Review Oli Castrol Power 1 10w-40 4T di Jupiter Z1 Injeksi

Pada tulisan saya sebelumnya, saya menulis tentang review oli shell advance ax7 yang bisa anda baca disini. Kali ini saya akan mengulas tentang kemampuan oli Castrol Power 1 10w-40 4T yang saya gunakan pada motor jupiter z1 injeksi 2014 milik saya.

IMG_0110_9714Pada ganti oli sebelumnya, saya menggunakan shell advance ax7 mulai pada km 2058, kurang dari 1 bulan yang lalu. Dan kali ini saya menggunakan oli castrol power 1 10x-40 4T pada km yang mulai saya gunakan pada tanggal 4 Juli 2014.

Mungkin bagi sebagian dari anda akan heran, belum ada 1 bulan dan kilometer hanya terpaut 630 km (2058km -> 2688km) si jupi saya sudah ganti oli baru lagi? Alasannya??

Ok saya akan ceritakan alasan mengapa saya ganti oli dari shell advance ax7 ke oli castrol power 1 seperti pada gambar diatas.

Dalam tempo 630km selama kurang dari 1 bulan, saya telah menggunakan motor saya utk keperluan dalam kota sejauh 100km bolak balik beberapa kali kesana kemari selama beberapa hari. Setelahnya saya menggunakan motor untuk aktivitas keluar kota, lebih tepatnya mondar-mandir Wonosobo – Banyumas utk mengurus perawatan nenek saya yang baru kena musibah sehingga harus dioperasi tulang 😦

Shell advance ax7 awalnya memang bagus, tarikan memang enteng, tenaga responsif, tapi… ya ada tapinya, ketika saya menggunakan untuk aktivitas keluar kota yang mana cuaca memang tidak dapat diprediksi karena dapat berubah sewaktu-waktu dan belum lagi ditambah medan perjalanan yang lebih berat, oli shell ini mengalami kondisi dilema.

Kondisi cuaca yang panas selama perjalanan membuat kemampuan oli shell menurun drastis, apalagi saya termasuk pengguna motor yang menggunakan daya putaran torsi maksimal kendaraan saya. Dalam perjalanan PP wonosobo-banyumas, saya sampai kaget karena saya tidak dapat menarik gas motor saya dengan enteng dan cepat dari jarum 60km menuju 100km. Selain itu kemampuan oli dalam meredam getaran mesin pun drop drastis dan benar” terasa ketika saya melaju dari kecepatan 80km menuju 100km dalam kondisi jalanan kering cuaca panas. Bahkan motor saya yang biasanya wuzz wuzz wuzz menyalip truk yang pelan gtu pun berasa susah untuk berakselerasi sekedar menyalip dengan kecepatan 70km. Selain itu dalam kondisi cuaca berubah dari panas menuju hujan, kemampuan oli dalam bertugas pun benar” terasa menurun performanya, buat saya ini semacam anomali oli shell advance ax7, perubahan ‘mood’ oli ini ketika cuaca berubah membuat saya tidak nyaman menggunakan motor saya. Akhirnya saya putuskan untuk mengganti oli, gak perlu tunda” lagi, setelah berasa gk nyaman, gk memberikan performa terbaik untuk motor saya, maka oli harus diganti!

 

IMG_0118_9714Nah karena alasan diatas itulah saya menuju bengkel langganan saya, saya bandingkan dua oli, antara repsol dan castrol. Saya pun memilih Castrol Power 1 10w-40 4T dengan pertimbangan sederhana saja, ini oli speknya lebih tinggi daripada oli repsol yang sempat saya bandingkan, yaitu sudah memiliki spek API SL, sedangkan oli repsol kalau gk salah ingat sih itu masih API SJ klo gk salah inget sih. Nambahin dikit lagi..berhubung sekalian motor mio adik saya sudah saatnya ganti oli, saya sekalian beli oli matic utk si mio. Total dua oli ini saya habis uang Rp.81.000,-.

Sebenarnya ada beberapa oli castrol sejenis di etalase bengkel, yang laen dengan botol berwarna putih, yang berisi 800ml. Saya bandingkan sesama castrol dan saya pilih yang 1 liter berwarna botol brown gold diatas dng spek lebih baik. Ini adalah kedua x dalam hidup saya, saya menggunakan oli castrol. Dulu jaman kuliah sempat pakai castrol untuk motor kawasaki kaze r tapi hasilnya tidak memuaskan. Jujur saya ragu pakai castrol power 1 brown gold ini, tapi d bengkel itu gk ada oli laen yang menarik perhatian saya, jadilah perbandingan saya antara castrol ini dan repsol saja.

