketika keadaan tangki bbm sudah full loaded dengan bbm, dan ini sah” saja.

 

 

Ini bukanlah produk untuk menaikkan oktan bbm, ini produk gunanya untuk membersihkan carbon pada saluran injeksi. Saya belum merasakan performanya setelah mencampurkan produk ini ke dalam tangki bbm karena hari sudah sore dan saya tidak ada aktivitas lain menggunakan motor di hari itu. Ok, jadi saya tunggu semalaman itu produk mencampur di tangki bbm dan di hari berikutnya saya menggunakan produk ini, saya merasa mesin mulai berubah…

Bukan berubah ala transformer ya, tapi saya sedikit merasakan perbedaan responsif mesin jupi, merasa lebih baik. Makin lama menggunakan motor kesana kemari saya juga masih heran biasanya sudah habis 1 liter ke tempat yang sama bolak balik, tapi jarum bbm di motor saya tetep menampilkan full gk berkurang, saya pikir ini ada masalah pada sensor jumlah bbm di tangki motor lalu saya buka tutup tangki bbm dan kaget bener dah…. itu bensin masih aja full dari tadi keliling” mondar mandir sana sini!?? Gak salah neh!??

Kurang lebih setelah pemakaian 40km saya merasakan performa mesi jupi saya seperti performa mesin baru, seperti pertama kali saya menggunakan motor baru! Dan memang bener” terasa ini produk bener” berfungsi, mulai dari tarikan mesin yang responsif seperti mesin baru keluar dari pabrik aja, hingga tingkat efisiensi bbm yang saya rasakan membaik.

Tiga hari berselang produk ini ada dalam tangki bbm, saya pas banget ada keperluan keluar kota, kali ini ke Magetan, ya sekitar 30 km dari ngawi. Dan ini saat yang tepat menguji mesin yang sudah bersatu dengan Yamalube Carbon Cleaner.

Sepanjang perjalanan ke Magetan, Jawa Timur, cuaca dari pagi jam 6 saja sudah dingin plus mendung, berangkat jam 7.30 di perjalanan belum ada 4km saja hujan sudah mulai membasahi wonosobo. Dengan modal nekat jas hujan dan wearpack musim hujan pun menempel di tubuh saya, saya tetap putuskan go on keluar kota.

Lanud Maospati Magetan
Lanud Maospati Magetan

Dalam perjalanan ke Magetan, saya benar” merasakan performa mesin yang optimal, bener” seperti fresh keluar dari pabrikan saja. Dan memang saya hitung pengeluaran bbm pun mulai ada pengiritan *saya hitung wonosobo – ngawi seperti biasanya*. Wow.. saya pikir ini produk Yamalube Carbon Cleaner bener” memberikan hasil. Dan saya tentu akan pakai lagi di km 6000.

Sesampainya di Magetan, tepatnya di kawasan Lanud Maospati, sebelum memasuki kompleks militer di hari berikutnya jam 6.30 sebenarnya mau fotoin si jupi dan saya sendiri di depan patung gambar diatas itu, namun apa daya jam kendaraan macet, dua personel tni au sedang bekerja mengurai kemacetan di depan patung itu *ini jalan dua arah ke terminal maospati dan ngawi juga ke arah magetan kota* jadilah saya hanya fotoin patungnya saja 😛 *next time baby i will narsis in front of that statue with my jupiter z1*.

KM 3972
KM 3972

Ok, balik ke kampung halaman di wonosobo, si jupi sudah menambahkan jejak perjalanannya hingga menunjukkan km 3972. Jadi perjalanan saya dalam rentang wkt belum ada seminggu balik dari pangandaran dengan km 3192 dan sekarang menjadi 3972km sepulangnya dari Magetan, sudah menghabiskan jarak 780km!! Bener” sangat tinggi mobilitas saya 🙂

Hasil akhirnya:

  • Harga produk murah, hanya Rp.25.000,- di bengkel resmi yamaha!
  • Mudah digunakan dan efektif! Cukup tuang ke tangki bbm kendaraan sistem injeksi.
  • Menghemat pengeluaran bbm *saya katakan menghemat karena memang saya merasakan daya tempuh mesin dengan premium bisa lebih jauh sehingga saya tdk perlu sering mengantar si jupi ke pom bensin*.
  • Memberi daya respon mesin yang lebih baik * ini berlaku pada motor saya karena sudah saya rasakan perbedaannya, tentu dengan catatan mesin dirawat dengan baik pula*

Produk ini menurut saya layak dibeli dan digunakan wuoke

14 thoughts on “Review Yamalube Carbon Cleaner

  1. Ane stop pake YCC gan,,, selain mahal, produk itu juga kurang efektif, dilihat dari warna oli yg gk berubah jadi agak hitam setelah pemakaian,,,

    Ane pakai Berryman B-12 Chemtool Fuel Treatment yg dicampur dengan bahan bakar di tanki, dosisnya 8 mL/1 L bahan bakar.

