Review Oli Shell Advance AX7 di Jupiter Z1 Injeksi

695e1cc6-b84f-4853-8b25-4a4c73283b41wallpaperOk setelah semalam saya menulis review tentang kesan saya menggunakan oli enduro racing 4T. Hari ini sepulangnya dari bengkel untuk servis gratis motor yang kedua, langsung saja saya akan tulis review mengenai oli shell advance ax7.

Bangun pagi” masih berasa ngantuk, jam 8 menuju bengkel yamaha langganan saya. Singkat kata di area situ pun ada bengkel motor yang sudah berpuluh tahun berdiri, sjk jaman saya smp klo gk salah ingat neh *maklum faktor usia* :P. Sampailah saya dbengkel itu, langsung saya tanyakan ketersediaan oli Motul 5100, dan ternyata nol besar mereka gk pernah stok sama sekali, padahal ini bengkel sparepart motor terbesar di kota saya, dan mrk gk pernah stok sama sekali dng alasan harganya mahal diatas 100rb cuy! Si sales nawarin Motul 3100 dng harga 80K alias Rp.80.000,-.

IMG_20140613_092202

Liat liat bentar..hmm gk jadi deh laennya aja *cuma bawa duit 60rb sih alasan sebenarnya* ๐Ÿ˜€ lalu dipilihlah dua oli: Castrol Power 1 dan Shell Advance AX7. Castrol sendiri kena harga 48K dan Shell kena harga 55K, hmm…karena pernah pengalaman pakai shell tempo dulu dng kawak ninja dan hasilnya memuaskan, akhirnya saya beli shell advance ax7, dan uang Rp.55.000,- berpindah tangan.

IMG_20140613_091011Dbawalah ini oli k yamaha, sekalian ganti oli dari si pendahulunya enduro racing 4T yg belum sampe 1000KM penggunaan sudah tewas performanya. Sampai kaget juga sih liat si enduro waktu di keluarin, kok item gtu padahal belum 1000km penggunaan loh! Biasanya dari pengalaman saya oli yg sudah menghitam pekat itu klo sudah dpakai min.1500, ini dari pengalaman saya terdahulu dng menggunakan beberapa jenis merek oli: TOP 1, Shell, Castrol, Repsol, selaen itu blm pernah merek laen. Tapi paling parah pekatnya sih TOP 1 dan sejak itu gk pernah pake top 1 lg. Oya, kilometer saat ganti oli ini menunjukkan si jupi sudah melanglang buana sepanjang 2058km.

Ngajak ngobrol si mekanik, dua mekanik urusin jupi saya, pantesan lah servisnya secepat kilat cuma 15mnt bongkar pasang ganti oli cek sistem injeksi dsb langsung beres. Oya saya juga sekalian ganti busi dari sebelumnya NGK Iridium saya ganti dng BOSCH Platinum Iridium. NGK Iridium sendiri saya beli online harga 90K, dan Bosch kena harga 70K, aneh memang ya kenapa bosch malah lbh murah? Performa busi NGK dipakai +/- 1500km performa busi tetap baik, nah gantian apakah Bosch ini juga akan memiliki performa yg sama ato lebih baik, ini butuh waktu dtesting, berhubung bulan depan keluar kota lagi jadi review busi bosch ini akan nongol di edisi blogging bulan depan ya!

IMG_20140613_085344Balik ke servis motor, kata si mekanik sih enduro racing 4T memang bukan saingan shell advance ax7, beda jaoh performanya, bahkan ini dua mekanik satu suara ini shell bener” bikin tarikan motor jadi enteng *sampe tau harga olinya juga!*. Noh si oli shell masih dalam plastik hitam dlantai bengkel *gk sempet fotoin wkt dtkp*. Singkat kata ini servis sudah beres, apa sudah selesai? Oh belum, di bengkel yamaha ini setelah selesai servis, baik servis gratis ato yg berbayar, enaknya dbengkel ini adalah kita dapat jasa layanan cuci motor gratis! Lumayan lah, sambil nyruput teh botol gratisan yg dsediakan motor sedang antri utk dcuci. Tapi ya itu, jng berharap hasil cucian bener” kinclong ya, soalnya masih ada sisa bercak sabun di cermin spion dan body motor, jadi rencana abis nulis ini saya akan cuci ulang si jupi sampe kinclong!