 

IMG_0119_9714Untuk info aja, jupiter z1 memiliki kantong yang dapat menampung oli sebanyak 800ml dalam ruang mesinnya. Tentu saya tidak menuangkan 1 liter penuh ke dalamnya, tetap 800ml saja! Lumayan masih sisa 200ml, bisa dpakai jika sewaktu” oli berkurang. Berbeda dari kemasan oli laennya yang pernah saya review di blog saya, pada seal botol oli castrol power 1 ini dilindungi oleh seal hologram yang saya perhatikan cukup sulit dipalsukan, ini juga menjamin kita para pembeli untuk mendapatkan produk oli castrol power 1 yang asli.

 

IMG_0111_9714Ok singkat kata oli pun diganti, goodbye shell advance ax7 and welcome oli castrol power 1 🙂

Ganti oli sendiri gk susah kok, dan gak perlu corong untuk memudahkan memasukkan oli ke dalam lubang oli pada mesin motor anda. Sepuluh menit berlalu, oli castrol power 1 pun mengambil alih jiwa raga jupiter z1 saya, hehehe 🙂

Kebiasaan lama, setelah ganti oli, saya lakukan 2-3x selah motor secara manual, maksudnya supaya oli bisa mulai masuk ke celah dalam mesin sebelum dihidupkan dengan starter elektrik. Dan begitu di starter, breem breem…. suara mesin halus buangeeettt, bahkan menurut saya sedikit lebih halus ketimbang saya pakai shell advance ax7 sebelumnya. Pemanasan mesin 3 menit selesai, saatnya diuji coba untuk digerakkan di jalanan. Seperti biasa, saya menggunakan motor pelan” menuju jalan raya, saya mencoba test PP 14km dalam kota dan hasilnya dapat saya katakan… VERY GOOD!

Perpindahan gigi/kopling dari 0-1-2-3-4 berjalan lancar dan halus, putaran gas berlangsung enteng/ringan walau saya rasakan tidak se-ringan oli shell advance ax7, tapi disini saya merasakan putaran gas yang nyaman, bukan seperti milik shell yang berasa ringan tapi spt longgar. Ya ini perbedaan diantara keduanya, setidaknya berlaku pada telapak jari tangan kanan saya ketika menarik gas motor saya ini.

 

pangandaran_trip_kutakhabispikirSehari setelah saya ganti oli, saya putuskan untuk uji nyali kemampuan oli castrol power 1 ini. Ya itung” saya ingin liburan juga sih karena sudah suntuk pekerjaan dan kesibukan aktivitas di rumah. Jadi pada tanggal 5 Juli 2014 saya menuju Pangandaran, Jawa Barat untuk refreshing.

 

me_bthiuIni adalah x pertama saya menuju pangandaran, setelah beberapa hari sebelumnya hanya modal rute perjalanan dari google maps saja, ya saya beranikan diri untuk bepergian, kebetulan ada sobat lama disana, hehe lumayan klo nyasar bisa djemput huahaha 😀 . Saya menuju pangandaran dari wonosobo melalui beberapa wilayah seperti: banyumas – adipala – cilacap – jeruk legi – sidareja – kedungreja – rawa apu – jembatan citandeuy dan kalipucang pangandaran. Kondisi jalan cukup sepi, maklum lagi bulan puasa, jadi saya bisa narik gas motor semaksimal mungkin (mentok sih pastinya). Jalanan yang dilalui memiliki kontur aspal yang campur aduk, saya katakan campur aduk berarti ada yang benar” halus bagus dan ada yang masih aspalan belum rata, plus tentunya jalanan berlubang * gk ada lubang di jalanan berarti bukan indonesia 😛 *. Satu hal yang menarik dari perjalanan ini adalah ketika melalui hutan pinus, aspal benar” halus dan rata tapi saya ingatkan jangan menarik gas dalam” karena kenyataannya jalanan hutan itu berkelok kelok dan walau lebar tetap diam” menghanyutkan, banyak tikungan tajam bahkan ada beberapa tikungan hairpin seperti di sirkuit saja, bener” menguras kemampuan oli karena dipastikan akan sering-sering ganti gigi kopling selama perjalanan.

Yang saya rasakan selama perjalanan liburan kali ini dengan menggunakan oli castrol power 1 adalah:

  • PERFORMA STABIL: Saya tidak menemukan anomali oli dalam keadaan cuaca berubah ubah. Dalam keadaan cuaca panas dingin lalu hujan kemudian panas lagi, performa oli castrol power 1 ini benar-benar memukau saya. Dari semua oli motor bebek 4 tak yang pernah saya pakai selama ini, baru hanya oli castrol power 1 ini yang memiliki kemampuan stabil untuk penggunaan di dalam dan luar kota pada kondisi cuaca yang sering berubah-ubah dengan cepat.

