Ulasan / Review Jasa Ekspedisi POS INDONESIA

Kali ini saya akan membahas review singkat mengenai jasa ekspedisi yang berlokasi di Indonesia yang pernah saya gunakan sehubungan dengan pengiriman dan atau penerimaan order barang online yang pernah saya lakukan, yaitu PT.POS INDONESIA.

Saya sering melakukan transaksi belanja online dan atau mengirimkan paket barang dengan menggunakan jasa ekspedisi tertentu. Pada ulasan kali ini saya tidak akan membahas secara penuh mengenai profil perusahaan dsb, ulasan ini hanyalah perspektif singkat dari pengalaman saya menggunakan jasa ekspedisi yang tercantum dalam posting di halaman ini.

1. PT. POS INDONESIA.

Siapa tho hari gini yang tidak mengenal PT.POS INDONESIA? Ini mungkin pertanyaan menjebak ya? hehe… jujur saya pernah menanyakan ini kepada beberapa orang remaja sekitar tahun 2009, umur mereka rata-rata 15 tahunan dan mereka bahkan 100% menjawab mereka tidak tahu apa itu PT.POS INDONESIA! Lalu saya menanyakan apa mereka mengerti jasa ekspedisi JNE/TIKI? Mereka menjawab YA! Loh??? kok bisa ya?

Ok sedikit akan mengulas mengapa jawaban diatas bisa seperti itu:

  • PT.POS INDONESIA kurang agresif dalam menyambut pasar transaksi belanja online. Kurangnya kerjasama diantara para pedagang yang memanfaatkan jaringan online dan kalah gaungnya nama PT.POS INDONESIA dibandingkan dua ekspedisi tersebut dalam kancah jasa kirim kirim di berbagai media sosial dan toko online hingga forum yang ada di Indonesia. Jadi wajar saja anak remaja lebih mudah mengingat kedua nama ekspedisi dimaksud dibandingkan nama PT.POS INDONESIA.

1.A. Lalu saya akan mengulas mengenai jaringan:

PT. POS INDONESIA merupakan pioneer dalam usaha kirim kirim di wilayah indonesia, dari jaman saya masih TK pun saya sudah terbiasa melihat pak pos datang dengan naik sepeda dan gantungan tas berisi surat di sisi kanan kiri sepedanya. Dari website online PT. POS INDONESIA, kita dapat melihat bahwa jaringan pengiriman dan distribusi ekspedisi ini merupakan jaringan terluas di wilayah indonesia. Bahkan sampai daerah di pelosok pun yang namanya aneh-aneh pun dijangkau ekspedisi ini! Sungguh ruaaarrr biasaaaa!

1.B.ย Kemudian mengenai ongkos kirim:

PT. POS INDONESIA adalah satu-satunya ekspedisi dalam ulasan ini yang melakukan perhitungan ongkir berbasis berat spesifik, paling kecil adalah berat dalam ukuran gram. Dan menariknya lagi sejauh ini saya menggunakan layanan pos indonesia untuk kirim dokumen hingga paket pos, berat kirim tidak pernah dibulatkan dengan berlebihan, bahkan apa adanya alias PAS! Kalau di ekspedisi lain, saya sering mendapati berat misal 1.21kg itu bisa dibulatkan menjadi 1.5kg atau bablas sekalian 2kg!! Jenis berat gram di anak tirikan! Tapi beda dengan pos indonesia, baik secara online ataupun datang langsung ke kantor pos, berat tetap dihitung dengan jenis terkecil gram dan itu berpengaruh pada ongkos kirim hemat anda ๐Ÿ™‚

Oya satu lagi, jika anda menghitung berat kirim via website pos indonesia, umumnya akan ada perbedaan harga ongkos kirim, saya sering mendapati ongkos kirim di website + Rp.8.000,- hingga + Rp.10.000,-. Ini saya buktikan dengan mengirim paket barang, jadi jika anda cek online paket anda sebesar ongkos kirim Rp.35.000,- ada kemungkinan ketika anda membayar di kantor pos harga tersebut masih menyisakan dana berlebih untuk anda, alias masih ada kembaliannya.