shellServis dan cuci gratis selesai, saatnya mencoba si oli ini. Motor menuju arah luar kota, lumayan ada jalan dng trek lurus mendatar hingga sedikit menurun sepanjang 2km, ini saatnya test drive oli baru. Motor dhidupkan, masuk gigi satu, beeuh….bener” deh perpindahan giginya berasa aluuuusss banget cuy! gk ada suara krek gtu lg yg berasa banget spt wkt pake enduro racing 4t, coba mainkan gas…dan bener enteng tarikannya! Motor pun mulai melaju…pelan” sambil nunggu oli bener” mulai meresap ke celah” mesin sampai tiba di lokasi trek lurus….motor mulai melaju makin kencang, tarikan motor begitu enteng, gigi tiga mentok 80km ganti ke gigi 4 dan gas pol hingga mata ini melek liat jarum spedometer menunjukkan kecepatan 125km!

Ok lah saya rasa 125km utk sebuah awal ganti oli memang performa yang bagus, ini tidak bisa dijadikan acuan utk seting situasi dimana motor harus menghadapi kemacetan dan kondisi jalanan luar kota. Tapi utk sebuah awal ganti oli, mencapai 125km dng kondisi mesin standard dan hanya modal ganti oli dan busi ini sudah sangat baik. Dari 80km menuju – 125km mesin merespon dng baik dan tarikan berasa enteng, getaran mesin pun masih minim dan suara mesin masih normal tp klo dbandingkan dng waktu ganti oli dng enduro racing 4t, getaran mesin dan suara mesin masih bagusan shell advance ax7 ini.

ย Vonis Oli Shell Advance AX7 di Jupiter Z1 Injeksi saya:

POSITIF:

  1. Harga oli masih masuk kategori low price. Anda bisa menebus oli ini di kisaran 50 ribuan, saya sempat bertanya pada teman saat menunggu cuci motor, di area jakarta shell advance ax7 dijual 49K, di wonosobo kota saya kena 55K. Jadi harga kisarannya berbeda ya, entah apa alasannya itu urusan marketing mereka dan demand pasar juga. Jadi dng Rp.55.000,- utk harga dkota saya ini oli masih masuk kategori low price and good value.
  2. Oli shell termasuk oli yang sudah sangat lama peredarannya di Indonesia, jadi walo ini termasuk oli branded luar negeri, anda dapat dengan mudah mendapatkannya di berbagai bengkel di kota anda, tapi ingat..tidak semua varian shell ada di semua bengkel ya! Khusus untuk AX7 ini saya rasa sampai di kota kecil pun mudah di dapatkan. Jadi soal distribusi oli shell buat saya termasuk bagus.
  3. Performa oli dapat dirasakan seketika, anda akan merasakan perbedaan pada putaran gas yang lebih ringan dan suara tarikan mesin yang lebih mempesona, ya setidaknya ini yang saya dapati untuk kasus jupiter z1 injeksi milik saya.
  4. Untuk putaran akselerasi bawah hingga menengah oli ini saya rasakan lebih baik daripada enduro racing 4t, setidaknya saya merasa jupi z1 saya ada tenaga bawah sebelum mencapai menengah dan atas. Jadi saya bisa bayangkan di sela” kemacetan yang membutuhkan tenaga akselerasi bawah motor saya dapat merespon dng baik.
  5. Untuk putaran mesin pada akselerasi atas, saya merasa tarikan gas tetap ringan dan tenaga dapat dikeluarkan dengan baik, getaran mesin minim, perpindahan gigi berasa halus dan mesin dapat digeber melebihi batas normal, saya sebut normal itu antara 80-100km, diatas itu buat saya ya sudah performance risk. Jadi bisa mencapai 125km dengan mudah dan kondisi mesin motor tetap stabil dng oli shell buat saya ini sebuah acungan jempol utk shell advance ax7. Sekedar tambahan, 125km yang saya capai pun sebenarnya masih berasa ada sisa untuk dgeber lebih lagi, saya perkirakan jupi saya bisa mencapai 130km waktu tadi di tes di trek lurus datar, tapi sayang…ada tukang bakso nyebrang *serius!* jadi gas harus dkendorkan.

