Ulasan / Review Berbelanja Online di Alnect.net

Kali ini saya akan membahas mengenai kesan pribadi berbelanja online di toko online Alnect.net yang beralamatkan di domain http://www.alnect.net.

Ini merupakan review dan kesan pribadi saya setelah menjadi member/anggota/pelanggan dan melakukan beberapa transaksi sukses dengan toko online ini. Perlu diketahui saya pun pernah datang langsung ke toko fisik alnect ini yang beramatkan di Jl.Janti, bawah jembatan janti dekat rel kereta api janti, pokoknya di pojokan lah tokonya. Namun kali ini saya akan membahas mengenai transaksi online-nya saja.

Alnect merupakan toko yang menjual beragam kebutuhan alat IT yang berada di kota Yogyakarta. Saya sudah mengenal toko ini kurang lebih 4 tahunan *klo gk salah ingat sih*. Harga items list yang ditawarkan di website mereka masih masuk akal, dan seringkali mereka memberi diskon harga ataupun sistem items paketan. Pernah saya membeli paketan barang items jenis alat hotspot dengan berat 13kg.

belanja online produk komputer, otomotif sampai keperluan rumah tangga, gratis ongkir se-indonesia, diskon 10%, vocer 25rb cuma disini

Saya tidak mengingat kapan tepatnya saya mendaftar di website ini. Namun masih tersimpan semua jenis transaksi yang pernah saya lakukan, beberapa diantaranya saya tidak melanjutkan proses pembayaran dikarenakan barang sudah saya dapat lebih cepat di tempat lain. Nah kali ini saya akan membahas mengenai transaksi sukses yang pernah saya lakukan dengan toko ini secara online.

history_transc_alnect_me

Jika anda mengunjungi situs online toko alnect.net ini, anda akan menemukan penawaran items yang dapat dikatakan lebih terjangkau dibandingkan toko online lain, ya katakanlah kita fair saja…seputaran toko di yogyakarta saja. Mari kita buka salah satu item yang pernah saya order sukses, terakhir saya melakukan order sukses sebuah produk Thermal Paste merek Deepcool jenis Z3 dengan harga produk Rp.35.000,-. Lihat gambar di bawah ini (Screenshot from 2014-02-07 21:05:34 wib).

alnect_deepcoolz3_7feb14_2105wib

Saya order 1 unit saja untuk pelanggan saya di tanggal 10 Januari 2014. Berikut adalah bukti order dan transaksi order telah diproses sesuai permintaan jasa ekspedisi yang saya inginkan yaitu Pos Indonesia.

transc_deepcolz3_alnect

Salah satu hal yang menurut saya baik adalah tidak adanya list daftar ekspedisi yang disertakan dalam pilihan proses order online. Ini memungkinkan anda sebagai pembeli dapat memilih jasa ekspedisi sesuai keinginan anda sendiri sehingga kita dapat menghitung cost untuk biaya pengiriman yang sesuai budget kita dan tentu dengan pertimbangan lainnya juga semisal: jarak dan waktu tempuh ekspedisi. Saya sejauh ini sering menggunakan ekspedisi POS INDONESIA dan Jasa Travel untuk order online.

Anda dapat memasukkan informasi jasa ekspedisi yang diinginkan pada kolom data pesan order, nantinya pihak alnect akan memberitahukan ongkir ekspedsi yang anda tunjuk melalui email ke alamat email akun member anda. Jika anda setuju, anda akan diminta meneruskan ke proses transfer pembayaran untuk mereka proses order anda.

Ok, mari kita telaah satu persatu mengenai transaksi online di toko alnect.net ini:

  1. Pendaftaran sebagai member/anggota/pelanggan online bersifat gratis dan cepat.
  2. Toko online ini menjual items dengan harga produk yang terjangkau dan sangat bersaing dibandingkan toko IT lain di seputaran jogja.
  3. Toko ini cukup sering menjual produk dalam bentuk paketan sehingga anda dapat mendapatkan sejumlah produk lengkap dalam sebuah penawaran paket produk yang dijual.
  4. Terdapat sistem pembayaran perbankan yang cukup lengkap, mereka memiliki setidaknya tiga rekening bank untuk menampung hasil transaksi. Anda bebas melakukan transfer ke salah satu rekening bank milik mereka.
  5. Pada proses order, anda bebas memasukkan informasi jasa ekspedisi yang diminati untuk memproses pengiriman order anda. Pihak alnect tetap melakukan follow up via email dan sms saat anda melakukan order online. Mereka juga terang-terangan apabila order anda tidak dapat dikirimkan pada hari itu juga dikarenakan over limit (saya pernah mendapatkan sms notifikasi seperti ini dari mereka, yang menawarkan apakah ingin meneruskan proses order apabila barang dikirimkan keesokan harinya dikarenakan padatnya packaging order pada hari saya order tersebut).
belanja online produk komputer, otomotif sampai keperluan rumah tangga, gratis ongkir se-indonesia, diskon 10%, vocer 25rb cuma disini

Ok itu telaah singkat, sepertinya kesannya oke oke saja ya point 1 – 5 diatas tersebut? Nah tentu dunia usaha apapun tidak lepas dari sebuah hal sepele namun berpengaruh pada pelayanan. Saya sering merasakan hal ini saat bertransaksi di alnect.net baik secara online ataupun datang langsung ke tokonya!