    Ini one tank solution gan, jadi sekali isi aja seluruh komponen yg dilalui bahan bakar akan bersih, seperti tanki bensin, saringan bensin, fuel pump (untuk mesin yg masih karbu maka dia akan membersihkan karburator), injektor, intake, klep in, ruang bakar (piston, dinding dilinder dan penutup silinder, termasuk klep ex juga,,,

    Ada yg lebih keras yaitu Berryman B-12 Chemtool Total Fuel Treatment, tapi ini cocok untuk mesin yg sejak baru gk pernah dirawat, sejak baru selalu pakai bahan bakar jelek, hingga usia mesin sudah uzur dimana kerak karbon sangat tebal di sistem pembakaran, untuk motor yg tergolong baru dan selalu terawat, jangan pakai deh,,,

    Lalu ane juga pakai Berryman B-12 Chemtool Cabruretor Choke & Throttle Body Cleaner untuk membersihkan Throttle Body yg sekaligus juga membersihkan Intake, Klep In, kecuali ruang bakar, penggunaannya disemprot ke Throttle Body saat mesin mati (bukan disemprot sambil mesin hidup dan digeber2), beda lagi spesialisasinya, kalo itu sih produk Engine Conditioner 😀

    Yamalube Carbon Cleaner terlalu Overprice gan, dilebay-lebaykan oleh Yamaha kemampuannya, terbukti kok banyak yg sudah bongkar silinder tetap aja kotor pake YCC padahal bensinnya Pertamax.

    Harga 20rb’an (Harga YCC) tinggal nambah dikit lagi buat beli produk yg lebih baik dan dikemas dalam botol lebih besar untuk kapasitas bensin lebih besar (tp memang gk praktis, harus diukur dulu sesuai kapasitas tangki), ada banyak merk seperti Prestone, STP, dan Berryman.

    Suka

    1. Wah terima kasih utk info tambahannya, pas kebetulan saya sekitar seminggu lalu baru pakai yamalube carbon cleaner di pertamax jupi memang sih saya rasakan jupi jd sangat irit, tarikan lbh enteng, nah klo soal kebersihan silinder, klep, busi dsb itu memang butuh wkt juga sih ya gk bisa instan. Klo udah urusan kotor yg menurut saya sudah gk termasuk kondisi ringan biasanya saya serahkan ke mekanik yamaha utk dbersihkan ini lbh bijak drpd terus di bombardir dng produk pembersih di pasaran dr pengalaman saya kurang efektif juga mau merek apapun klo sudah termasuk kategori kotor berat. Next time dicoba itu produk” yg anda sebutkan (klo saya bisa temukan di pasaran kota saya) hehehe.. 😀

      Suka

  2. Mas Bro Ferry, di produk YCC tidak tertera keutamaan ditujukan untuk motor injeksi, karena target YCC ini adalah ruang mesin yg berisi piston dan kawan-kawannya, targetnya untuk merontokkan kerak karbon di ruang sana, jadi untuk pengutamaan injeksi ataupun karburator rasanya tidak ada, krn injeksi atau karburator adalah pengaturan sistem suplai bahan bakar.
    untuk rencana penggunaan per 1500km mungkin sah-sah saja tp perlu dicermati bahwa YCC mengandung senyawa aktif yg berfungsi keras merontokkan kerak karbon, dikhawatirkan apabila terlalu dekat jarak pemakaian justru mengikis part mesinnya.
    Mungkin asumsi 3000km oleh teknisi Yamalube memperhitungkan konversi jarak pakai terhadap waktu pengendapan bahan bakar di ruang mesin.

    Suka

    1. Sblmnya terima kasih utk infonya mas 🙂
      Ini perlu saya tambahkan saya menuliskan ini produk khusus utk mesin berinjeksi saya ambil dr contoh jelas spanduk produk ini dbengkel resmi yamaha. Wkt saya dtg spanduk produk ini mungkin ukurannya 3-4m x 1m dtuliskan YCC utk motor injeksi anda. Nah ini scr langsung pun sdh jd acuan bagi siapapun yg melihat bahwa produk YCC ini memang dbuat utk keperluan mesin berinjeksi.

      Tp dsisi lain namanya juga sbh produk dr produsen tertentu mrk tdk memasang kalimat bahwa YCC ini dpt dgunakan utk semua mesin berinjeksi (secara terang”an) entah apa alasan mrk. Jika mekanik sendiri yg “promo” YCC ini dpt dgunakan utk semua kendaraan baik injeksi/non injeksi dan tdk hrs yamaha, saya tdk dpt menilai itu benar adanya bahwa itu memang bagian dr “cap” fungsi produk YCC ini atau terpisahkan.