NEGATIF:

  1. Untuk point negatif dalam kasus jupi z1 injeksi yg saya gunakan, oli shell ini saya rasakan untuk penggunaan stop and go *tadi sempet jalanan macet sebentar* mesin mulai berasa lebih hangat. Memang sih cuma 2mnt macet tapi saya mikir kok tingkat naik panasnya cepet gni ya. Dari dulu saat dng kawak ninja pake shell jenis laen memang efek panasnya sama. Mungkin ini kekurangan shell ya dalam kondisi stop n go efek bikin mesin adem masih belum baik. Tapi tingkat panasnya masih lebih baik daripada saat saya pake enduro racing 4t kemarin itu.
  2. Harga, oke lah harga Rp.55.000,- di kota saya, awalnya tadi saya sempet mikir harga paling ya 48rb *masih dbwh 50* tapi begitu dkasih tau harganya segitu, ya rada kaget juga sih. Menurut saya oli shell ini memang masih murah tp lebih pas lagi bila harganya dbawah 50rb.

Oya, yang saya beli adalah Oli Shell Advance AX7 dng SAE 10-40, 0.8L. Untuk saat ini review hanya bisa sampai disini karena belum coba lagi motor utk aktivitas lain, bila ada hal positif / negatif lainnya akan saya tambahkan disini.

Bagaimana bro kesan anda menggunakan shell advance ax7 di motor anda?

16 thoughts on “Review Oli Shell Advance AX7 di Jupiter Z1 Injeksi

  1. Oiya maaf mas sy lupa, sdh 2 minggu ini ban depan & belakang kalo dipakai mau belok seperti goyang / seperti mau jatuh, sy liat tidak kempes, tadi sudah sy tambah angin, tp sy coba pakai jalan, tetep terasa spt mau jatuh / oleng, kenapa ya mas?, maaf banyak tanya mas. Takut dibohongi sm orang bengkel, hehe…3x.
    Makasih mas Ferry..
    agwi

    Suka

    1. Coba mas periksa dr tingkat keausan ban dulu ini yg paling mudah. Yg agak ribet ngecek apakah ada masalah di stang dan lengan ayun?

      Klo dr pengalaman saya ban dpn saya kondisi gtu krn ban saya dah mulai gundul dan pernah stang gk kencang (krn kecelakaan jd blm dbenerin dng pas sama montirnya). Klo belakang biasanya jrg lengan ayunnya saya menemukan kasus saya ada dmslh gear rantai yg sdh kendor bagian dalamnya itu kan ada bbrp blok karetnya. Klo soal istilahnya apa saya gk tau itu mas. Beban berlebih diatas motor juga berpengaruh.

      Hehe klo dbawa kbengkel resmi yamaha sptnya gk akan diakalin kok mas ๐Ÿ™‚ toh motor anda sptnya msh dlm masa garansi pabrikan juga.

      Suka

      1. iya bener mas, nanti sy bawa ke yamaha resminya aja deh.
        Trimaksih mas Ferry atas infonya, maaf malam2 ganggu, jam segini di wonosobo lg dingin2nya, he….3x., jangan bosan2 kalo sy banyak tanya ya mas.
        trimaksih..
        agwi

        Suka

        1. Gpp mas kebetulan saya kerjanya malam ini jg lg mulai kerja mas malam jd bisa konsen. Mungkin nanti klo dah saatnya saya akan buat website sendiri ya spt forum kecil”an utk tukar pengalaman n info bagi sesama motor riders di indonesia. Salam

          Suka

  2. Ok mas Ferry, trimaksih banyak atas infonya, sy masih awam sama yang berbau mesin, di selama ini sy cari2 tau dari mekanik, teman & googling.
    kebetulan ini ketemu mas Ferry, jd sy bisa tambah tau lagi.
    Trimaksih mas atas kelengkapan infonya.
    Tetap semangat Review mas.

    agwi

    Suka

    1. Busi NGK IRIDIUM seri CR7HIX 7544 dbungkus luarnya. Pada body busi kodenya NGK R CR6HSA. Tp ini sementara busi saya gk pake,krn ada beda 2mm dng busi BOSCH IRIDIUM yg lbh sempit celahnya jd bisa lbh irit dikit utk pembakaran jd bensin pun lbh irit sdikit juga,sudah saya buktikan wkt 2x PP wonosobo – ngawi, busi bosch performanya buat motor saya lbh baik.