1.C.ย Profesionalisme:

Sejauh ini saya pernah mengirimkan melalui kantor pos di kota saya, lalu di denpasar bali dan juga di kota yogyakarta. Sejauh ini saya tidak melihat adanya sistem nomor tiket antrian untuk para pelanggan yang datang ke kantor pos di kota saya dan di kota yogyakarta, paling mentok itu adanya security di saat pembagian uang pensiunan ato sejenisnya gtu deh itu biasanya kantor pos rame tempat duduk sampe full tapi ya itu…gak ada sistem nomor antriannya! Nah tapi waktu saya di kantor pos denpasar di renon, bali, saya mendapati nomor antrian dan proses menunggu pun menjadi lebih tertib. Ayooo donk dibuat standarisasi semua kantor pos sampe yang terkecil diberi sistem ticketing antrian donk ๐Ÿ™‚

Kemudian mengenai keramahan dan kecepatan pemrosesan order di loket. Saya menghitung satu pelanggan dilayani tidak lebih dari 5 menit! Bahkan pernah saya hitung dalam 4 menit order saya sudah selesai diproses hingga saya membayarnya dan diberikan bukti note resi order. Cepat sekali!

Nomor resi order umumnya dapat di cek pada hari itu juga, jika anda mengirimkan pada pagi hari di loket pos, kemungkinan besar setelah pukul 14.00WIB nomor resi order sudah dapat dilacak online di website pos indonesia. Namun kadang pernah saya dapati resi order 1 x 24 jam baru diinput masuk ke sistem pos indonesia, jadi jangan kaget kalau anda belanja online diberikan nomor resi pos indonesia sudah hampir 24 jam ketika di cek online nomor resi tersebut TIDAK ADA PADA SISTEM LACAK ONLINE! itu kemungkinan besar karena belum diinput oleh pihak kantor pos dimaksud.

Kecurangan:ย Ya ini info tambahan saja karena pernah terjadi pada saya di tahun 2013 pada semester kedua. Saya pernah memesan sebuah USB MODEM GSM dari sebuah toko di Yogyakarta. Saya meminta dikirim dengan pos ekspres. Seharusnya 1 hari sampai. Singkat kata di hari H+1 sejak barang dikirimkan saya dari pukul 08.00 – 17.00 wib selalu memantau perkembangan posisi paket saya tersebut melalui website http://www.posindonesia.co.id. Seharian saya dirumah menunggu paket saya datang, namun alangkah terkejutnya saya, sekitar pukul 16.45 wib tercatat melalui fasilitas lacak online bahwa paket saya tersebut telah diterima oleh nama saya sendiri (si penerima barang langsung). LOH!?? BAGAIMANA MUNGKIN SAYA MENERIMA KALAU SEHARIAN SAYA DIRUMAH MENUNGGU PAK POS DATANG TAPI GAK ADA YANG DATANG DAN SAYA GAK MENERIMA PAKET TERSEBUT!?

