Gas 3kg Langka? Agen LPG Nakal? LAPORKAN KE PERTAMINA!

Kali ini saya akan menuliskan pengalaman saya yang berurusan dengan susahnya mencari gas lpg 3kg sampe ke pangkalan agen hingga panduan keselamatan penggunaan akal busuk ala pemilik pangkalan!

Pada tanggal 20 Mei 2014, kesabaran saya sudah habis… saya baru saja keluar sekitar 10 menit mencari gas lpg 3kg, awalnya saya cari di warung pengecer yang berjarak 500m dari rumah saya, dan kosong tidak ada gas lpg 3kg sama sekali, habis! Lalu motor melaju ke arah pangkalan lpg pertamina jarak 500m dari warung pengecer. Sesampainya saya di pangkalan tsb, saya masuk k warungnya (warung sembako+pangkalan lpg) saya melihat tumpukan gas lpg 3kg di depan mata saya masih tersisa cukup banyak, mungkin sekitar 8-10 unit. Disitu terdapat seorang perempuan penjaga warung dan saya menanyakan apakah ada gas lpg 3kg (saya sebelumnya sudah melihat gas 3kg yg masih full tsb), si penjaga warung mengatakan habis! Saya tanya lagi ini masih ada kok mbak saya cuma butuh satu aja (sambil saya menenteng gas 3kg kosong milik saya) dan mbak ini menjawab gas isi tersebut sudah dipesan orang.

Kasarannya kan gni ada beberapa tabung gas yang masih isi di depan mata saya dan saya sebagai end user/pemakai hanya butuh 1 saja. Misal itu gas lpg 3kg yg masih isi masih sisa 8-10 kan gk rugi amat itu yg pesan klo saya yg jelas datang lbh dulu memerlukannya membeli lebih dulu sedangkan pihak yg pesan masih bisa dapat sisanya. Tapi tetep dng suara jutek si mbak ini tetap gk kasih. Saat saya tanya ya udah mbak saya pesen satu buat sore nanti kan siang nanti di stok lagi dari suplier gasnya, mbak ini dengan nada makin gk enak tetep mengatakan TIDAK BISA!

Jujur kekesalan saya dah memuncak. Sangat sulit mendapatkan gas lpg 3 di area wilayah rumah saya, yang notabene saya cuma tau 2 tempat saja dan krn saya bukan google maps jadi wajar saja bila saya hanya bisa mengunjungi tempat yg jual lpg yg bisa dilihat oleh mata saya sepanjang perjalanan saya bawa gas lpg 3kg sambil nyetir motor bebek!

Kalaupun dapat, jumlah tabung gas tidak layak pakai akibat kebocoran seal karet pengaman yang pernah di dapat jauh lebih sering daripada jumlah tabung gas normal yang gk perlu di otak atik dari mulai ganti seal karet sampe hal” aneh pencet” ujung besi dalam lubang gas utk mengeluarkan gas awal.

Akhirnya saya memutuskan tanggal 20 Mei 2014 tersebut sebagai hari tonggak bersejarah untuk saya yang tidak mau lagi menerima perlakuan aneh” munafik binti nyebelin para petugas pangkalan agen lpg ini. Saya hanya pernah mengunjungi 2 pangkalan agen dan semuanya menyebalkan!

Karena menurut saya sudah cukup namanya konsumen dipermainkan, mengingat saya konsumen dilindungi hak’nya oleh UU, maka saya melaporkan via email keluh kesah saya via email ke layanan pelanggan pertamina. Anda bisa menemukan email layanan konsumen pertamina melalui link berikut ini: http://bit.ly/1hjh8ay

 Jam 12.56pm saya mengirim email keluh kesah dan pengalaman nyata kisah saya mencari gas lpg 3kg dan sikap pemilik pangkalan yg kurang ber-empati dan cuek akhirnya terbayarkan dengan adanya respon via email dari pertamina pukul 16.06pm. Dan korespondensi laporan terus berlanjut hingga tanggal 23 Mei 2014 dimana pada laporan terakhir saya, saya menyertakan dua foto lokasi pangkalan lpg dimaksud dalam email saya tsb.

