Ulasan / Review Berbelanja Online di Bhineka.com

Kali ini saya akan melakukan review pribadi untuk membahas sebuah toko online yang telah lama berdiri dan beredar di wilayah Indonesia.

Saya mengenal situs ini, yaitu bhineka.com sejak tahun 1998. Perkenalan saya dengan situs ini saya dapati sejak saya berjuang susah payah untuk membeli majalah CHIP  waktu itu (saya lupa edisinya yg keberapa, tp sptnya warna majalahnya kuning, bulan mei 1998 sptnya) yang melakukan review singkat mengenai website toko e-commerce indonesia terbaik pada tahun itu, salah satunya bhineka.com.

Saya belum pernah melakukan transaksi sejak perkenalan saya dengan bhineka.com di tahun tersebut, dan saya baru bergabung menjadi anggota/member/pelanggan online situs ini sejak 6 Desember 2012.

Singkat kata, saya baru saja melakukan order lunas pertama saya pada tanggal 1 Februari 2014 ini. Nomor order saya adalah 18866133. Saya membelanjakan uang senilai Rp. 321.280,- untuk dua produk berikut ini masing-masing 1 unit:

  • CLIPTEC HDMI to HDMI Cable 3M [OCD411] – Black (Rp.82,280,-)
  • TP-LINK 3G/3.75G Wireless-N Router [TL-MR3220] (Rp.239,000)

Saya menggunakan pilihan Free Shipping untuk order ini yang kebetulan kota saya masuk dalam daftar free shipping. Sekedar info saja untuk anda, Bhineka.com mengcover biaya free shipping sebesar Rp.100.000,- per order pelanggan. Namun untuk order ini saya tetap dikenakan biaya free shipping tersembunyi dimana saya tetap dikenakan tambahan biaya sebesar Rp.643,- yang langsung dimasukkan pada total biaya order saya ini. Dan untuk mempermudah proses transaksi order, total jumlah biaya yang dikenakan pada order saya ini dipotong dengan Rp. – 90,- yang dicatat sebagai nomor unik transaksi.

order_id_payment payment_respon_mail

Order saya lakukan tanggal dan saya bayar via mobile banking BCA hanya berselang beberapa menit setelah mengetahui total yang harus dibayarkan:

  • 1 Februari 2014

Order saya baru di-verified payment confirmation oleh pihak bhineka.com tanggal:

  • 3 Februari 2014 / 17.15.13WIB

bhineka_tracking_7feb14

Kemudian saya melakukan tracking order lagi tanggal 6 februari 2014:

Screenshot from 2014-02-06 13:27:07

Lihat gambar diatas, order saya baru dikirimkan tanggal 5 februari 2014 pukul 19:31.42WIB. Dalam hal ini saya tidak tahu apakah ini waktu mencatat benar-benar waktu paket saya diterima oleh pihak ekspedisi dan langsung dicatat di sistem tracking pihak ekspedisi ataukah input data pengiriman semata yang dilakukan oleh pihak bhineka pada waktu tersebut sedangkan penyerahan ke pihak ekspedisi dilakukan sebelum waktu tersebut. Jadi intinya saya melihat input data oleh pihak sistem bhineka.com pada jam 19:31.42WIB.

Tanggal 6 februari 2014 juga saya melacak order saya dengan nomor resi: 2413630080003 (resi ekspedisi JNE) via website resmi JNE. Dan saya mendapati order telah sampai kota Magelang, Jawa Tengah:

tracking_jne_2413630080003

Hingga tanggal 7 februari 2014, pukul 19.30WIB status dari pihak JNE menunjukkan gambar diatas.

Ok sekarang tinggal menunggu orderan saya sampai di alamat saya.

Lalu apa yang sebenarnya ingin saya sampaikan di posting kali ini? Untuk sebuah toko online yang telah saya kenal sejak 1998 melalui sebuah majalah komputer, dan pertama kali melakukan transaksi 16 tahun kemudian, di tahun 2014, berikut adalah kesan-kesan saya:

  1. Saya merasa dan membuktikan bahwa layanan order via website bhineka.com memang termasuk mudah dan cepat diserta beragam pilihan layanan pembayaran yang tersedia dengan dukungan beragam jenis bank yang ada di indonesia.
  2. Saya mendapati layanan free shipping (tertulis lebih ke 100 kota di indonesia-oleh pihak bhineka.com) bukanlah benar-benar layanan BEBAS BIAYA! Total order saya tidaklah lebih dari 5kg, total ongkos kirim ke kota saya tidaklah lebih dari Rp.100.000. Berat kirim paket saya diperkirakan kurang dari 2kg (berat asli-namun sepertinya pada pihak JNE akan dibulatkan ke atas). Saya bisa mengatakan ini karena saya sudah pernah berbelanja online 1 unit TP-LINK MR3220 dan produk lain lebih berat daripada kabel HDMI di toko online lain dan dikenakan berat 2kg. Cek gambar di bawah ini, anda bisa perhatikan saya memenuhi persyaratan free shipping bhineka.com, pada point ketiga disebutkan “Minimum pembelian Rp. 300,000” dan point kelima disebutkan “Sedangkan untuk kota-kota lain selain Jakarta, maksimum FREE SHIPPING yang ditanggung adalah 5 kg pertama atau maksimal Rp. 100,000.” Ok singkat kata saya memenuhi persyaratan free shipping. Yang jadi pertanyaan saya, mengapa sistem invoice order bhineka memasukkan nilai Rp.643,- pada metode pengiriman free shipping. Nilai itu mungkin tidak seberapa ya masih kecil, tapi coba dipikir nilai sekecil itu, ya bila kisaran 500 rupiah misalkan, di-kalikan jumlah transaksi order bulanan yang diterima bhineka, berapa nilai free ‘hidden’ shipping cost yang menjadi ‘pemasukan’ tambahan untuk bhineka.com dari pelanggan yang menggunakan metode free shipping ini??

free_shipping_bhinekadotcom

3. Pada tanggal 5 februari 2014, saya melakukan chat online dengan pihak staff bhineka.com, saya lupa namanya siapa tapi seorang pria. Melalui fasilitas pojok kanan bawah yang berwarna merah bertuliskan Chat With Us, dengan layanan script chat online yang mereka gunakan, bukan dengan YM staff CS mereka. Saya hanya bertanya satu hal saja yaitu “Saya melakukan order tanggal 1 februari 2014, sudah lunas pembayaran sudah di-confirmed bhineka.com, lalu kapan barang saya dikirimkan mengingat saya besok keluar kota?” dan pihak CS bhineka menjawab “Silahkan menghubungi pihak cs kami melalui telepon atau email berikut ini”. WHAT!!?? Jawaban singkat dan tidak membantu sama sekali untuk satu pertanyaan sederhana dari saya!! Saya di-ping pong untuk menghubungi cs lain hanya untuk pertanyaan semacam itu!? Dalam hal ini saya berpikir, apa gunanya ya CS Online Chat bhineka.com?? siapa yang melakukan training layanan pelanggan online para staff ini? Hanya sebuah pertanyaan sederhana seperti itu saja pelanggan dialihkan ke sistem cs lainnya? OMG!! inikah layanan pelanggan sekelas bhineka.com?? Saya akhirnya mengirimkan email dan dijawab seperti gambar dibawah ini..

care_bhineka_sitirohmah

4. Jika diperhatikan baik-baik, saya order tanggal 1 februari 2014, diproses pembayaran lunas tanggal 3 februari. Ini sudah lebih dari 24jam!! Untuk toko online sekelas bhineka, saya sampe kaget seperti inikah dinamakan cepat untuk memproses payment confirmation order pelanggan!? Saya sering belanja di toko online lain, salah satunya yang paling sering adalah tokopedia.com, di sistem tokopedia.com ditulis konfirmasi pembayaran butuh waktu 1×24 jam, tapi saya belum pernah mendapati konfirmasi sampai 24 jam, maksimal itu hanya 6-7 jam saja langsung diberitahukan ke seller. Sedangkan ini, bhineka.com menjual produk di toko mereka sendiri, di website mereka tidak ada info bahwa ada nama seller lain yang menjual melalui fasilitas bhineka.com, intinya saya mendapati hanya nama bhineka.com yang menjual segala items di toko online mereka, artinya mereka bertanggung jawab penuh terhadap layanan jual beli dan purna jual items yang diperdagangkan di situs online mereka. Jadi bukankah dengan toko online sekelas bhineka mereka memiliki staff yang lebih responsif dibandingkan toko online tetangga yang belum seumuran bhineka.com? Sekedar info untuk pembaca blog saya, bhineka.com sudah memiliki kerjasama dengan beberapa pihak bank dengan bukti kemudahan mencari nama perusahaan ini di beberapa jenis transaksi perbankan, contohnya: E-Banking BCA, jadi segala transaksi pembayaran belanja online di bhineka akan lebih mudah karena pada saat pembayaran akan langsung terhubung dengan website e-banking bca. Kadang saya ingin membandingkan berapa sih jumlah transaksi sukses pembayaran dari pelanggan diantara toko online bhineka.com dan tokopedia.com?? Kenapa sih bhineka.com sampe lemot banget dan lamaaa 2 x 24 jam hanya sekedar mengecek konfirmasi pembayaran saya!? Jujur dalam hal ini sudah sangat mengecewakan saya! Bangga nama perusahaan dapat ditemukan dengan mudah pada beberapa jenis sistem layanan transaksi perbankan tapi inikah bukti kecepatan proses verifikasi pembayaran online di bhineka.com? 2 x 24 jam!!