Kesan negatif bertransaksi dengan alnect.net:

  1. Anda harus perhatikan baik-baik informasi jumlah berat barang yang tertulis di situs alnect.net, jika anda perhatikan lebih teliti pada gambar info produk deepcool z3 diatas anda akan menemukan berat barang adalah 1KG. Sekedar anda tau, berat asli barang ini sebenarnya adalah dalam hitungan gram saja. Namun ini dibulatkan langsung oleh sistem website alnect.net menjadi kilogram!! Dan saya pun pernah chat online dengan salah satu staff cs online mereka menggunakan yahoo messenger (klo gk salah dengan cs_alnect) menanyakan mengapa beratnya kok bisa sampe kilogram? mereka tidak dapat memberikan jawaban, daripada kelamaan saya menunggu staff cs kebingungan saya timpali aja dengan ucapan “Setau saya kalau dikirim dengan pos indo bisa dihitung pakai gram, gak dibulatin dengan kilogram! Saya mau order saya ini dikirimkan dengan pos indonesia!” dan staff menyanggupinya untuk mengirimkan order saya dengan POS INDONESIA. Kemudian saya melakukan cek ongkir online di website http://www.posindonesia.co.id, saya pakai hitungan 1/2kg saja saya rasa ini sudah cukup untuk barang sejenis deepcool z3 ini. Namun tentu pihak alnect mikir lagi klo ongkir kurang mereka akan nombok’i atau menambahkan dana ongkir saya. Jad saya bulatkan saja jadi 1 kilogram dengan harapan besok barang harus dikirimkan. Dan memang keesokan harinya barang saya langsung dikirimkan. Ongkir 1kg ke kota saya dengan pos indonesia adalah Rp.15.000,-

Dua hari kemudian paket order saya sampai di rumah, dan deepcool z3 dibungkus dengan dus kecil berukuran panjang sekitar 10cm dan tinggi sekitar 1.2cm dan di dalamnya terdapat 2 potongan kertas koran dan satu nota dan satu deepcool z3. Dan saya timbang di timbangan manual beratnya pun tidak ada 500gram!! Ok singkat kata, ini barang tidak ada 1kg sementara saya melakukan transfer ongkir sebesar hitungan 1kg.

Pertanyaannya?? kemanakah sisa dana ongkir saya? Nah ini cukup unik buat saya, saya baru saja cek di halaman akun saya, dan saya menemukan informasi Catatan: + Rp.4.950,-. Mungkin ini adalah sisa dana saya yang menjadi bagian dari sisa ongkir pos indonesia. Feeling saya sih begitu, karena ini adalah kedua kalinya saya mendapati sisa +Rp.xxx seperti ini dengan berbelanja online di situs ini. Dulu pada transaksi awal saya menjadi member saya pernah melihat catatan seperti ini, kurang lebih sisa +Rp.5.000,- saya tanyakan ke pihak cs online YM alnect.net namun mereka tidak dapat menjelaskan informasi apakah itu sisa +Rp.5.000,- di akun saya. Saya akan kontak pihak alnect.net besok tanggal 8 februari untuk mengkonfirmasi catatan unik ini dan akan saya update di bawah postingan ini.

transc_deepcolz3_alnect

Kesan negatif saat mengambil barang order online langsung di toko fisik alnect.net. Saya masih menyimpan ingatan pahit saat saya melakukan order dengan nomor order 3791010810050812 seperti gambar di bawah ini. Saya order di hari H, dan keesokan harinya tepat jam 10.00 WIB saya sudah sampai di toko fisik, perjalanan melelahkan sekitar 2.5 jam dengan motor untuk mengambil orderan online saya. Namun apa yang terjadi? Sampai di toko, paket saya sama sekali belum dipersiapkan!! Saya temui si penjaga kasir, seorang laki-laki (orang cina jika saya boleh menyertakan detailnya) yang berjaga di kasir, saya menanyakan “Saya sudah order online dan sudah saya bayar kemarin, saya kesini mau ambil order ini *saya beritahukan jenis produk dan nomor order trx* namun apa jawab si laki-laki ini?”, dengan nada emosi dan wajah tak menyenangkan dia menjawab “Kami disini juga sedang banyak order, hari ini juga saya sedang sibuk antar pesanan ke tegal, gak cuma anda saja yang order!”.