Dan hari ini tanggal 24 Mei 2014, pihak koordinator dan penyuplai salah satu pangkalan menghubungi saya via telp (saya sertakan data saya sebagai pelapor dari nama+alamat+no telp dalam laporan email saya), ya kira-kira sekitar 2jam lalu. Dan sekitar 15 menit setelah menelpon saya, koordinator dan penyuplai pangkalan ini mendatangi rumah saya.

Kami pun berbincang di teras rumah saya yang sederhana. Seorang bapak-bapak yang menurut saya usianya kepala 4 lah sptnya. Kami pun ngobrol seputar keluhan saya yang terjadi pada pangkalan yang masuk dalam area wilayahnya, beliau menjelaskan tentang ini itu seputar pangkalan, distribusi, kaitan koordinasi hingga soal pemakaian gas lpg 3kg oleh ibu saya. Ya, ibu saya termasuk salah satu orang miskin yang masuk dalam kategori warga penerima jatah konversi dari minyak tanah ke tabung gas ini.

Singkat kata saya mengajukan keluhan protes langsung kepada bapak koordinator dan penyuplai ini dan ditanggapi dengan baik.

Pertamina, pimpinan Ibu Karen. Kemampuan layanan pelanggan berbasis IT sungguh baik! Dalam tempo singkat laporan saya diproses dan pihak suplier gas wilayah kota saya kena ‘semprit’ dr pertamina dan langsung menghubungi saya by phone.

Utk anda yg mengalami kendala dlapangan dalam mencari gas lpg, terutama 3kg dan anda memang termasuk penerima konversi dari minyak tanah ke gas lpg 3kg maka anda berhak mendapatkan pelayanan dari Pertamina.Jika anda seorang end user/pengguna gas lpg 3kg mendapatkan pihak agen lpg nakal yang jelas” tdk memberikan kepada anda jatah isi ulang lpg 3kg dng alasan gas sampe habis (padahal truk gas baru datang bawa stok baru) atau gas lpg sudah dipesan (gila klo semuanya dah bener” langsung ludes dipesan! aneh kan?) atau dng jelas” menyembunyikan gas lpg 3kg dari pelanggan end user/satuan atau juga mengajari anda dengan panduan teknik modifikasi yang beresiko pada tabung gas 3kg. Silahkan anda laporkan;

Nama Agen + Alamat Agen + Foto Depo Agen.

Kirimkan via email ke alamat email custome service pertamina yang dapat ditemukan di http://bit.ly/1hjh8ay

Ini adalah bentuk pembelajaran bahwa masyarakat kecil memiliki hak dijamin undang-undang hak pelayanan dan perlindungan konsumen.

Jadi jangan takut bila hak anda tidak diberikan, laporkan dan berantas agen lpg nakal!

Iklan

16 thoughts on “Gas 3kg Langka? Agen LPG Nakal? LAPORKAN KE PERTAMINA!

  1. Harga tabung gas 3 kg d tempat kami dari agen mencapai Rp 19000 s/d 21000 kami mohon pembenahan ulang daerah ada di daerah desa bojongsari, sub ageb cigebar gas dan agennya dari pt. Musfa

    Suka

    1. Terima kasih utk sharingnya.

      Ayo ikut dlaporkan ke pertamina mas via email atau telepon.

      Klo dr agen saja sdh 19rban gtu itu menyalahi aturan pertamina. Krn biasanya dr agen ke pangkalan aja djualnya Rp.13500 djawa. Saya tau krn kenalan bibi saya disuplay lpg 3kg dr agen.

      Suka

  2. Hari ini tgl 15 April 2017 saya benar2 merasakan susahnya mencari gas melon 3 kg. Padahal saya sudah mencari ke agen2 gas yg memasang spanduk dgn harga 16.000 pertabung. Memang ada gas nya tetapi jawabannya habis karna sudah pesanan orang. Saya jadi berfikir bahwa agen2 tersebut hanya formalitas saja pasang spanduk tersebut. Agar mereka dapat pasokan gas dari pemerintah, yg pada kenyataannya mereka memonopoli penjualan gas karena setahu saya mereka mempunyai beberapa agen gas didaerah tersebut yg beralamat di jl. Merpati citayam bojong gede bogor. Karena persis didepan agen tersebut ada warung yg punya gas tetapi dijual dgn harga kisaran 22 sampai 25 ribu pertabung. Saya harap JAJARAN ESDM LEBIH MEMPERKETAT DAN MEMBERIKAN SANKSI KEPADA AGEN2 GAS YG BERMAIN CURANG ATAU MEMONOPOLI PENJUALAN GAS UTK RAKYAT.