 

  • RESPONSIF: Ya, oli ini memberi respon tenaga yang baik dan stabil, setiap putaran gas pada gigi rendah hingga gigi kopling teratas, oli bekerja dengan sangat baik dalam memberikan kinerja motor yang optimal, baik dalam keadaan jalanan kering ataupun basah, cuaca panas ataupun hujan. Pada beberapa tanjakan, saya menggunakan gigi 3 hingga 4, mesin pun masih merespon dengan memberikan tenaga yang cukup baik untuk bergerak walau di tanjakan yang tidak seberapa. Berbeda dengan dua oli sebelumnya yang tidak memberikan daya ‘angkat’ pada gigi 3 dan gigi 4 di tanjakan.

 

  • PINDAH GIGI LANCAR: Dalam perjalanan saya, saya mungkin telah melakukan ratusan pindah gigi kopling untuk menuju pangandaran, terutama pada tikungan” di hutan pinus saya merasakan perpindahan gigi berjalan dengan baik, tidak ada slip kopling dan suara perpindahan gigi masih termasuk normal, tidak kasar.

 

  • MEREDAM GETARAN MESIN: Oli ini benar-benar bekerja jauh lebih baik dalam meredam getaran mesin ketimbang dua rival sebelumnya yang pernah saya pakai di jupiter z1 yaitu: Pertamina enduro racing dan shell advance ax7. Saya benar-benar nyaman menggunakan oli ini, pada kecepatan 80-100km saya tidak merasa getaran mesin menjadi berat. Berbeda dengan kedua oli sebelumnya, walau sama” dipakai dalam kondisi baru, getaran mesin kedua oli tersebut lebih berasa dibandingkan oli castrol power 1 ini. Tapi yang terparah ya si Enduro racing itu sih 😛

 

  • ADEM AYEM: Perjalanan wonosobo – pangandaran saya tempuh selama 4.5 jam. Dan ini yang membuat saya terkejut adalah kondisi blok luar mesin jupiter saya lebih terasa adem daripada kedua oli rivalnya yaitu enduro racing dan shell advance ax7. Adem disini bukan diartikan benar-benar dingin seperti es batu, tapi perumpamaan mesin tidak sepanas dibandingkan kedua oli rivalnya.
Berpose Dengan Jupiter Z1 di Pantai Batu Hiu Pangandaran
Berpose Dengan si Jupiter Z1 di Pantai Batu Hiu Pangandaran

Akhirnya sampai juga saya di pangandaran, bertemu dengan sobat lama yang sudah lama tidak bertemu. Melepas kangen dan menjadi tur guide saya selama di pangandaran.

 

 

 

 

 

Berikut adalah nilai 1 – 5 OLI CASTROL POWER 1 10w-40 4T (botol brown gold), makin banyak jempol makin baik nilanya:

  • Performa Tenaga Mesin: wuokewuokewuokewuoke
  • Respond Mesin dan Akselerasi: wuokewuokewuokewuokewuoke
  • Perpindahan Gigi Kopling: wuokewuokewuokewuoke
  • Meredam Panas Mesin: wuokewuokewuokewuokewuoke
  • Meredam Getaran Mesin: wuokewuokewuokewuokewuoke
  • Perlindungan Anomali Cuaca: wuokewuokewuokewuokewuoke

 

IMG_201407071 Dan inilah hasil akhir si Jupiter Z1 setelah sampai di rumah, kotor abis pulang dari pangandaran kehujanan d jalan. Baru x ini motor jupi saya sekotor ini 😛

 

 

 

 

IMG_20140707Dan perjalanan kali ini saya menghabiskan 504km dalam tempo 3 hari. Kurang lebihnya selama di pangandaran motor hanya digunakan sejauh 35km berputar di kawasan pangandaran hingga batu hiu. Selebihnya adalah kilometer perjalanan pulang pergi wonosobo – pangandaran, bisa anda hitung sendiri ya 🙂

castrol_review

Iklan

53 thoughts on “Review Oli Castrol Power 1 10w-40 4T di Jupiter Z1 Injeksi

  1. saya baru pake produk yamaha, dari dulu selalu hond4, skrg baru punya motor vega zr, masih bingung nyari olie yang cocok, sudah beberapa merek dicoba tapi belum ada yang pas, oli yamalube juga sudah dicoba tapi masih kurang puas kayaknya, malah kepikiran mau pake punyanya honda SPX1 😀 tapi belum berani coba masih nyari referensi dulu.

