Status Palsu PT.POS INDONESIA

Hari ini tanggal 20 Februari 2014.

Pukul 15.44WIB saya melakukan pengecekkan no.resi paket pos indonesia melalui website resmi PT.POS INDONESIA di http://www.posindonesia.co.id.

Nomor resi paket saya adalah: 1320605xxxx.

Setiap hari saya berada di rumah, bahkan jarang pergi ke tempat tetangga juga! Tanggal 20 februari ini saya 100% seharian dirumah tidak sampai melangkah keluar rumah dan saya pun tidak ada aktivitas tidur siang!

Saat saya cek no.resi paket pos indo saya di website tsb, saya menemukan informasi yang dapat anda lihat spt gambar di bawah ini (screenshot asli tanpa editan).

Workspace 1_303

Saya sendiri tidak menemukan adanya petugas antaran pt.pos indo sampai ke rumah saya. Sekedar info saja, saya tinggal di perumahan dimana termasuk dikenal di kota ini, dan sudah beberapa kali sebelumnya petugas pos indo pernah mengantarkan paket ke rumah saya, jadi kemungkinan nyasar sangat tidak mungkin.

Hal yang sangat aneh bukan?? Saya seharian di rumah bersama ibu dan beberapa tetangga mampir bersantai di halaman depan rumah saya mengobrol dng ibu saya dari pagi sampe sore dan 100% kami dapat pastikan tidak ada satupun petugas pos indo mengantarkan sesuatu ke alamat rumah ini.

Jadi pertanyaannya???

1. Mengapa sampai bisa data hasil pelacakan paket no.resi saya tersebut tercantum telah diterima di alamat dan yang sungguh ‘mengesankan’ lagi adalah si penerima tersebut adalah saya sendiri! Saya menjamin 1000% saya tidak dan belum menerima apapun hari ini dari petugas pos indo.

2. Ini adalah kali kedua kejadian data palsu penerimaan paket saya alami, kali pertama mungkin sudah sekitar 6 bulan lalu di tahun 2013. Paket modem usb gsm yg dikirim dari jogja dengan kilat khusus pun terlambat hingga H+2 dan saya sampai datangi kantor pos induk disini langsung kebagian gudang dan komplain, ujung”nya saya dialihkan diminta mendatangi kantor pos mini di tempat lain yang melayani wilayah saya. Saya datangi kantor pos mini ini, letaknya 1km dari rumah saya, dan benar” mini!!! ukurannya hanya 3x3m kurang!! hanya berisi 1 karyawan wanita di bagian loket sedang menerima pembayaran calon mahasiswa baru (ini kantor pos letaknya tdk jauh dr universitas di kota saya, kurang lebih hanya berjarak 50m saja). Dan saya tanya dimana paket saya dengan nomor resi ini (saya sebutkan) berasal dari yogyakarta dan berisi ini (saya sebutkan isi paket), si petugas loket ini tidak tahu dan meminta saya menunggu si petugas antaran datang. Dan setelah menunggu 1 jam si petugas antaran ini dengan pakaian kerja orange dan motor bebek orange pos indonesia datang, saya jelaskan maksud tujuan saya dan si petugas pos ini langsung mengambil paket saya di dalam ruang pos mini tsb.

Jadi intinya, bukan petugas pos indo yang mengantarkan, tapi saya harus mondar mandir datang dan mencari dimana paket saya tsb. Waktu saya tanyakan mengapa di status web pelacakan paket diinformasikan sudah diterima oleh saya sendiri kemarin sore sedangkan paket saya ternyata ada disini dan saya ambil sendiri langsung anda berikan kepada saya!? Si petugas pos tdk dpt menjawabnya..
Waktu saya tanyakan, mengapa kemarin paket saya tdk dihantarkan, krn paket ini seharusnya H+1 sudah harus sampai di alamat penerima! Si petugas pos laki yg msh muda ini hanya menjawab “Kemarin saya tidak ada jadwal hantaran ke wilayah alamat bapak!”. Hmm….makin saya kesal dibuatnya…

Kembali ke no.resi hari ini tanggal 20 februari, saya pun telah mengirimkan tweet ke akun resmi pt pos indonesia sekitar 1 jam lalu sebelum memposting artikel ini. Dan anda tahu? Komplain saya tsb tdk direply!!

Saya pernah mengirimkan keluh kesah masalah pengiriman paket ini dan paket saya lainnya sebelum”nya via facebook, saya sampai 3x kirim posting di wallpost facebook pt pos indo, tapi juga tdk ada jawaban.