      Harga busi NGK diatas 90rb, klo busi BOSCH 70-75rb. Monggo dipilih ๐Ÿ™‚

      Suka

        1. Maaf saya salah baca. Hahaha ini saya ada 2 bungkus busi,yg ngk standar saya masukkan d bungkus ngk iridium yg ngk iridium saya masukkan k dus bosch iridium, busi bosch dpake d jupi saya. Hahaha saya salah baca td yg bener serialnya di dus dan body busi sama yaitu: CR7HIX 7544. Kalau mo liat spt apa businya kasih tau email anda nanti saya kirim gbrnya.

          Dng dmikian kesalahan info sblmnya sdh diperbaiki. Thanx utk infonya ๐Ÿ™‚

          Suka

  3. Perbandingan Oli yang sya pake di
    Jupiter Z1 sya

    Castrol Power 1:
    >Kemampuan mengurangi getaran
    mesin : 5
    >Perpindahan gigi : 4
    >Performa mesin : 3
    >Kemampuan meredam panas mesin
    (jalanan macet) : 4
    Skor Total : 16
    Shell Advance AX7
    >Kemampuan mengurangi getaran
    mesin : 5
    >Perpindahan gigi : 4
    >Performa mesin : 4
    >Kemampuan meredam panas mesin
    (jalanan macet) : 3
    Skor Total : 16
    Agak susah menentukan siapa yang
    menangโ€ฆkedua oli tersebut punya kelebihan
    masing2. Shell unggul dalam hal performa
    mesin tapi kalo urusan macet seperti di
    Jakarta, agak kedodoran dibandingkan
    Castrol. Di tengah kemacetan pake oli
    Castrol terasa lebih pas, mesin tidak
    kegerahan.

    Suka

    1. Trima kasih bung Aldi telah mampir kblog saya. Utk castrol saya blm sempat coba d jupi saya, dulu terakhir saya pakai utk ninja 150r saya hasilnya kurang pas.

      Rencana bln dpn abis pulang dr luar kota akan ganti oli lg dan coba dng castrol power 1 dan akan saya review juga.

      Memang urusan tarikan mesin banyak faktor:
      1. Usia mesin.
      2. Perawatan mesin.
      3. Kelancaran pasokan bensin ke ruang mesin, pembakaran dan outputnya ada di knalpot juga pengaruh.

      Klo oli saya cari yg balance antara kekuatan pada tarikan bawah dan atas 40:60, shell hampir memenuhi harapan saya utk perbandingan itu.

      Nah utk urusan performa oli pada stop n go ini juga pastinya berbeda tiap area, berhubung wonosobo 24jam dingin jd panasnya pd wkt stop n go itu hrs rada sensitif kaki pengendara merasakannya *nempel dikit lah ke mesinnya*, yg saya bisa katakan utk stop n go d area kota saya shell lbh baik meredam panas drpd enduro racing.

      Mungkin bung aldi klo ada blog juga saya bisa mampir, kita sharing ttg jupiter kita.

      Salam.

      Suka

    1. Halo bung Ryan. trima kasih sdh mampir k blog sederhana saya.

      Utk kemampuan meredam panas pd wkt stop n go antara enduro dan shell ax7 masih bagusan shell. Ini kondisinya dkota saya ya wonosobo yg notabene 24jam dingin walo cuaca cerah.

      Bulan dpn bru dpakai utk keluar kota dan akan saya update lg kemampuan meredam panas dwkt stop n go utk aktivitas keluar kota.

      Yg sederhana utk cek suhu mesin bisa pake infra red thermometer, cukup pointing ke blok mesin luar sekitar 15-30dtk maka hasil akan keluar brp derajat celcius.

      Salam.

      Suka

      1. Apakabar mas Ferry,
        Sy selalu ikuti perkembangan motor Jupi mas ferry, walaupun motor sy Force, tadinya mau kredit Jui MX, tp berhubung dana bulanannya pas-pasan, akhirnya sy pakai Force, ditambah pemakaian sy yg didlam kota jakarta yg sering stop & go.
        BTW maaf kalo sy salah, dr awal mas ferry gk pernah cerita pakai bahan bakar premium apa pertamax…?
        Sedikit info aja mas, dari baru Force sy pakai pertamax, tp baru 2 minggu ini sy coba pakai Shell, ditambah lg ada promo di Shell dg asuransi kecelakaan & poin2nya.

        Beda jauh mas, antara Pertamax dan Shell yg super, sy pakai pertamax hampir setahun, setelah sy coba shell, suara mesin jd lebih haluuuuus.., kopling juga lembut banget di opernya.

