Gas 3kg Langka? Agen LPG Nakal? LAPORKAN KE PERTAMINA!

Kali ini saya akan menuliskan pengalaman saya yang berurusan dengan susahnya mencari gas lpg 3kg sampe ke pangkalan agen hingga panduan keselamatan penggunaan akal busuk ala pemilik pangkalan!

Pada tanggal 20 Mei 2014, kesabaran saya sudah habis… saya baru saja keluar sekitar 10 menit mencari gas lpg 3kg, awalnya saya cari di warung pengecer yang berjarak 500m dari rumah saya, dan kosong tidak ada gas lpg 3kg sama sekali, habis! Lalu motor melaju ke arah pangkalan lpg pertamina jarak 500m dari warung pengecer. Sesampainya saya di pangkalan tsb, saya masuk k warungnya (warung sembako+pangkalan lpg) saya melihat tumpukan gas lpg 3kg di depan mata saya masih tersisa cukup banyak, mungkin sekitar 8-10 unit. Disitu terdapat seorang perempuan penjaga warung dan saya menanyakan apakah ada gas lpg 3kg (saya sebelumnya sudah melihat gas 3kg yg masih full tsb), si penjaga warung mengatakan habis! Saya tanya lagi ini masih ada kok mbak saya cuma butuh satu aja (sambil saya menenteng gas 3kg kosong milik saya) dan mbak ini menjawab gas isi tersebut sudah dipesan orang.

Kasarannya kan gni ada beberapa tabung gas yang masih isi di depan mata saya dan saya sebagai end user/pemakai hanya butuh 1 saja. Misal itu gas lpg 3kg yg masih isi masih sisa 8-10 kan gk rugi amat itu yg pesan klo saya yg jelas datang lbh dulu memerlukannya membeli lebih dulu sedangkan pihak yg pesan masih bisa dapat sisanya. Tapi tetep dng suara jutek si mbak ini tetap gk kasih. Saat saya tanya ya udah mbak saya pesen satu buat sore nanti kan siang nanti di stok lagi dari suplier gasnya, mbak ini dengan nada makin gk enak tetep mengatakan TIDAK BISA!

Jujur kekesalan saya dah memuncak. Sangat sulit mendapatkan gas lpg 3 di area wilayah rumah saya, yang notabene saya cuma tau 2 tempat saja dan krn saya bukan google maps jadi wajar saja bila saya hanya bisa mengunjungi tempat yg jual lpg yg bisa dilihat oleh mata saya sepanjang perjalanan saya bawa gas lpg 3kg sambil nyetir motor bebek!

Kalaupun dapat, jumlah tabung gas tidak layak pakai akibat kebocoran seal karet pengaman yang pernah di dapat jauh lebih sering daripada jumlah tabung gas normal yang gk perlu di otak atik dari mulai ganti seal karet sampe hal” aneh pencet” ujung besi dalam lubang gas utk mengeluarkan gas awal.

belanja online, gratis ongkir se-indonesia, diskon 10%, vocer 25rb cuma disini

Akhirnya saya memutuskan tanggal 20 Mei 2014 tersebut sebagai hari tonggak bersejarah untuk saya yang tidak mau lagi menerima perlakuan aneh” munafik binti nyebelin para petugas pangkalan agen lpg ini. Saya hanya pernah mengunjungi 2 pangkalan agen dan semuanya menyebalkan!

Karena menurut saya sudah cukup namanya konsumen dipermainkan, mengingat saya konsumen dilindungi hak’nya oleh UU, maka saya melaporkan via email keluh kesah saya via email ke layanan pelanggan pertamina. Anda bisa menemukan email layanan konsumen pertamina melalui link berikut ini: http://bit.ly/1hjh8ay

 Jam 12.56pm saya mengirim email keluh kesah dan pengalaman nyata kisah saya mencari gas lpg 3kg dan sikap pemilik pangkalan yg kurang ber-empati dan cuek akhirnya terbayarkan dengan adanya respon via email dari pertamina pukul 16.06pm. Dan korespondensi laporan terus berlanjut hingga tanggal 23 Mei 2014 dimana pada laporan terakhir saya, saya menyertakan dua foto lokasi pangkalan lpg dimaksud dalam email saya tsb.