Perlu diketahui PT.POS INDONESIA, data input penerimaan paket di sistem anda itu sama juga dengan membiarkan/memudahkan/mempercepat proses penerimaan dana dari si pembeli – ditampung ke rekening escrow toko online – lalu ditransfer ke rekening penjual. Dan itu sama juga dengan memudahkan akses penipuan berlangsung, dikarenakan si pembeli belum menerima paket dimaksud, namun data pelacakan diinput paket sudah diterima, lalu sistem toko online mengirimkan uang ke rekening penjual berdasarkan status barang sudah diterima pembeli. Si pembeli bisa rugi uang rugi waktu rugi barang juga karena belum tentu jika sudah menerima barangnya pun isinya sesuai jumlah yang diorder ataupun benar” sesuai dengan barang yang dipesannya!

Utk pos indonesia, di jaman sudah ada banyak jasa ekspedisi smcm TIKI/JNE yang menggila dan menggurita dng jaringan layanan mereka dan spt menjadi pilihan utama jasa ekspedisi penjual di transaksi online, saya selalu menyarankan pihak penjual utk memasukkan pt.pos indonesia sbg pilihan, saya bahkan pernah membatalkan order karena pihak penjual tdk mau mengirimkan orderan saya dng jasa ekspedisi pos indo yang saya inginkan. Jika ekspedisi spt TIKI/JNE mengirimkan paket sampai terlambat dan atau layanan yang mungkin tdk sebaik pt.pos indo itu wajar krn saya melihat usaha mrk spt kacang rebus yang segitu mudahnya di franchise’kan dan tanpa kelanjutan kontrol pelayanan. Lha tapi ini bicara soal PT.POS INDONESIA, perusahaan negara…tapi pelayanannya kok??

Saya ini secara tdk langsung menjadi marketing freelance pt.pos indonesia, tanpa kontrak, tanpa ikatan kerja dan tanpa dibayar. Betapa bangganya saya menceritakan hebatnya pt pos indonesia. Namun inikah yang saya dapatkan? Pelayanan buruk spt ini?

Bahkan saya pernah sampai tdk makan bbrp hari dikarenakan pt.pos indonesia sangat telat melebihi jadwal hantaran tdk mengantarkan paket saya ke pembeli produk saya di jambi, sehingga pada tahun 2012 saya harus menikmati tahun baru dengan kelaparan akibat belum adanya transfer dana pembelian produk ke rekening saya (hanya dtransfer setelah brg diterima pembeli-rekening escrow).

Saya warga negara indonesia, sejak awal 1990an sdh mengenal yang namanya pak pos, yang menghantarkan surat dari ayah saya yg bekerja di luar pulau ke alamat rmh kami. Pak pos menggunakan sepeda ontel dengan tas surat khas’nya berlogo pos indonesia. Itu adalah kenangan terindah saya tentang pos indonesia.

Kini saya sudah hambar mencintai pt.pos indonesia, sudah banyak waktu, tenaga dan kesehatan saya menjadi korban krn kurang tepatnya pelayanan pt.pos indonesia, hati saya sudah menjerit.

Tulisan dibawah ini semoga menjadi renungan PT.POS INDONESIA..

Yth.Pengurus PT.POS INDONESIA,

Saya belum pernah menerima kiriman obat medis dan atau alat ataupun sejenisnya yang berguna untuk menyambung kesehatan dan nyawa saya via paket pos indonesia. Namun, katakanlah jika ada seseorang mengirimkan paket semacam itu, paket kilat reguler, 4 hari sampai. Jika petugas hantaran anda menyampaikan paket tersebut pada H+5 dan ketika datang sudah ada bendera putih bertuliskan lelayu, beberapa kursi tertata rapi dan tenda serta beberapa warga yang berkumpul di alamat paket tersebut, si petugas menemui pihak orang rumah alamat tersebut…

Si petugas menyampaikan “Ada paket untuk Bpk/Ibu.X. Apakah si penerima ada ditempat?”

Orang rumah yang menerima mengatakan “Terima kasih telah mengirimkan paket ini ke alamat kami, jika anda mencari si penerima paket ini… Anda bisa melihatnya di dalam peti mati tersebut.”

Bagaimana PT.POS INDONESIA? paham maksud saya!?

Anda jualan waktu dan kepercayaan, bukan jualan pengiriman!

45 thoughts on “Status Palsu PT.POS INDONESIA

  1. 150917300xx, ini nmr resi saya mas. Kalo saya track statusnya selesai antar penerima masih dicari, apa artinya mas? O iya terus saya perhatikan alamatnya disitu kalo nmr rumah nya kurang, padahal saya sudaH berikan alamat yg benar ke olshopnya. Kira2 sama ga ya alamat yg ada disitu dg yg ditulis sama pengirimnya.