5. Pembayaran telah dikonfirmasi tanggal 3 februari 2014, lalu order saya dikirimkan tanggal 5 februari 2014. Wow…hebat banget!??? perlu waktu 2 x 24 jam untuk mempacking order saya dan menyerahkan kepada pihak ekspedisi? Dalam hal ini saya berpikir… apa segitu padatnya transaksi packing dalam sehari oleh pihak bhineka.com? Atau mereka kekurangan staff untuk melakukan packing dan penyerahan order kepada pihak ekspedisi? Apapun alasan mereka, membuat pelanggan makin lama menunggu sampai 2 hari sekedar untuk memastikan barang telah dikirimkan kepada pihak ekspedisi benar-benar bukan layanan yang responsif dan menjenuhkan!

Total saya menghabiskan waktu dari tanggal 1 – 5 februari untuk pembayaran saya telah diterima oleh pihak bhineka.com dan order saya dikirimkan.

Jika anda memang manusia yang lebih bisa bersabar (percayalah saya sudah terbiasa bersabar belanja online!) dalam bertransaksi online, mungkin postingan saya ini dapat menjadi pertimbangan untuk Anda yang hendak berbelanja online di bhineka.com. Waktu 5 hari yang saya dapati untuk melihat status order telah dikirimkan benar-benar IT’S NOT WORTH IT!!

Saran saya untuk pihak bhineka.com:

  1. Saya melihat di website bhineka.com terdapat lowongan pekerjaan beragam jabatan, alangkah baiknya mereka mempekerjakan staff pembayaran yang jauh lebih cepat dan efisien, terserah mereka apakah dengan memperbanyak staff lini ini ataukah dengan mempersingkat jalur cross check payment order pelanggan ke dalam rekening mereka!
  2. Sebaiknya bhineka.com juga memperhitungkan seberapa cepat proses packing barang yang diorder. Semakin cepat packing dan semakin cepat diserahkan kepada pihak ekspedisi akan semakin baik untuk kelancaran proses pengiriman order. Mereka bisa memperbanyak jumlah staff packaging atau membuat sistem packaging yang lebih simple, aman dan cepat!
  3. Perbaiki layanan online customer service! Jangan melakukan ping pong customer ke sistem CS lain jika memang tidak lebih efisien dan tidak lebih cepat! Dimanapun, online chat akan jauh lebih cepat dibandingkan customer harus kirim email! Entah siapa trainee manager cs online bhineka.com ini, tapi buat saya layanan cs online bhineka.com payah sekali! Memalukan untuk sekedar pertanyaan sederhana dari saya pun tidak tercover oleh cs online mereka!?
  4. Kata maaf itu baik diucapkan di awal, jauh sebelum saya menulis postingan ini. Namun saya tidak mendapatkan ucapan minta maaf dari bhineka atas transaksi lemot ini. Mungkin ini adalah standard layanan online transaction di bhineka.com? 2 hari baru selesai dikonfirmasi pembayaran dan 2 hari kemudian baru barang dikirimkan? itupun hanya serah terima kepada pihak ekspedisi loh! artinya pelanggan masih menunggu barang diperjalanan! Jika tiada kata maaf diucapkan, berarti kini saya menyadari ini benar-benar bagian dari full service pihak bhineka.com? layanan online transaction yang too much waiting!
  5. Jika anda hendak berbelanja online, ada baiknya anda memikirkan ulang apakah waktu anda yang terbuang lebih worth it daripada sekedar selisih perbedaan harga barang yang anda inginkan? Jika waktu menjadi prioritas anda, ada baiknya anda mempertimbangkan belanja online di toko online lain selain bhineka.com, jika anda mau sangat bersabar dengan pilihan beberapa harga items lebih murah namun kesabaran anda diuji, anda bisa berbelanja d bhineka.com. Kebetulan saya mendapatkan produk yang dibeli dengan harga lebih terjangkau dan layanan yang tidak memukau dari pihak bhineka.com!!

So, inilah kesan pertama saya berbelanja online di toko online bhineka.com… Tidak ada acungan jempol untuk pelayanan customer mereka dari saya, tidak ada senyum dari saya, tidak ada perasaan lega dari saya, tidak ada perasaan bangga berbelanja di toko online ini, tidak ada perasaan penantian panjang 16 tahun yang istimewa untuk berbelanja pertama kali di toko online ini. Dan kesan paling mendalam dari saya untuk toko online ini adalah..

KESAN PERTAMA YANG SANGAT MENGECEWAKAN!

Tinggalkan Balasan