Dan hari ini tanggal 24 Mei 2014, pihak koordinator dan penyuplai salah satu pangkalan menghubungi saya via telp (saya sertakan data saya sebagai pelapor dari nama+alamat+no telp dalam laporan email saya), ya kira-kira sekitar 2jam lalu. Dan sekitar 15 menit setelah menelpon saya, koordinator dan penyuplai pangkalan ini mendatangi rumah saya.

Kami pun berbincang di teras rumah saya yang sederhana. Seorang bapak-bapak yang menurut saya usianya kepala 4 lah sptnya. Kami pun ngobrol seputar keluhan saya yang terjadi pada pangkalan yang masuk dalam area wilayahnya, beliau menjelaskan tentang ini itu seputar pangkalan, distribusi, kaitan koordinasi hingga soal pemakaian gas lpg 3kg oleh ibu saya. Ya, ibu saya termasuk salah satu orang miskin yang masuk dalam kategori warga penerima jatah konversi dari minyak tanah ke tabung gas ini.

Singkat kata saya mengajukan keluhan protes langsung kepada bapak koordinator dan penyuplai ini dan ditanggapi dengan baik.

Pertamina, pimpinan Ibu Karen. Kemampuan layanan pelanggan berbasis IT sungguh baik! Dalam tempo singkat laporan saya diproses dan pihak suplier gas wilayah kota saya kena ‘semprit’ dr pertamina dan langsung menghubungi saya by phone.

belanja online, gratis ongkir se-indonesia, diskon 10%, vocer 25rb cuma disini

Utk anda yg mengalami kendala dlapangan dalam mencari gas lpg, terutama 3kg dan anda memang termasuk penerima konversi dari minyak tanah ke gas lpg 3kg maka anda berhak mendapatkan pelayanan dari Pertamina.Jika anda seorang end user/pengguna gas lpg 3kg mendapatkan pihak agen lpg nakal yang jelas” tdk memberikan kepada anda jatah isi ulang lpg 3kg dng alasan gas sampe habis (padahal truk gas baru datang bawa stok baru) atau gas lpg sudah dipesan (gila klo semuanya dah bener” langsung ludes dipesan! aneh kan?) atau dng jelas” menyembunyikan gas lpg 3kg dari pelanggan end user/satuan atau juga mengajari anda dengan panduan teknik modifikasi yang beresiko pada tabung gas 3kg. Silahkan anda laporkan;

Nama Agen + Alamat Agen + Foto Depo Agen.

Kirimkan via email ke alamat email custome service pertamina yang dapat ditemukan di http://bit.ly/1hjh8ay

Ini adalah bentuk pembelajaran bahwa masyarakat kecil memiliki hak dijamin undang-undang hak pelayanan dan perlindungan konsumen.

Jadi jangan takut bila hak anda tidak diberikan, laporkan dan berantas agen lpg nakal!

Iklan

28 thoughts on “Gas 3kg Langka? Agen LPG Nakal? LAPORKAN KE PERTAMINA!

    1. Maaf, maksud pertanyaannya kurang jelas.
      Klo maksudnya truk agen lpg transit di t4 yg bukan pangkalan milik agen tsb itu ilegal. Bisa saja anda foto saat proses transit n pemindahan brg tjd, catat plat nomor truk lpgnya atau fotoin jg kan tiap truk ada info nama n lokasi n kontak agen.

      Anda lalu hub agen itu utk minta kejelasan apa benar itu transitnya memang masuk tggjwb si agen, kalau tidak atau anda curiga, laporkan ke pertamina di artikel yg saya tulis sdh diberi link/email kontak pertamina 😊