    Suka

    1. Klo memang anda beri alamat lengkap ke penjual ol shop n si penjual yg tdk menulis lengkap alamatnya, kesalahan pengiriman sejak awal ada di pihak penjual tsb.

      Saya lacak paket anda sudah dihantarkan dng NO. DO : 30135A170045694, tapi tidak diinfokan siapa petugas pos yg menghantarkannya. Biasanya sih ada info nama petugas hantarannya.

      Statusnya skrg si penerima dipanggil artinya anda dharap datang ke kantor pos terdekat dng bawa nomor resi, klo perlu tunjukkan bukti pembelian/transaksi dr toko ol tsb ke kantor pos dan ktp anda atau identitas resmi milik penerima paket.

      Saya sarankan sih klo bisa hari ini/segera k kantor pos mbak.

      Salam.

      Suka

  2. Ya ampun mas.. Kejadiannya sama menimpa saya juga ssat ini.. Ini dari tahun ke tahun kok ndak ada perbahan pie to kantor pos iki.. .
    Saya jg lg nggu kiriman barang, kmrn belanja lwt tokped karena ga ada pilhan jasa kirim yg lain cm ada pos terpaksa la Pilih si pos ga berharap tu barang 4hari sampe karena udah tau biasanya mmg lama kalo pake pos. Tapi yg bikin kaget ga ada angin ga ada hujan tu tokped ngEmail Barang dah sampe yg nerima Barangnya sya sendiri (lah saya sampe bepikir ada dua kali saya ya).. Lah dlingkungan rumah saya ini gangnya buntu orang2nya jg itu2 aja dr taon ke taon, biasanya jg pak pos yg nganterin jg yg itu2 aja ni si motor oren aja lom ada yg lewat2 tp tu barang kok bs dibuat udah diterima ama saya pula ya ampuunnn.. Males banget berurusan sama yg kayak gini ni bang, secara emak2 banyak yg lebih penting buat diurusin.. Cm kalo ga diurusin tu barang ilang, kl mnt retur ke penjualnya jadinya saya zolim dong org barang udh dikirim tp karena pihak jasa pengirimannya yg bermasalah. Saya ngerti banget kalo ngirim pake pos ga bs berharap cepet tapi jangan ada yg kayak gini dong, barang belum sampe tapi dibuat udah diterima itu lan pembohongan namanya.. Kecewa banget.. Ini masih sabar smpe hari ni smga tu barang sampe hari ini, kl ga terpaksa besok digari ke kantor poa terdekat.

    Suka

    1. 1. Klo belanja ol brg status sistem sdh diterima, anda msh punya waktu bbrp hr utk konfirmasi di sistem toko olnya. Nah anda dng waktu tsb msh bisa hub si penjual bahwa barang blm diterima sama sekali namun pt.pos yg sudah melakukan kesalahan menginput status dihantarkan n diterima di tujuan dan anda akan ke kantor pos wilayah area anda utk cari paket anda terlebih dahulu sehingga anda blm bisa konfirm penerimaan barangnya.

      Silahkan mencari paket anda d kantor pos yg memegang area wilayah alamat anda, sertakan nomor resi paketnya juga.

      Salam.

      Suka

  3. Haloo mas tolong bantu Check no resi saya, saya berkali kali check data tidak ditemukan terus.. No Resi : XX_20170412_132 tolong yaa mas .. makasih

    Suka

    1. 1. Sudah saya cek di paket pos biasa dan korporasi tidak ada no.resi tsb. Kemungkinan blm diinput ke sistem online pos indo.

      2. Kemungkinan kedua adalah anda diberi nomor resi yg salah. Setau saya pos indo nomor resinya yg umum hanya angka saja kalau ada karakter huruf di depannya ada kemungkinan resi korporat. Coba hubungi kembali pihak yang memberikan anda no.resi tsb.

      Salam.

      Suka

  4. Saya juga pernah mengalami.
    Pos Indonesia memang kurang profesional di lini bawahnya, lini sumber daya manusia, yang justru paling krusial perannya dalam keberlangsungan Pt.Pos.
    Anyway, bagian terakhir artikel anda menarik untuk direnungkan. Menjual kepercayaan.

    Suka

    1. Ya kita harap saja pos indo bisa makin berbenah mjd lbh baik krn indo khususnya dpulau jawa dah banyak dserbu ekspedisi baru baik pemain lokal sampe investor asing jg main dbidang kirim” ini.

      Saat ni seiring saya survey mulai bertambah jasa ekspedisi yg melarang pengiriman items yg berhubungan dng obat/alat medis/penunjang nyawa…makin sedih tinggal dluar kota besar di indo waktu n nyawa dtangan jasa ekspedisi hrs bisa sesuai komitmen hantaran mrk jg.