    Suka

    1. Terima kasih utk sharingnya 🙂

      Dr pengalaman saya di bbrp pangkalan memang mrk sudah spt dbooking utk pengambilan gas dr pihak pengecer tertentu. Pemasangan info SEDIA GAS / GAS ADA saya jg sering temukan hanya formalitas krn saya jg sering temukan hal yg sama spt anda gas sudah dipesan pengecer yg biasanya diambil pakai motor sekali ambil bisa 6-8 utk djual dtempat desa kecil yg agak jauh beli kpangkalan dan biasanya djual diatas 20rb.

      Dimana mana sumber energi selalu jd permainan komoditas yg tidak pernah adil dan susah di manage. Sedangkan bila rakyat mampu mengolah sumber energi alami scr mandiri malah pemerintah gk support.

      Saya pernah lapor ke 2x ke pertamina via email gak ditanggapi gk ada balasan. Yah itulah pekerjaan pencitraan mrk saja.

      Suka

  3. Didaerah Cikampek daerah Bina Marga Sekitarnya, agen malah jualnya ke warung sementara kalo beli di agen habis. Tolong ditindak sama Pertamina ding kondisi spt ini dsn pengawasannya gimana?

    Suka

  4. iyah nih banyak sub agen dan warung yang nakal .. susah jadinya dapat gas ,, ada cara menutup usaha mereka yang nakal mempermainkan penjualan gas yah .. jujur saja pengalaman penjual yang sok berkuasa akan gas 3KG khususnya sangat meresahkan .. dari sub agennya saja harga gas udah 22rb , diwarung sampe ada jual 25rb . . dan pengalaman yang jelas jelas baru turun barang eh malah ditolak mentah mentah dengan alasan sudah dibooking RT/RW setempat …

    Suka

    1. Klo harga pasaran dwarung gtu biasanya 18-19rb saja djawa.Klo lbh dr itu apalagi berlama lama diatas 20rb dkondisi stok lpg dr pertamina masih lancar ke agen berarti ada permainan dsub agen sampai kwarung.

      Bbrp oknum memang bermain curang, saya pernah menemukan dlapangan spt itu.

      Coba anda diam” potret kondisi saat truk agen lpg pertamina nyetok ke oknum n kirim foto n info jelas ke email pertamina utk dtindaklanjuti.

      Salam.

      Suka

  5. Memang sangat di sayangkan program pemerintah yg asalnya utk rakyat miskin malah dimanfaatkan para pengusaha (agen & pangkalan) penyalur gas lpg 3 kg, sekali kali petugas pertamina seharusnya mengadakan pengecekan lapangan teruma ke masyarakat pengguna lpg 3 kg, mulai dari kota sampai pelosok desa, cek harga nya sesuai apa tdk dgn program serta pemakainya karna sangat banyak rumah makan hotel dan jenis usaha lain nya memakai gas lpg 3 kg. yg mana secara aturan tdk diperbolehkan, kalau mengandalkan aparat di daerah baik kepolisian maupun pemerintah daerah rasanya ga bakalan jalan karna fakta kondisi sekarang para petugas tersebut tdk peduli dgn kondisi harga maupun kelayakan pemakai gas lpg bersubsidi
    .

    Suka

    1. Buat korporasi yg penting ada pemasukan lancar tidak begitu mempedulikan laporan masyarakat dan pengetatan di lapangan. Itu rencana pemerintah yg katanya akan bikin pengetatan pembelian lpg 3kg dng kertas/kartu id pun sampai sekarang sudah menguap entah gimana lanjutannya. Biasa lah…lupa…

      Suka

  6. Mohon ditindaklanjuti agen elpiji ayong jl. Sidotopo wetan luar surabaya 60128 menjual elpiji 3kg ke oknum yg bawa mobil pick up ke madura shg langka keberadaannya di daerah surabaya utara.