        Tadinya sy mau coba pakai oli Castrol Power1 : 10W-40 4T seperti yg direkomendasiin sm mas Ferry waktu touring dr wonosobo, tp setelah sy coba pakai bahan bakar Shell yg super, sy jd mikir, kenapa gak sekalian sy pakai Oli Shell juga..?

        Rencananya dlm minggu2 ini sy mau ganti pakai oli shell & bahan bakarnya Shell Super mas, kalo shell terlalu panas untuk di jakarta, mgkn sy akan ganti pakai oli Castrol Power 1 yg kalo sy baca dari penjelasan mas Ferry, oli Castrol agak lebih dingin dibanding Shell.

        Tetap buat Reviewnya mas, jd kita bisa tahu pengalaman2 dr mas Ferry, yang mungkin baik juga untuk motor2 kita..

        Trimksh….

        Agwi.

        Suka

        1. Saya pakai premium n pertamax selama ini mas ๐Ÿ™‚ Kebetulan saya ambil items yg mudah djumpai dbbrp kota jd seumur hdp sampai skrg blm pernah pakai bbm shell, mas ๐Ÿ™‚ olinya saja udah pernah dikota saya bahkan sampai jogja saya blm temukan yg jual bbm shell ๐Ÿ™‚ Soal kualitas shell dng jenis pertamax pertamina juga beda, harga jg beda tp gk smua org mampu beli bbm shell selain harga (dng perbandingan pertamax walo shell super lbh murah 10.200 di jabodetabek tp harga msh sensitif juga bagi sebagian org) juga krn hal ketersediaannya. Kebetulan saya ada teman di total oil balikpapan n dpertamina cilacap dan itu si ijo ijo P dr malayshit jd pernah cerita soal jenis hasil tambang bumi perusahaan mrk jd dluar harga walo ada bbm dng nilai oktan yg sama blm tentu menghasilkan performa yg sama juga salah satu faktornya ada di pengolahan hasil bumi itu sendiri hingga mjd bbm siap pakai ke konsumen ๐Ÿ™‚

          Nah mengenai performa motor itu jg ada hubnya dng bbm n oli tp faktor utamanya ada di jenis bbmnya dulu pakai yg nilai oktan brp, oli hanyalah komponen liquid yg melancarkan pergerakkan komponen piston dlm dinding ruang mesin tp pergerakannya d dorong oleh hasil pembakaran bbm (busi memproses pembakaran bbm dng percikan api elektrodanya) dlm ruang mesin (dluar oli gear dsb). Nilai oktan bbm yg tinggi memberi performa yg lbh berasa walau nilai kompresi mesin tdk begitu tinggi. Tp nilai kompresi mesin rendah + nilai oktan bbm tinggi yg berlebih jg tdk baek utk mesin motor tertentu (ada perhitungan jenis zat logam pd komponen mesin dan batas maksimal performa mesin dr itungan kompresi mesin+nilai oktan bbm).

          Umumnya bbm nilai oktan tinggi memang memberi “rasa” mesin yg lbh smooth ini berlaku utk bensin shell n pertamax dsb tp biasanya yg baek utk motor nilai oktan tdk lbh dr 100 salah satunya adalah krn faktor penggunaan zat aditif pd jenis bbm tsb (dluar premium dan sejenisnya). Hasil akhir smooth performa mesin jg ada dpengaruhi dr sistem pengapian hingga knalpot motor sekaligus.

          Nah hasil ulasan saya tdk bisa diambil rata berlaku utk semua jupi z1 walo mrk pemakai menggunakan komponen yg serupa dng yg saya pakai. Diluar komponen “permesinan” ada faktor lain yg membuat sebuah motor tipe sama n komponen sama n kondisi yg sama persis memiliki faktor yg lbh baik atau lbh unggul dluar faktor alam yaitu teknik mengendarai motor (user skill).

          Jd misal dua motor moto gp yg sama persis satu tim pabrikan sama setingannya, bannya, dsb pokoknya identik 100% dbawa dua pengendara berbeda hasilnya pun bisa berbeda itu salah satu faktor teknikal mengendarai motor yg berpengaruh pd hasil akhir performa motor.

          Kelak klo bisa icip” bbm shell saya akan review juga ๐Ÿ™‚

          Salam

          Suka

Komentar ditutup.