      Salam kenal.

      Suka

  5. Maaf pak mau tanya, Saya juga dapat kasus yang sama. Hari ini saya datang ke kantor pos untuk mengambil barang langsung,(karena check tracking ada di gudang tsb) setelah datang ke bagian gudang ternyata barang sudah diantar menurut petugasnya, akhirnya saya balik kerumah dan menunggu. saya tunggu sampai sorehari ternyata tak kunjung datang. Nah ba’da maghrib ada notifikasi via app and 17tracknet bahwa barang delivered lalu saya cek via ems pos ternyata barang sudah terkirim dan diterima oleh saya sendiri. padahal saya belum menerima, saya tanya orang rumah pun sama. Kira-kira barang tersebut berada dimana ya pak? apakah masih berada di gudang pos atau di kurir posnya tapi belum dikirim.

    Suka

    1. Silahkan masukkan nomor resi paket internasional anda di website http://www.posindonesia.co.id
      Lalu klik pencarian. Setelah data muncul di tab browser anda akan lihat siapa nama pak pos yg menghantarkan paket tsb.

      Lalu paginya anda bisa datang lg ke gudang kantor pos mencari nama pak pos tsb utk konfirmasi penghantaran barangnya.

      Salam.

      Suka

  6. Jadi nemu nih blog. Saya jg jualan online, nganter barang di KP mininya, kecil bgt trus pegawainya cuma 1 org perempuan yg kewalahan krn kebanyakkan barang. Jd dia bilang ngga bisa kasih no resi, nanti di sms. Saya kasih no telp hp, sampai sekarang ngga ada berita. Padahal pelanggan saya udh nunggu berhari – hari. Kok Pos Indonesia kayak main – main gitu. Pernah jg pesen barang online, eh ngga taunya udh seminggu di KP yg letaknya deket bgt dari rumah sekitar 100 m. Pantesan aja kok ngga dateng” tuh barang. Bikin males bgt, gue kan nyari uang jualan online masa gue yg hrs bolak – balik pergi dan nelpon sana sini. Rugi dong gue

    Suka

    1. Klo agen pos memang biasanya kantornya kecil n bisa lbh sedikit fleksibel spt akan beri nomor resi via sms, klo di SOP asli kantor pos gak ada itu layanan kabarin no resi pake sms mbak 😀 krn semua layanan wajib dlakukan di kantor pos dan konsumen harus langsung dberi bukti layanan (no.resi misalnya).

      Kantor pos induk dkota saya udah mulai rada beres, dah paham soal paket internasional utk dihantarkan ksaya, jg soal kecepatan dah mulai normal lg. Mungkin ada baiknya jalin hub baik dng pihak kantor pos/agen pos mbak bisa membantu usaha anda 🙂

      Smoga usaha ol anda makin sukses ya 🙂

      Suka

  7. Mas, saya dapat kiriman dari US.. Dari tgl 5 juli.. Ngecek di pos indonesia katanya msh in transit di pos amerika, tp statusnya itu per tanggal 7 juli… Sdgkn ini kan sdh 1 minggu. Apa ada kemungjinan mereka belum update statusnya ya? Makasih

    Suka

    1. 1. Custom clearance di usa jauh lbh ketat drpd dchina.Brg masuk dr usa lbh ketat diperiksa bea cukai indo drpd misal brg china. Biasanya tiap negara punya batas pemeriksaan brg bbrp hr sblm dikeluarkan dr negara tsb ini dimulai dr proses warehouse sampai keluar bandara, dr pengalaman saya dchina sekitar 7hr plg lama baru lolos dkeluarin dr negara tsb via ekspedisi.

      2. Hal yg sama jg tjd baru aja pd saya paket saya sdh sampe jkt akhir bln lalu shrsnya tgl 7-8 sdh sampe bea cukai jogja tp baru 2hr lalu status berubah sdh sampe du bea cukai jogja,hal ini sptnya krn faktor lebaran jg di indo. Jd hrs rajin tracking di web pos indo.

      Jika brg anda diberi tracking internasional jng khawatir krn bisa dilacak keberadaannya walau sdh masuk indo. Hanya saja sih klo gk ems ya pajaknya itu mbak 😦

      Anehnya sih saya cek di web bea cukai utk brg setara/kurang dr usd50 n tdk ada biaya ongkir dikenakan non pajak tp paket saya dr china ada hampir 7bbrp bln terakhir ini kena cukai @3rb per paketnya pdhl semua dbwh usd50 mentok 21usd n bukan jenis brg kena pjk. Aneh nih.

      Suka

Tinggalkan Balasan