Akhirnya keesokan harinya jam 08.10 wib saya sudah sampe di kantor pos kota saya langsung menuju gudang belakang tempat terima paket, langsung saya tanya ke petugas input di depan komputer itu sedang melakukan scan barcode resi. Saya tanya “Saya punya nomor resi ini (saya sebutkan) dan kemarin saya seharian di rumah menunggu paket pos saya tapi gak ada satupun kalian petugas pos datang antar sesuatu ke rumah saya. Mengapa saya cek online barang saya kok bisa sudah tercatat sudah diterima oleh saya sendiri pukul 16.45wib!?” Petugas disana terdiam dan berusaha menenangkan saya dan menanyakan alamat rumah saya, setelah tau alamat saya, saya diberitahukan untuk datang ke sub-cabang kantor pos kecil di wilayah alamat saya. Akhirnya saya datangi itu kantor pos mini, dan benar ukurannya mini hanya mirip sebuah loket tiket bioskop saja karena berukuran 2 x 4m dengan satu loket petugas pos wanita yang sedang mengurus pembayaran calon mahasiswa baru (ini kantor pos mini letaknya di depan universitas di kota saya) dan saya tanya “Mbak ada paket pos usb modem gsm gak ya dari yogya untuk saya (saya sebutkan nama saya)” dan si mbak pos petugas loket ini menjawab “Maaf pak, nanti bisa ditanyakan langsung ke petugas antaran, bentar lagi datang kok pak, silahkan tunggu saja pak!”. Ok kata sebentar ini berapa lama sih, dan akhirnya jam 09.15 wib ini petugas antaran pos datang dengan motor bebek orange dan langsung saya tanyakan “Mas ada paket modem usb gsm untuk saya (saya sebutkan nama dan alamat) dari toko ini (saya sebutkan nama tokonya) di kota yogyakarta!?”. Si petugas pos laki-laki ini menjawab “Iya pak, ada barangnya di dalam belum sempat saya hantarkan pak”. Lalu si petugas pos laki-laki ini masuk ke dalam ruangan dan menyerahkan paket saya. Saya bertanya lagi “Kok bisa paket saya sudah tercatat diterima di website pos indonesia kemarin sore sedangkan sekarang pagi ini saya ada disini bersama anda yang menyerahkan paket saya ini!?”. Petugasnya hanya diam tidak bisa memberi jawaban. Lalu saya tanyakan “Mengapa anda tidak mengantarkan ini kemarin, kan standardnya 1 hari sampai!?”. Petugas ini menjawab “Kemarin tidak ada jadwal hantaran ke alamat bapak pak, saya mengantar ke alamat lain.”. Wah hebat bener nih jawabnya, alasannya… Seginikah kualitas SDM POS INDONESIA jaman sekarang!? Perlu diketahui ya, jaman 1990-an petugas pos antar surat dari ayah saya di luar jawa ke rumah kontrakan kami di kota, hujan-hujanan si pak pos pake mantol hujan menyerahkan surat ke ibu saya dan kami senyum gembira dan berterima kasih kepada pak pos. Bahkan sering ibu saya mengundang pak pos mampir dulu sekedar untuk menikmati secangkir kopi hangat untuk menunjukkan rasa terima kasihnya. Dulu belum ada jaman telepon rumah, masih surat dengan perangko 1500 – 3000an dan telegram! Tapi pak pos jaman dulu dengan buanyak surat di kantong surat sepedanya tidak pernah komplain soal jarak, panas, hujan…apapun yang ada di kantong suratnya selalu dikirimkan tanpa kenal menyerah dan selalu tepat waktu! Janganlah anda petugas hantaran pos di era modern ini yang sudah dilengkapi sarana lebih maju sampai bikin malu para petugas pos pendahulu anda yang masih modal sepeda ontel!

1.D. Kecepatan Pengiriman:

Saya cukup puas dengan kecepatan pengiriman pos indonesia dibandingkan dengan dua ekspedisi yang akan saya tulis kemudian di halaman lain di blog ini, PT.POS INDONESIA menduduki peringkat teratas dalam hal kecepatan pengiriman. Pengiriman dari kota besar ke kota kecil tempat saya tinggal dengan jenis pos express biasanya 1 – 2 hari sampai, dengan jenis pos kilat khusus sekitar 3 – 4 hari sampai. Namun ini tidak saklak / mutlak, karena pernah saya mengirimkan paket barang kilat khusus seharusnya dalam waktu 1 minggu sudah sampai di jambi tapi apa daya paket saya belum juga sampai dan akhirnya uang transaksi online pun belum masuk ke rekening saya akhirnya saya menikmati tahun baru dengan kelaparan!

Oya ini mungkin hal sepele ya, tapi saya selalu mendapati setiap pegawai pos yang mengirimkan paket pos dokumen / barang ke alamat saya mereka selalu menggunakan pakaian kerja resmi PT.POS INDONESIA yang berwarna orange itu. Kesannya itu rapi, profesional dan gagah! Hal ini tidak saya dapati di kedua ekspedisi lain yang akan saya tulis kemudian.