      Nah ini kan sbnrnya YCC senyawa aditif memang sifatnya merontokkan kerak karbon, jika dlihat dr sistem mesinnya injeksi/non injeksi tentu berbeda bagian mana saja yg akan lbh dioptimalkan kebersihannya dan tdk hanya semerta merta urusan piston dlm ruang bakar saja.

      Utk kendaraan injeksi trotle injeksi memang ikut dbersihkan mas dng YCC ini krn bbm juga sbnrnya gk bersih amat walo gk trlihat mudah oleh mata qta stiap bbrp km dia pasti gk lancar semprotannya.

      Utk kendaraan non injeksi pakai YCC saya tdk menuliskan menyarankan d artikel ini kembali pd acuan saya yg pertama spanduk produk ini sangat jelas tulisannya dbengkel yamaha wkt saya lihat. Jd bila ada yg menggunakan YCC dluar pembahasan bahwa ini dgunakan (diutamakan) pd mesin injeksi, saya tdk dpt melarangnya jd saya hanya mengingatkan dsini bahwa YCC akan sangat optimal utk mesin injeksi. Dan akan lebih bijak bila menggunakan produk carbon cleaner yang dbuat utk mesin non-injeksi 🙂

      Nah mengapa saya sempat menuliskan ingin mencoba produk ini lg sblm ‘acuan’ per 3rb km tsb, saya mempertimbangkan faktor penggunaan motor saya dng karakteristik jelajah saya. Kebetulan saya sering keluar kota dng motor jupi ini dan medan yg saya tempuh djalan bermacam” selain faktor eksternal spt debu dsb saya mempertimbangkan faktor bbm itu sendiri,saya yakin setiap spbu tdk selalu sama tingkat kebersihan bbmnya selain itu saya juga sudah upgrade busi yg mana setiap pulang luar kota saya lihat “endapan” pembakaran dbusi ini bisa jd acuan sekotor apakah ruang bakar mesin jupi.

      Nah skrg saya kombinasikan mas antara pertamax dan ycc jd saya pakai ycc utk jrk tempuh lbh jauh lg sekitar 4rb km baru pakai ycc lg.

      Salam.

      Suka

  3. ane pernah baca di kaskus, ada perwakilan dari yamaha, carbon cleaner bisa untuk karbu maupun injeksi, merk motor apa aja bisa, ngga harus yamaha

    Suka

    1. Pd artikel saya tekankan utk motor injeksi tdk hrs yamaha.

      Dan setau saya diluar sana ada pembersih ruang saluran bakar mesin utk karburator dan injeksi dan ada yg djual dng menyesuaikan jenis bbm dan kompresinya. Bila kita baca label info pada botol produk yamaha carbon injection cleaner itu memang lbh dperuntukkan utk motor injeksi.

      Diluar sana ada yg menggunakan produk ini utk motor merk lain bahkan juga utk mobil non mesin injeksi namun tentu itu berlebihan (memaksakan diri) krn komposisi formula zat cairnya berbeda hasil akhir pun berbeda tdk sesuai peruntukkannya.

      Tp terima kasih sudah mampir dan memberi pandangan lain 🙂

      Salam.

      Suka

  4. kayanya YCC bukan injector cleaner mas, tapi buat ngebantu bersihin residu di ruang bakar, bisa dipake buat semua motor (karbu atau injeksi), info dari website dan mekanik yamaha. saya pake juga YCC buat motor ade yg masih pake karbu, hasilnya lumayan berasa. utk pemakaian sebaiknya ikuti anjuran, batas amannya 2000-3000 km, klo keseringan takutnya malah ngerusak seal2 klep.

    utk ngebersihin part injeksi bisa ke bengkel yamaha tiap 10rb km. atau yg praktis seperti halnya YCC (cairan dituang ke tangki bensin) atau disemprot melalui throttle body bisa coba produk injector cleaner dari Chevron, STP, Prestone dll, tiap 3000-5000 km, tapi kurang efektif bersihin system injeksi secara keseluruhan.

    salam pengguna Z1 plat D

    Suka

    1. Terima kasih sdh mampir.
      Ya maksud saya itu injector cleaner utk nozzle injectornya krn memang bbm tetap dpt menghasilkan kerak nah fungsi produk ini utk membersihkan bagian injeksinya dr kerak tsb.

      Terima kasih utk infonya.

      Salam Z1 🙂

      Suka

  5. bener banget mas kalo pake itu berasa motor baru terus, asal tiap 3rb km pake pasti motor enak terus. saya sudah pake sampai 4 botol malah 😀

    Suka

    1. Hehe..terima kasih sudah mampir kblog sederhana saya mas. Sdg saya pikir utk menggunakannya dng rutin sebelum 3rb km lg krn saya pemakaian motor sangat intens rencana akan tanya kmekanik yamaha bgmn bila dgunakan misal per 1500km apa dbenarkan juga. Thx?

      Suka

Komentar ditutup.