    ane mau nyoba castrol aja lagi, dulu sih sempat pake castrol juga lama banget sekitar 10 tahunan untuk honda grand ane, yang gold juga, cuman ada satu kekurangannya menurut ane ya, yaitu penguapan oli nya agak lumayan banyak, gak tahu sih apa karena motornya atau yang lain,

    Suka

  2. mantab reviewnya mas,
    .
    coba pake pertamina fastron ijo 10w-40 harga sekitar 70rb di spbu trus review dan bandingkan dg catrol fan kendall.
    .
    kutunggu reviewnya mas…

    Suka

  3. Mas, kalau ganti merk oli apakah mesin perlu dipakaikan cairan engine flush dulu sebelum ganti oli atau langsung campur saja ? Karena setiap merk setau saya khan memiliki kandungan yg berbeda, apakah sisa oli lama yang tertinggal di mesin tidak akan mempengaruhi kinerja oli yang baru ?

    Suka

    1. 1. Sbnrnya utk mesin dbwh 4thn tdk butuh cairan pembersih gtu kecuali ditemukan anomali sisa oli dlm ruang mesin.

      Maka dari itu pembersihan/pembuangan oli yg baik sebaiknya dibantu dng dorongan semprotan angin yg biasa dlakukan dbengkel ini gunanya utk membantu mengeluarkan sisa oli diruang mesin.

      2. Ganti oli yg baik sebaiknya jng dlakukan saat mesin dingin. Ini sebuah proses fisika sederhana dmana zat cair hangat lbh mudah mencair dan keluar dari celah mesin menuju rongga buang lubang oli drpd cairan yg dingin dan msh kental mengendap di dinding ruang mesin.

      3. Selalu ada sisa oli lama druang mesin walau sudah dbersihkan dng cairan flushing segala krn sifat oli lengket dan tiap oli memiliki karakteristik zat berbeda jd tdk jaminan 100% juga flushing dpt benar” membersihkan ruang oli. Dan walau msh ada sisa oli itupun bukan hitungan mili liter lg rasanya krn paling sisa bbrp tetes saja gk bisa dhitung per mili liter krn jumlahnya sangat sedikit dan tdk akan mempengaruhi zat oli baru yg dtuangkan ke dlm ruang oli mesin.

      Semoga membantu 🙂

      Suka

  4. sependapat dg bro fery, sy pakai oli castrol power 1 di klx 150 sy dah 3x ganti oli, sblum y saya pakai pertamina enduro. kemampuan castrol power 1 dlm meredam panas mesin, akselerasi dan perpindahan gigi pd kondisi jalan off road dan on road dlm berbagai cuaca patut diacungi jempol, benar2 joss gandhoz . . .

    Suka

      1. Pernah makai ketiga oli tsb,berikut hasilnya :
        1.shell unggul di tarikan,kalah dlm hal melindungi(panas,macet)
        2.enduro unggul tipis dlm performa(dibanding shell),kalah dlm hal melindungi jg
        3.castrol kalah dlm hal performa,menang di ketahanan mesin

        Semua ada plus minusnya,pilih yg sesuai kebutuhan
        #supa x 125 2006.perawakan tinggi 172 berat 67kg

        Suka

        1. Terima kasih sudah mampir dan ikut sharing 🙂

          Kalau dari sisi saya yang pernah pakai ketiga oli itu:
          1. Ciri khas shell itu di ‘kehalusan’ putaran gasnya, tapi dia lemah di performa akselerasi dan top speed, dan benar shell itu mudah panas dan ketika sudah panas dia ngedrop performanya.

          2. Untuk enduro racing, ini oli sebenarnya gak buruk amat, dia kuat digempur panas mesin saat saya pakai ke ngawi, performa juga gk jelek amat untuk ke top speed, tapi ‘kehalusan’ gasnya kurang dan walo gk turun performa saat mesin sudah panas diatas perjalanan 150km tapi ini oli bener-bener susah bikin adem mesin jupi z1 injeksi saya punya, jadi kekuatan untuk bikin mesin adem ini jadi kendala…setidaknya dari pengalaman saya.

          3. Untuk castrol, oli ini sejauh ini oli kualitas sangat baik, digempur di cuaca panas hujan performa stabil, ‘kehalusan’ gasnya juga bisa dbilang standard walo jelas kalah dari shell, ketahanan digempur putaran mesinnya top banget, top speed juga ok. Sejauh ini masih sulit saya temukan kelemahan castrol, tapi castrol ini kalah telak dari performa total oil hi perf 10w-40 yang pernah dipakai di jupi z1 injeksi milik saya.

          Memang benar, semua oli ada plus minusnya, pada akhirnya juga kembali ke karakter pengendara diatas mesin motornya dan perawatan motornya. Kita mah netral aja 🙂

          Salam.

          Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s