      Suka

  1. Kenapa ya nyari gas 3kg susah nya bukan main, padahal beli pakai uang bukan minta.
    aneh nya agen di jl.sadang sari, sedang serang coblong bandung yg baru dkirim tadi 21oktober jam 11siang dkirim nya itu byk bener giliran saya jam 1siang mau beli hanya 1tabung gas 3kg saja sudah habis lagi, pdahal di dlm garasi nya masih byk tumpukan gas2 yg masih tertutup rapih oleh segel2 yg menandakan gas masih terisi tdk kosong
    apa boleh buat Krn tidak diberi saya keliling2 kurang lebih 1jam tdk dapat juga akhirnya saya pulang ke jl.terminal sedang serang ternyata ada 1 agen yg sedang datang mobil gas 3kg
    Saya pun mengantri sekitar 20menit akhirnya dapat gas juga dgn harga yg berupa2, klo harga tetangga yg agen itu kenal dikasih nominal 18rb. Krn saya tdk mengenal agen tsb diberi harga 22rb
    Aneh nya padahal sama2 ngantri tapi harga dibeda2 kan, sampai kapan??? Pemerintah tak kau menanggapi cerita lama yg sudah tak asing ini.

    Suka

    1. Ya begitulah ketika energi gk bisa dikendalikan lg harganya jd komoditi. Klo agen menaikkan harga jual itu bisa kena masalah hukum krn harga jual agen k pangkalan/warga udah diatur pertamina. Laporin aja!
      Di tempat saya yg biasanya seminggu 3x di drop lpg 3kg 10 tabung skrg jd 1x seminggu tiap senin aja. Bukan warga gk mau menukar ke gas 5kg tp faktanya memang warga memang gk mampu utk isi ulang 5kg jd buat kita” 3kg ya hrs dlancarkan. Di tempat saya ibu” kasihan biasanya 3hari sekali isi ulang 3kg skrg jd lebih dr itu, sampai nyari pake motor pun gk dpt.
      Klo gni saya rasa bukan soal kelangkaan wajar lagi…
      Saya sarankan anda kirim laporan ke: pcc@pertamina.com

      Suka

  2. Tempatku sangat sulit cari gas bbrp pangkalan saya datangi menolak krn Saya bkn pelanggannya tetap trs saya tnya bgm saya bs mendaftar jadi pelanggan tetap mrk blg sdh penuh tdk bs lagi katanya mohon pihak pertamina tindak lanjuti pangkalan dijogja smua jika ada user baru mau jdi pelanggan nya harap diperbolehkan jgn ditolak mentah2 dan saya sbg user mau tnya gmn cih caranya jadi pangkalan gas 3kg di jogja apa syarat2nya mohon bantuan dr Pertamina krn disini sangat sulit cari pangkalan yg mau nerima user baru mohon bantuannya Pertamina yaa thks.

    Suka

    1. Bahan bakar/energi aslinya dberikan Tuhan secara gratis, namun krn sebuah tempat berbentuk negara, ada unsur pemerintah, ekonomi dsb maka si pengolah energi bisa memiliki hak komoditasnya dan sayangnya energi jd permainan kaum elite.

      Setau saya ya mas, soal lpg di suatu daerah sdh bbrp thn belakangan makin diperketat ijin pendaftaran agen dan pangkalan baru, klo versi pemda sih mereka punya statistik n berhak mengatur kebutuhan dsb agar semua warga yg berhak bisa mendptkan haknya. Sayangnya mungkin data milik pemda gk up2date tiap hari jd jatah lpg ke sebuah pangkalan stasiun pengisien lpg n tabung jd terbatas.

      Saya kebetulan sudah pernah datangi bbrp agen n mrk satu cerita yg sama yaitu pangkalan baru gk bisa d daftarkan k agen klo pemda memang gk mengeluarkan ijin menambah jumlah kuota isi lpg dan tabungnya jadi agen gk bisa berbuat apa”.

      Apalagi skrg lg dbuat kondisi pengurangan jatah 3kg dan mulai diarahin ke lpg 5kg itu. Dan gk lama lg gas lpg 3kg akan makin dipersulit krn hrs pakai kartu subsidi.

      Klo versi saya soal hak mendptkan energi lpg ini tinggal jd bomerang ke pertamina n pemerintah, tinggal tunggu tanggal main lempar tggjwbnya.

      Kalau anda msh susah dpt lpg n bisa membuktikan di wilayah anda ada sekian kepala keluarga yg mencukupi anda buat permintaan pangkalan baru ke bupati dan pertamina klo gk dtanggapi saya sarankan anda lapor ke jokowi sekaligus biar rame sekalian 😄

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s