1.E. Layanan Pelanggan:

Saya pernah mendapati beberapa kali kekecewaan menggunakan jasa pos indonesia di jaman modern ini. Dengan alat IT yang digunakan pos indonesia belum menjamin segala transaksi lancar, karena ujung-ujungnya SDM yang paling memainkan peran penting dalam bisnis kirim kirim ini. Saya belum pernah komplain/protes via email atapun form complain di website (gak ada saya cari di websitenya!). Saya pernah komplain di twitter dan facebook, tapi tetap tidak ada reply / tanggapan. Pernah sampai saya damprat petugas pos indonesia di kantor pos kota saya karena paket saya ke jambi 1 minggu belum sampai sementara saya sama sekali sudah gak ada uang buat ย biaya hidup dan sudah gak ada yang bisa dimakan lagi, artinya saya berharap itu paket segera sampai di tangan konsumen dan segera saya dapat menikmati transferan hasil penjualan / transaksi dengan konsumen saya itu ke rekening bank saya. Saya pun pernah kesal dan bilang ke petugasnya “Kalau begini caranya lain kali paket pos saya diluar waktu tempuh standard yang ditentukan, saya kelaparan saya akan datang ke kantor pos dan kalian harus kasih saya makan sampai konsumen saya terima barang tersebut dan uang masuk ke rekening saya!”. Kurang lebih 2 – 3 minggu lalu terakhir saya ke kantor pos dan petugas yang saya damprat itu sudah tidak lagi ada di meja customer service, entahlah apa yang terjadi… dipindahkan ke back office ato mutasi ya emang saya pikirin!

1.F. Layanan Internasional Tanda Tanya:

Di tahun 2002 – 2006 bila saya tidak salah mengingat, saya pernah mendapati kiriman CD yang berisi Operating System Solaris dan Ubuntu dari dua perusahaan berbeda di luar negeri. Semua itu gratis, minta berapapun jumlahnya gratis dan dikirimkan gratis saya hanya menunggu paket datang. Saya pernah menerima kurang lebih 2x CD Ubuntu berbeda versi di tahun yang berbeda dan langsung dikirimkan ke alamat saya. Tapi di tahun berikutnya CD Ubuntu gratisan tersebut tertahan di kantor pos kota saya dan di rumah saya hanya diberitahukan melalui secarik kertas yang menginformasikan terdapat paket untuk saya dan diminta datang ke kantor pos untuk mengambilnya. Lalu esok hari saya datang ke kantor pos langsung ke gudang penerimaan barang, sesampainya disana saya menunjukkan bukti saya penerima paket, lalu petugas mencarikan paket tersebut dan meminta saya membayar uang sebesar Rp,10.000,- untuk paket CD Ubuntu tersebut, jujur saya kaget…kenapa saya harus membayarnya!? Di bungkus yang masih kedap dalam plastik tersebut ada tulisan yang menginformasikan paket ini aman dan lolos pemeriksaan di kota yogyakarta (kemungkinan memang masuk dari distribusi wilayah yogyakarta) dan ada tulisan Rp.7.000,- pada kertas luar cd ubuntu tersebut yang jelas ditulis oleh pihak kantor pos wilayah yogyakarta. Lalu menjadi pertanyaan saya, mengapa itu Rp.7.000,- berubah menjadi ‘tarikan’ Rp.10.000,- di kantor pos kota saya!? Hal ini tidak bisa dijawab oleh petugas di depan saya waktu saya tanyakan dan dengan tidak iklas saya pun menyerahkan uang Rp.10.000,- kepada petugasnya dan saya tidak mendapatkan bukti transaksi apapun saat itu! Entahlah itu uang kemana raibnya, masuk rekening pos indonesia atau masuk kantong pribadi petugasnya!

KESIMPULAN:

PT.POS INDONESIA merupakan salah satu usaha milik negara, walau sudah berpuluh tahun menjalani bisnis kirim kirim dan memiliki jaringan terluas se-Indonesia serta adanya dukungan teknis IT di jaman modern ini, semua itu bukanlah jaminan PT.POS INDONESIA akan semakin dikenal dan dicintai serta menjadi pilihan bagi kaum manusia modern di jaman ini. PT.POS INDONESIA sampai saat ini masih menjadi pilihan dikarenakan luasnya jaringan distribusi dan layanan serta masih ‘ingatnya’ kesan tempo doeloe oleh sebagian masyarakat indonesia yang sudah lama mengenal perusahaan ini. PT. POS INDONESIA perlu merubah mind set kaum remaja modern di jaman sekarang kalau PT.POS INDONESIA bukanlah perusahaan tua atau old schooll, mulailah dengan memperbaiki tampilan website dan kecepatan akses loading website serta layanan customer service yang lebih baik dan bukan hanya memanfaatkan jaringan sosial multimedia untuk promosi dan agenda berita pos indonesia semata, buatlah sistem ticketing layanan customer service yang baik dan teratur serta terlacak dengan mudah. Buatlah kerjasama dengan banyak pihak untuk membuat PT.POS INDONESIA terlihat lebih fresh dan energik menghadapi tantangan dunia modern jaman sekarang dengan menawarkan kemudahan fasilitas bagi para pedagang online baik secara independen ataupun corporate. Selain itu perbaiki kemampuan SDM dalam memahami bisnis kirim kirim ini adalah berpacu dengan waktu, gunakanlah sistem reward dan punishment apabila karyawan tidak dapat menyampaikan order sesuai batas waktu dan beranikan diri memberi penjelasan terbuka dan jujur ke publik tentang hasil evaluasi bulanan berapa banyak order berhasil dikirimkan dan berapa banyak yang gagal: kesalahan pegawai ataukah alam dsb juga dijelaskan, itupun kalo BERANI JUJUR HEBAT!