    Suka

    1. Klo dia pengecer tp jualnya dluar wilayah agen dan pangkalan yg menjual itu ilegal pak krn setiap agen/pangkalan hanya diijinkan mendistribusikan gas lpg sesuai areanya. Jika bpk ada semacam bukti foto utk memperkuat laporan akan lbh baik. Bapak bisa laporkan ke pertamina di:

      Kantor Pusat

      Jl. Medan Merdeka Timur 1A,
      Jakarta 10110
      Telp : 500-000 (lokal)
      Email : pcc@pertamina.com

      Laporan akan difollow up pak saya sudah pernah mencobanya via email 🙂
      Mari kita berantas oknum lpg nakal bersama-sama!

      Suka

  7. Berbagai macam derita rakyat dari gas lpg 3kg kayak tidak pernah habis di semua pelosok daerah Indonesia Raya, sepanjang para pengurus negaranya belum mampu becus mengaturnya. tidak ada kemauan atau memang ada kesengajaan untuk keuntungan semata rakyat kecil jadi korban. barang langka pengguna banyak otomatis harga meroket . punyakah mereka hati nurani ? yang pasti kenikmatan dunia sesaat saja yg mereka pikirkan

    Suka

    1. Terima kasih telah ikut berpartisipasi dalam berkomentar. Semoga mereka yang berkepentingan bisa memberikan solusinya dengan ingat Tuhannya supaya jalan mereka baik demi rakyatnya.

      Suka

  8. Terimakasih share pengalamannya, sehingga saya terasa mempunyai saudara…
    Ini terjadi juga kepada saya, dan salinan ini e-mail yang ditujukan ke http://bit.ly/1hjh8ay
    Disampaikan dengan hormat, …
    Mohon maaf sebelumnya, nama saya US alamat Kab. Kuningan
    Di hari ini Senin Tanggal. 28 Juli 2014 saat orang-orang bersuka cita mengisi hari raya. Saya merasa amat sedih dan kecewa karena isi tabung gas saya habis. Akhirnya saya mencari ke tiap toko tapi hasilnya nihil, setelah menempuh perjalan sejauh 9,4 Km + 1 jam (karena tiap toko/depot mampir menanyakan isi ulang gas) ditemani anak saya yang paling gede (kelas 4 SD) sampailah saya di satu SPBU.
    Sekira pkl. 13.36 WIB. saya mendatangi SPBU 34.455.09 Jl. Raya Oleched Kuningan, Jawa Barat. Dengan niat membeli isi ulang tabung gas 3 Kg. Rupanya kesedihan saya belum berakhir oleh petugas disana dikatakan stok habis. padahal saya melihat sendiri masih banyak tabung-tabung yang masih tersegel dengan rapi. Untuk buktinya saya sempat memoto dengan hand phone saya. Dan saya bilang ke anak saya “Nak sabarlah”…
    Berdasarkan hal tersebut kami mohon. SPBU tersebut supaya ada hukuman sebagai efek jera.
    Dan sampai surat ini dilayangkan, saya masih bingung…. Bagaimana nanti sore istriku masak, anak-anakku yang ingin dibuatkan segelas susu hangat….
    Terlebih kepada anakku yang kedua (usia 3 tahun) saya hanya bisa menatap kosong. “sabar nak hari ini mungkin kita puasa sampai batas waktu yang tak diketahui”.
    Terimakasih.

    Suka

    1. Semoga laporan email bpk k pertamina segera mendapatkan respon. Saya sendiri sudah di datangi satu agen area leader dan memberi jaminan ksaya akan dpt gas lpg 3kg bahkan bila habis d depo boleh langsung kt4 agen utk beli.

      Saya sebut agen dlm artikel itu krn agen juga bermasalah dlm mendidik deponya. Jd agen pun bersalah dlm hal pelayanan konsumen dr depo ke end user. Tp mslh saya sudah di clearkan tp blm dtanggapi dng agen wilayah lainnya.

      Bila masih belum ada tanggapan bpk bisa datangi SPBU itu temui managernya dan minta beli lpg tsb bila ditolak bpk bilang saja akan saya laporkan ke pcc pertamina, beranikan foto oknum manager tsb dan spbu. Klo perlu pakai hp anda record / rekam obrolan diam” dsaku pakaian anda utk jd bukti lbh otentik.

      Selamat idul fitri, salam dr wonosobo 🙂

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s