WHAT THE FU*K IS THE ANSWER!? Saya ini sebagai pelanggan datang sendiri sudah jauh-jauh, kepanasan, kecapekan di jalan, bahkan belum makan pagi cuma demi buru-buru ambil orderan yang sudah saya bayar lunas!! Saya ini pelanggan yang tidak perlu dan tidak butuh tahu apakah anda juga ada orderan lain mau ke tegal kek ato sampe dikirim ke papua kek itu bukan urusan saya!! Yang saya tanyakan dimana order saya!? Kira-kira itulah gejolak amarah dalam hati saya, walo sebenarnya mulut saya dan bogem mentah sudah ingin melayang di wajahnya! Ini sudah mencerminkan tindakan tidak menghargai konsumen, pelayanan customer direndahkan dihadapan staff toko lain dan tidak menghargai harga diri saya sebagai pelanggan yang jauh lebih rajin datang lebih awal demi ambil orderan saya. Saya sebenarnya emosi waktu itu karena kecapekan sudah jauh-jauh di perjalanan namun sampai di toko bahkan orderan saya belum disiapkan bukannya memberi minta maaf ke saya malah mengacuhkan dan merendahkan orderan saya!

transc_paket_hotspot_alnect

Jujur saya sering mendapatkan pelayanan tidak baik, baik secara online ataupun datang langsung ke toko fisiknya. Nah sekarang saya sudah memiliki toko online lain yang ramah dan sangat customer oriented dan kalau dihitung hitung total belanjaan saya di toko online ini jauh lebih besar dibandingkan transaksi sukses saya selama ini di alnect, sudah diskon 10%, vocer 25rb plus free ongkir se-indonesia pula tanpa syarat!

belanja online produk komputer, otomotif sampai keperluan rumah tangga, gratis ongkir se-indonesia, diskon 10%, vocer 25rb cuma disini

Jadi saran saya untuk alnect… Jangan menyepelekan customer, jangan membohongi berat barang online kepada customer, jika anda tidak menggunakan karakter +/- pada berat barang maka itu akan menjadi makna berat mutlak barang yang diorder online. Jadi itu sudah merupakan penipuan informasi kepada calon pembeli mengenai berat barang. Hargailah customer online yang sampai datang mengambil orderan online langsung ke toko fisik anda, anda belum mengalami namanya perjalanan jauh untuk sampai ke toko online anda, apalagi perjalanan melewati beberapa kota sendiri dengan nyetir motor pagi hari sudah berangkat belum sempat sarapan dan kepanasan di jalan!

Dan satu lagi, toko online ini menyertakan informasi catatan unik +Rp.xxx sekian pada beberapa sisa saldo transaksi orderan member, namun tidak dijelaskan apakah jumlah rupiah pada catatan unik tersebut merupakan hak pelanggan yang dapat ditukar dalam bentuk uang langsung ke rekening bank pelanggan ataukah dalah bentuk store credit. Hingga detik ini pukul 22.09 WIB saya melakukan browsing website alnect.net tidak ditemukan penjelasan mengenai catatan unik tersebut. So, bagaimanakah hak konsumen diberlakukan di situs online alnect.net ini? Saya belum tau jawabannya, tunggu tanggal 8 februari 2014 untuk saya tanyakan ke mereka dan akan saya update di bawah postingan ini.

Semoga postingan sederhana apa adanya jujur dan terbuka ini menjadi salah satu pertimbangan anda berbelanja online ataupun berbelanja dengan datang langsung di toko alnect.net

8 thoughts on “Ulasan / Review Berbelanja Online di Alnect.net

    1. Djogja tdk hanya ada satu toko IT online. Dr pengalaman berbelanja ol saya di toko IT ol djogja yg paling memuaskan belanja di modemku. Bahkan barang sekecil pigtail saja bisa dtukar dng mudahnya dan saya sering bertransaksi dtoko ol ini. Pelayanan ramah,bebas pilih ekspedisi,jujur,customer service ok!

      Selaen itu akhir” ni belanjanya di toko IT SAMATEK d area jalan godean.thx.

      Suka

      1. wah bisa ane coba nih belanja di modemku hehehe.. kadang capek marahmarah sama costumer service toko ol kalau ada trouble macem macem, tetap aja ga berubah kondisinya .

        kalau belanja racun motor pernah di toko ol om ? disini mau cari oli macem macem keseringan gak ada. haha

        Suka

        1. Yup bener gan modemku dot com, tp webnya dah baru sekitar 2-3bln lalu dganti jd data saya sbg member pun gk migrasi k web baru krn beda sistemnya. Kbetulan saya pernah ke toko fisiknya juga mrk ramah, urusan ganti pigtail aja dlayani dng baik.

          Hehe kebetulan saya juga jualan alat IT gan ambilnya dr jogja jd klo butuh bisa neh qta bisnis bareng gan 🙂

          Suka

      2. Saya di Batu Ampar om dekat terminal ehehe . . .
        Peluang sih… tapi ya itu, Kuliah aja baru mau masuk tahun ini hahaha

        Suka

        1. Mang dsitu balikpapan blm ada toko yg spesialisasi jualan oli mobil n motor? Kpn” dah saya k blkppn lg survey dah sapa tau jd lahan usaha dsitu.

          Coba gan cari sales/distributor diajak kerjasama, sistem konsinyasi ato apalah gtu jd usaha modal dr nol gan.

          Suka

Tinggalkan Balasan