55 thoughts on “Ulasan / Review Jasa Ekspedisi POS INDONESIA

    1. Setidaknya anda punya rekening pihak ketiga utk kelancaran transaksi krn mrk biasanya tdk pakai rupiah. Alibaba umumnya utk wholeseller atau grosiran.
      Klo mo belanja satuan bisa ke aliexpress. Dua2nya satu jaringan usaha, tp beda fokus satu grosiran satu bisa eceran. Mrk banyakan penjualnya berlokasi di china ada yg bbrp free ongkir ada yg ongkir berbayar. Urusan kirim free atau berbayar tiap seller menyediakan ekspedisi berbeda n bisa dipilih, nanti sampai indo setelah lulus bea cukai akan dihandle pos indo sbg pihak penerus pengantar paket. Jd pos indo bukan menjual jasa kirim paket dr luar spt alibaba atau aliexpress tp sbg pihak penerus paket dr luar negeri krn setiap paket luar negeri dnegara manapun ketika sampai dnegara tujuan, penghantaran terakhir diteruskan oleh perusahaan pos negara, kecuali ada ekspedisi khusus yg door to door.

      Jelas ya?

      Suka

  1. Beberapa Waktu lalu kirim dokumen pake Pos Biasa dari Jakarta ke Muara Bungo, 3 hari sampai, minggu lalu kirim Obat pake Kilat udah 4 hari lewat masih lom jelas, kata petugasnya 2 – 4 hari dah sampai

    Suka

    1. Setau saya ya mas dasar waktu kirim tepat wkt klo alamat penerima msh di wilayah kota kabupaten, klo sdh masuk desa/pelosok wkt hantaran bisa 1 – 2 hari lbh lama ni dr pengalaman saya kirim pos biasa ke kalbar tp pelosok. Nah soal pos kilat khusus bisa lbh lama drpd pos biasa saya jg pernah alami itu, biasanya sih krn padat jadwal hantaran atau kirim keluar pulau tertunda krn jadwal logistik transportasi.

      Suka

  2. Saya beli barang di ebay dengan menggunakan jasa pos menuju bandung..ketika saya tracking barang tersebut sudah sudah sampai jakarta..tapi tiba2 besok nya saya cek lagi barang tertahan di denpansar..ko bisa???dan skrng sudah lebih dari batas estimasi lamanya barang sampe terkirim…ini gimana yah??hahaha

    Suka

    1. 1. Saya pernah alami hal serupa tp utk paket lokal dikirim dr jkt ke kota saya shrsnya via jogja eh malah transit ke solo utk dihantarkan (status terakhir) dan besoknya dcek status lg paket dlm pengiriman ke kota saya dr solo. Bahahaha ๐Ÿ˜€

      Ya kadang ekspedisi bisa kilaf juga, jd paket ikut nyasar k kota laen.

      Solusinya anda terus trace resi anda. Klo sdh sampe indo anda bisa lacak no resi internasional tsb di web posindonesia.

      Sabar ya..just wait n see ๐Ÿ™‚

      Suka

  3. saya seringkali beli barang diluar kota, dan pengirimannya melalui pos indonesia pengirimannya cepat sampai rumah .
    terimakasi pos sudah mengirim barang barang saya dengan baik
    semoga makin jaya yah

    Suka

Tinggalkan Balasan

